Macam-macam Jenis Pangkat TNI yang Harus Diketahui

Pangkat TNI – Membahas mengenai pangkat TNI, selalu menjadi bahan perbincangan masyarakat. Biasanya yang dibahas berupa, jenis-jenis pangkat hingga penghasilan yang didapat. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah jenis pangkat TNI dari masing-masing anggota. 

Dalam satu negara yang berdaulat dibutuhkan pasukan atau angkatan perang negara. Di Indonesia angkatan perang tersebut bernama Tentara Republik Indonesia. Salah satu angkatan perang dengan anggota terbanyak adalah angkatan darat.

Tentara Nasional Indonesia diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 3 Juni 1947, dalam perjalanannya nama TNI sempat berubah menjadi ABRI yang merupakan gabungan dari kepolisian dan TNI. Namun, selepas reformasi nama tersebut dikembalikan lagi menjadi TNI.

  • Pangkat TNI AD (Angkatan Darat)

pangkat-tni-04-pangkat-tni-ad

TNI AD dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Terdapat dua komando utama untuk pertempuran di Angkatan Darat yaitu Kopassus dan Kostrad.

Selain itu para prajurit dididik untuk menjadi tentara dengan dedikasi tinggi di Akademi Militer (Akmil), Secapa, Seskoad, dan Kodiklat. Banyak calon bintara dan perwira belajar di sana. Berikut ini adalah jenis-jenis pangkat yang disandang oleh Angkatann Darat.

pangkat-tni-01-ad

Pangkat Tertinggi di TNI adalah Jenderal Besar. Pangkat ini dalam sejarah Indonesia baru dimiliki oleh 3 orang yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal Besar AH. Nasution dan Jenderal Besar Soeharto. Tanda kepangkatan jabatan ini adalah bintang 5.

  • Pangkat TNI AL (Angkatan Laut)

pangkat-tni-05-pangkat-tni

TNI AL dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL). Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. Armada pertama disebut Armada Barat yang berada di Tanjung Priok Jakarta. Sedangkan Armada kedua terletak di Tanjung Perak Surabaya, yaitu Armada Timur. Selain kedua armada tersebut, ada pula korps marinir yang profesional dalam tugas mengamankan wilayah laut Republik Indonesia. AL berada dalam satu komando lintas laut militer atau Kolinlamil. Berikut ini urutan kepangkatan atau tingkatan pangkat TNI AL.

pangkat-tni-02-al

  • Pangkat TNI AU (Angkatan Udara)

pangkat-tni-06-pangkat-tni

Sedangkan TNI AU dipimpin oleh kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Angkatan Udara juga membagi kekuatan utamanya dalam dua komando operasi. Komando operasi pertama berada di Halim Perdanakusuma Jakarta (Koops AU I) dan komando operasi kedua (Koops AU II) terletak di Makassar.

Berikut ini adalah urutan kepangakatan TNI AU atau Angkatan Udara.

pangkat-tni-03

Itulah beberapa jenis pangkat TNI yang harus diketahui. Semoga Anda menjadi lebih mengetahui mengenai pangkat dari masing-masing anggota TNI. Sehingga pertanyaan selama ini sudah terjawab. Semakin lama mengabdi kepada negara, maka semakin cepat meraih pangkat yang diinginkan. Terutama, harus berusaha sebaik mungkin demi nilai terbaik dalam menjalankan tugas.

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Bingkisan: Menghadirkan Kebaikan dalam Setiap Bungkus

Bingkisan adalah simbol kebaikan, cinta, dan perhatian yang telah...

Ganti Background Foto: Merubah Citra dengan Sentuhan Ajaib

Ganti background foto menjadi salah satu pengalaman visual kita...

Custom Paper Bag: Solusi Ramah Lingkungan yang Kreatif dan Berdaya Saing

Custom paper bag telah menjadi salah satu solusi yang...

Ide Hamper Lebaran yang Menginspirasi: Temukan Solusinya di Uprint

Ide hamper lebaran yang di wujudkan pada momen yang...