Menjalankan bisnis di bidang kuliner memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar, terlebih jika restoran atau kafe milik Anda dibangun dengan ciri khas yang berbeda dari kebanyakan tempat makan yang sudah ada. Keunikan ini tentunya akan membuat usaha kuliner Anda menonjol di antara persaingan usaha kuliner yang saat ini kian ketat.

Pemasaran usaha kuliner Anda tidak hanya dilakukan melalui desain bangunan, interior, maupun pilihan makanan dan minuman yang disediakan, tapi juga dengan menu itu sendiri. Kesan pertama dari para pengunjung restoran Anda dimulai dari saat mereka melihat tampilan daftar menu, tak peduli apakah yang dijual adalah makanan high-end atau fast food sekali pun. Daripada melihat menu Anda sebagai daftar harga, perlakukan media ini seperti bagian pemasaran lainnya.

1. Sesuaikan desain menu dengan sajian

usaha_kuliner

Desain Menu harus mencerminkan jenis makanan yang akan disajikan dari bisnis kuliner yang Anda jalankan. Misalnya, jika Anda menjalankan restoran bergaya Amerika, desain menu harus sesuai dengan gaya tersebut. Sebuah restoran fine dining dengan harga lebih tinggi mungkin akan menggunakan desain yang lebih klasik, sementara restoran kontemporer yang menawarkan sajian kekinian atau unik mungkin akan tampil lebih modern di menunya.

2. Pastikan menu mudah dibaca

usaha_kuliner

Perlu diketahui bahwa secara umum orang membaca menu layaknya membaca buku, yaitu dari kiri ke kanan, atas ke bawah. Tapi memang ada sebagian pelaku bisnis kuliner yang menyarankan untuk menuliskan sajian yang akan menguntungkan lebih besar untuk dituliskan di bagian kanan atas menu. Namun, tentu saja hal ini belum terbukti efektivitasnya.

Untuk memudahkan customer dalam membaca menu, buatlah daftar item makanan secara berurutan mulai dari hidangan pembuka, aneka sup, hingga ke hidangan inti. Daftar pilihan makanan penutup dan pilihan minuman bisa Anda tuliskan di halaman yang berbeda. Jangan membuat orang lapar berpikir lebih keras, ya.

Baca Juga : Desain Menu Restoran Yang Menarik !

3. Lengkapi dengan foto produk

usaha_kuliner

Beberapa pengunjung restoran biasanya lebih tertarik memesan menu yang dilengkapi dengan foto produk. Oleh karena itu, pastikan jika foto-foto yang ditampilkan memiliki kualitas yang bagus agar tidak mengurangi keindahan menu itu sendiri. Tak perlu mencetak foto semua hidangan yang ada di restoran Anda, cukup pilih beberapa sajian yang sekiranya banyak diminati dan menggugah selera makan.

4. Instagramable

usaha_kuliner

Siapa sangka kalau hanya dengan desain menu yang Instagramable, restoran Anda banyak mendapat kunjungan? Selain tertarik untuk berfoto dengan furnitur yang ada di dalam restoran, menu bisa menjadi sebuah properti foto yang unik, lho! Anda dapat mencetak menu dengan desain yang eyecatching dan kekinian sehingga membangun tren tersendiri yang belum dimiliki oleh pebisnis kuliner lainnya.

Pemasaran melalui menu di restoran Anda dapat dilakukan dengan mudah, murah, dan efektif dibandingkan jika harus membayar promosi di media cetak. Dengan menciptakan menu yang berbeda, maka customer akan dengan senang hati melakukan kunjungan berikutnya kelak. Bagaimana dengan menu yang Anda miliki? Sudah siap memulai usaha kuliner Anda ?