Liburan dan oleh-oleh sepertinya adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Setelah bersenang-senang saat liburan, pastinya kurang pas kalau tak bawa apa-apa saat pulang. Bahkan membeli oleh-oleh liburan kini sudah seperti kewajiban, bisa jadi ada yang marah hingga berpikir Anda pelit karena tak menyiapkan waktu dan uang lebih membeli oleh-oleh liburan.

Nah, jika Anda ingin membeli oleh-oleh liburan yang berkesan untuk diberikan ke orang tersayang, tak perlu yang mahal kok. Berikut lima oleh-oleh yang bisa Anda beli!

1. Gantungan kunci

oleh_oleh_liburan_02

Gantungan kunci selalu menjadi pilihan oleh-oleh yang bisa dibilang tak pernah lekang oleh waktu. Selain harganya yang murah, gantungan kunci juga cukup bermanfaat, khususnya untuk anak sekolah hingga mahasiswa. Kalau Anda tak punya budget besar, Anda hanya perlu membeli gantungan kunci dengan jumlah yang cukup. Terkadang yang dilihat bukan oleh-olehnya, tapi niat baik Anda menyempatkan diri membeli oleh-oleh dan dibagikan ke orang tersayang.

2. Tempelan kulkas

oleh_oleh_liburan_02

Anda ingin membeli oleh-oleh untuk orangtua di rumah? Belikan saja magnet tempelan kulkas. Biasanya orang tua tidak mengharapkan oleh-oleh yang mahal ataupun mewah. Cukup sesuatu yang sederhana dan berguna, dan magnet tempelan kulkas adalah salah satunya. Setiap kali orang tua Anda membuka kulkas, oleh-oleh Anda akan tertempel di sana dan pastinya membuat orangt ua bahagia. Diberikan ke teman-teman juga boleh, apa lagi kalau yang suka koleksi tempelan kulkas.

3. Dompet kecil

oleh_oleh_liburan_03

Oleh-oleh ini cocok untuk Anda berikan kepada orang tersayang yang perempuan. Dompet kecil bisa digunakan untuk menyimpan uang receh hingga alat-alat makeup kesayangannya. Desain dompet kecil pun beragam, pilihlah yang kira-kira akan disukai oleh orang yang akan Anda berikan oleh-oleh tersebut. Paling tidak sesuaikan dengan warna kesukaannya, supaya dia tahu bahwa Anda memilih oleh-oleh dengan sungguh-sungguh.

4. Kartu Pos

oleh_oleh_liburan_04

Ini merupakan oleh-oleh yang biasanya menjadi favorit para traveller. Misalnya ada teman atau anggota keluarga yang suka traveling, kartu pos dapat menjadi oleh-oleh yang berkesan, terlebih jika ia belum pernah mengunjungi kota atau negara tempat Anda membeli dan mengirim kartu pos tersebut. Di balik kartu pos, Anda bisa menuliskan pesan singkat untuk penerima. Lalu, luangkan waktu sebentar di tengah liburan untuk mengirimkannya. Sang penerima pasti akan merasa tersanjung dengan oleh-oleh kartu pos ini.

5. Makanan ringan

oleh_oleh_liburan_05

Pasti ada saja orang dalam anggota keluarga atau teman Anda yang lebih suka diberi oleh-oleh makanan dibanding barang. Nah, kalau begitu Anda bisa membeli makanan ringan untuk dibawa pulang. Pastinya harus makanan ringan khas lokal. Namanya saja makanan ringan, Anda tak perlu membeli makanan yang berat. Makanan ringan seperti permen, cokelat, hingga kacang-kacangan bisa jadi pilihan. Beli saja yang murah dan dibeli mudah.

Membeli oleh-oleh liburan bukan tentang murah atau mahalnya harga, tetapi yang lebih penting adalah niat dan ketulusan Anda. Karena murah dan mudah didapat, pastinya Anda ikhlas membelinya, kan? Semoga bermanfaat!