Cetak poster memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai media promosi. Satu hal yang pasti, selalu ada informasi yang dimuat di dalam sebuah poster, dan inilah letak seninya: bagaimana menyatukan konten dan desain poster agar bisa bersatu dan tetap menarik pandangan mata pembacanya.

Desain poster mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang. Meskipun sudah lama menggeluti bidang ini, seorang desainer grafis yang sehari-harinya berurusan dengan poster mungkin juga jenuh menghadapi hal yang sama. Akan tetapi bagi seorang desainer grafis baru, mencari ide adalah hal yang menggiurkan.

Sensitif terhadap keadaan lingkungan adalah salah satu kunci untuk menciptakan sebuah desain poster yang menarik. Meskipun terlihat abstrak, ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan untuk membuat desain poster yang eyecatching.

Baca juga: 13 Contoh Desain Poster Terkeren Sekaligus Terinspiratif

1. Buatlah sebuah poster yang mudah dibaca meski dari jarak yang relatif jauh.

cetak poster

Sesuatu yang unik adalah hal yang menarik perhatian. Kata ‘unik’ sendiri masih relatif umum, maka mari kita buat sederhana dengan dua inti yang relatif mengundang perhatian pembaca: judul dan isi. Judul adalah teks yang berukuran paling besar yang diharapkan menjadi faktor utama yang menarik perhatian orang.

Baca juga : Ukuran Poster yang Harus Diketahui Sebelum Mencetak

2. Untuk mengundang perhatian, kamu bisa gunakan warna yang kontras.

cetak poster

Melakukan penabrakkan warna akan menciptakan suatu karya yang tidak biasa dan memaksa orang, melalui otak mereka, untuk melihatnya. Beranilah bermain warna-warna berani dan tipe tulisan yang unik namun tetap mudah dibaca.

3. Selanjutnya, perhatikan pembacamu.

cetak desain poster murah

Siapa target pembacamu? Karakteristik pembaca yang dituju akan memengaruhi desain poster itu sendiri, mulai dari penyusunan kata, pemilihan warna, sampai pada penggunaan konten yang berpengaruh.

4. Kesuksesan diterimanya informasi dalam sebuah poster.

cetak poster

Bukan hanya dilihat dari desain posternya yang menarik, tetapi juga ketika poster itu bisa ada di mana saja. Sekarang ini, orang lebih aktif menggunakan media sosial daripada berinteraksi di dunia nyata, tempat sebuah poster hadir. Maka dari itu, susupi kehidupan dunia nyata dengan membuat versi mini dan ringkas dari poster tersebut untuk diunggah dan dipromosikan secara gratis dan tepat sasaran.

Tersedia daftar harga: Cetak Poster di uprint.id, tersedia ukuran A3,A2,A1,A0,B1,B2.

5. Desain poster tak melulu soal gambar.

tips_membuat_poster_01

Tidak ada salahnya kamu mencoba sekadar fokus pada tipografinya saja. Tanpa harus mencantumkan terlalu banyak gambar konten yang berlebihan (dan mungkin akan membuat kamu pusing untuk mendesain satu per satu), main saja dengan jenis huruf. Ini akan memudahkan kamu membuat desain poster yang sederhana, tapi juga tetap mampu menyampaikan pesan dengan efektif.

6. Desain poster juga harus membuat pembacanya tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut.

cetak poster

Satu hal yang tidak boleh dilupakan sama sekali adalah informasi kontak. Apa yang ingin disampaikan dari poster tersebut dan di mana pembaca bisa mengorek informasi lebih jauh?

Baca juga : 5 Cara Membuat Iklan Poster Luar Ruangan Mengalihkan Mata Seluruh Dunia

7. Pemilihan kertas

cetak poster

Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak poster juga akan memengaruhi tingkat perhatian pembaca. Poster bukan sekadar kertas bergambar dan memuat tulisan ala kadarnya. Poster yang berkualitas akan lebih menarik perhatian dan disukai pembaca.

uprint percetakan online indonesia