uprint percetakan online indonesia

Cetak Canvas Print – Berwisata ke kampung adat selalu memiliki kesan tersendiri, terutama bagi Anda yang belum pernah menjelajah tempat rahasia yang eksotis. Jika Anda ingin melakukan wisata kampung adat, yuk simak ulasan berikut ini mengenai kampung adat di Flores Nusa Tenggara Timur.

1. Kampung Adat Wologai

wisata-kampung-adat-wologai

Kampung adat Wologai ini terdapat di kecamatan Detusuko Ende, Flores NTT.  Namun sayangnya kampung adat yang satu ini tidak banyak dikenal oleh turis, sehingga keasliannya sangat terjaga. Padahal jika dilihat kampung adat Wologai ini sama dengan kampung adat lainnya seperti Bena dan Waerebo yang memiliki banyak tradisi menarik. Wisata kampung adat Wologai ini ini cenderung lebih menarik, sebab kampung yang sudah berdiri sejak lebih dari 800 tahun lamanya. Tidak kalah menarik adalah lokasi kampung adat Wologai ini yang terletak di tengah lembah dan dikelilingi dengan bukit-bukit hijau. Jika Anda ingin melakukan wisata kampung adat ke Wologai harus menempuh perjalanan sekitar 37 Km lebih dari kota Ende.

Baca juga : Tanda-tanda Ini Akan Dirasakan Jika Sudah Terlalu Stress Dengan Pekerjaan

2. Kampung Adat Bena

wisata-kampung-adat-bena

Kampung adat yang satu ini merupakan kampung yang terkenal di Flores NTT. Sebab, kampung adat Bena sudah sering dikunjungi para turis baik lokal maupun mancanegara. Kampung adat  ini berada di tengah Flores tepatnya di kabupaten Ngada. Ini merupakan perkampungan megalitikum yang terletak di puncak bukit dengan pemandangan berlatar gunung Inerie. Kampung ini memiliki 40 rumah dengan posisi yang berhadap-hadapan.

3. Kampung Adat Wolojita

wisata-kampung-adat-wolojita

Ende merupakan daerah yang memiliki banyak kisah klasik menarik dan patut untuk dipahami. Seperti kampung adat Wolojati ini, yang memiliki tradisi unik. Bagi tetua adat yang sudah meninggal, jasadnya dibuatkan seperti mumi dan jenazah masyarakat lainnya di simpan di atas pohon. Keunikan serupa juga terdapat di Terunyan dan Toraja. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk melakukan wisata kampung adat.

4. Kampung Adat Gurusina

wisata-kampung-adat-gurusina

Sebuah kampung yang berlokasi di kecamatan Jerebuu yang berjarak sekitar 16 kilometer dari Aimer dan 21 kilometer dari Bajawa ini memiliki keunikan sendiri. Jika Anda berkunjung ke sini, maka akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Selain pemandangan alam, Anda akan disuguhi dengan pemandangan rumah yang memiliki bangunan unik. Seperti di rumah utama terdapat hiasan di atas atapnya sebagai simbol. Sedangkan rumah lainnya terdapat tanduk kerbau sebagai pertanda yang membedakan antara rumah tetua adat dengan rumah warga. Di kampung adat ini terdapat sekitar 33 rumah dan masyarakatnya memiliki alat musik khas Gurusina yaitu Begho. Alat musik yang menyerupai gitar dan memiliki enam senar.

Baca juga : Weekend Telah Tiba, Sambut Kebahagiaan dengan Traveling ke Tempat Seru Ini

5. Kampung Adat Ruteng Pu’u

wisata-kampung-adat-ruteng

Kampung adat yang ini terdapat di Ruteng Flores Barat. Letaknya di kelurahan Golo Dukal, Langke Rembong – Manggarai. Jika Anda ingin melakukan wisata kampung adat ke Ruteng Pu’u, dapat menempuh jarak hanya 10 menit karena hanya berjarak 4 kilometer dari Ruteng. Dengan Anda mengunjungi kampung adat ini, maka akan melihat rumah adat Mbaru Niang. Bahkan Anda dapat melihat upacara tradisional yang digelar sebagai wujud syukur kepada yang memberikan kehidupan.

Itulah beberapa kampung yang ada di Flores dengan keindahan alam dan keunikannya tersendiri. Bahkan melakukan wisata kampung adat akan sangat terasa berbeda ketika mengunjungi beberapa lokasi kampung adat tersebut.

uprint percetakan online indonesia