Produktivitas kerja Anda dapat dilihat dari komitmen hasil pekerjaan. Jika dapat menyelesaikan secara tepat waktu dan sesuai target, berarti produktivitas kerja Anda sangatlah baik, tapi jika merasa waktu yang digunakan kerap terbuang sia-sia dan pekerjaan tidak kunjung selesai berarti ada salah dalam pengaturan waktu dan proses pengerjaan. Coba perhatikan 6 hal yang mungkin membuat kerja Anda tidak produktif.

1. Bangun Terlalu Siang, bisa-bisa Anda Melewatkan Beberapa Hal

produktifitas_01

Bangun terlalu siang ternyata sudah cukup untuk menghabiskan waktu Anda yang sebelumnya. Saat bangun siang, kegiatan yang dapat dikerjakaan di pagi hari menjadi tertunda dan menambah pekerjaan Anda di waktu berikutnya. Jika merasa sulit sekali untuk bangun pagi, itu karena Anda terbiasa bangun siang hari. Cobalah untuk berusaha bangun pagi walau mata tidak dapat diajak bekerjasama. Setelah rutin melakukan bangun pagi, Anda akan merasakan sesuatu yang berbeda, menjadi lebih segar dan berdampak positif pada tubuh serta kesehatan.

2. Hindari Melakukan Pekerjaan Dalam Satu Waktu

produktivitas_03

Bagi sebagian orang yang terbiasa bekerja dalam satu waktu adalah hal yang simpel karena cepat selesai, tapi bagi orang yang sulit berkonsentrasi lebih baik dihindari agar produktivitas kerja stabil. Solusi bagi orang yang sulit berkonsentrasi dan ingin menyelesaikan pekerjaan hari itu juga. Sebaiknya Anda mengerjakan satu persatu hingga selesai. Jangan terpaku pada satu kerjaan. Jika dirasa pekerjaan yang pertama sulit, cobalah mengerjakan pekerjaan yang berikutnya agar terkonsep dengan baik dan pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

Baca : Menciptakan Lingkungan Kerja yang Dapat Mengoptimalkan Kreativitas

3. Terlalu Fokus Pada Satu Pekerjaan Saja Juga Tidak Baik

produktivitas_04

Terkadang kita selalu terpaku pada satu hal sampai tidak sadar waktu sudah habis dan Anda belum mendapatkan suatu apapun. Sebaiknya hal seperti itu dihindari agar yang Anda kerjakan bermanfaat dan waktu menjadi bernilai.

4. Terlalu Lama Bermain Gadget

produktivitas_05

Kegiatan yang satu ini sudah pasti dialami oleh semua orang, dan ternyata dapat menghabiskan waktu sekaligus menjadikan produktivitas pekerjaan Anda menurun. Terlalu lama penggunaan gadget, dapat menghilangkan fokus Anda pada pekerjaan, lebih baik Anda fokus sejenak ke pekerjaan setelah waktu istirahat tiba atau saat senggang mulailah membuka gadget tapi dengan intensitas waktu yang sebentar jangan terlalu lama agar fokus Anda ke pekerjaan tidak hilang dan meningkatkan kembali produktivitas kerja Anda.

5. Tidak Memiliki Planning Kegiatan

produktivitas_06

Membuat rencana dalam melakukan kegiatan merupakan hal terpenting, agar semua dapat berjalan sesuai dengan waktu. Mulailah membuat perencanan satu jam sebelum jam kerja dimulai. Anda menentukan kapan harus memulai dan kapan harus selesaikan pekerjaan dalam satu hari ini. Pastikan mengerjakannya dengan benar jangan sampai Anda mengacaukan hasil kerja sendiri karena terburu-buru dan menyebabkan produktivitas kerja Anda menurun.

6. Lupa Waktu untuk Setiap Kegiatan

produktivitas_07

Keasyikan ngobrol juga dapat berdampak buruk pada kinerja produktivitas kerja Anda dalam pekerjaan. Semakin lama Anda mengobrol maka semakin banyak waktu terbuang sia-sia yang menjadikan pekerjaan tidak terselesaikan dengan tepat waktu.

Itulah 6 hal yang akan membuat pekerjaan Anda tidak produktif. Cara mengatasinya sangatlah mudah, Anda cukup menggunakan waktu bersantai dengan intensitas rendah atau sebentar agar fokus Anda terhadap pekerjaan tidak hilang. Berusahalah untuk fokus terhadap pekerjaan Anda hari itu.