Kalau membicarakan masalah uang memang tidak ada habisnya. Kebutuhan dan harga bahan pokok yang semakin meningkat membuat sebagian besar orang merasa hidup dengan satu pekerjaan saja tidak cukup. Ada yang rela menggunakan waktu sehabis jam kerja utama di kantor untuk melakukan kerja sampingan. Di sisi lain ada pula yang memang lebih menyukai pekerjaan dengan waktu fleksibel sehingga mereka bisa mengerjakan aktivitas lain di luar pekerjaan.

Baca juga: Tak Harus Melulu Jualan, 4 Pekerjaan Online Ini Bisa Membuat Anda Mendulang Rupiah

1. Blogger

pekerjaan dengan waktu fleksibel blogger

Salah satu jenis pekerjaan dengan waktu fleksibel ini sedang melejit beberapa tahun belakangan. Terbukti semakin banyaknya kata blogger disematkan dalam biografi akun instagram dan sosial media lainnya. Semakin melejitnya jenis pekerjaan ini juga dikarenakan semakin banyaknya perusahaan dan instansi pemerintah yang banyak mengadakan acara dengan melibatkan blogger. Jika Anda tertarik menjadi blogger, Anda hanya perlu menyiapkan blog dengan platform yang Anda sukai. Update postingan dan rutin dan berkumpul dalam satu komunitas. Meski bisa dilakukan sesuka hati, bukan berarti menjadi blogger bisa semaunya sendiri. Anda harus punya jadwal yang Anda tepati sendiri kapan waktu untuk menulis dan update postingan. Semakin rajin Anda update postingan, semakin banyak orang akan mengenal Anda.

2. Penerjemah

pekerjaan dengan waktu fleksibel penerjemah

Jika Anda punya kemampuan bahasa yang baik, menjadi penerjemah juga salah satu pekerjaan yang bisa ditekuni dengan jam kerja yang fleksibel. Anda bisa menjadikannya pekerjaan sampingan selagi kuliah atau dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama. Jika Anda sudah mulai banyak klien, Anda bisa jadi menjadikannya pekerjaan utama.

Baca juga: Jenis Usaha Sampingan yang Dapat Dilakukan Walaupun Seorang Karyawan

3. Guru Privat

pekerjaan dengan waktu fleksibel guru privat

Jika Anda suka mengajar dan tidak suka terikat dengan waktu, menjadi guru privat adalah terobosan paling jitu. Untuk mengawalinya tentu Anda harus membuat flyer atau brosur perkenalan agar orang-orang tahu Anda menerima jasa sebagai guru privat.  Untuk mencetak flyer yang berkualitas, jangan lupa hubungi Uprint.id. Jika ditekuni profesi ini bisa cukup menjanjikan lo, bahkan jika manajemen waktu Anda bagus, tidak menutup kemungkinan Anda bisa membangun bimbingan belajar sendiri.

4. Instruktur Senam

pekerjaan dengan waktu fleksibel instruktur senam

Apakah Anda suka senam dan memiliki sertifikat sebagai pelatih senam? Tekuni saja hobi tersebut dengan menjadi instruktur senam. Bisa dapat pendapatan sekaligus badan yang sehat, benar-benar double bonus kan?

Baca juga: 5 Ide Bisnis yang Dapat Dilakukan di Rumah, Salah Satunya Sangat Mulia

5. Fotografer

pekerjaan dengan waktu fleksibel fotografer

Punya hobi fotografi? Anda bisa mengembangkan sebagai profesi dengan penghasilan yang potensial. Bekerja sama dengan wedding organizer bisa menjadi trik untuk mempercepat branding Anda naik sebagai seorang fotografer.

6. Ojek Online

pekerjaan dengan waktu fleksibel ojek online

Pekerjaan ini sedang naik daun juga. Bahkan sekarang hampir semua orang yang punya motor atau mobil pasti mendaftarkan diri sebagai ojek online. Sebagai sampingan, bisa dilakukan sembari Anda bertolak menuju ke tempat kerja atau pulang ke rumah. Namun banyak pula yang kini menjadikannya sebagai profesi utama karena hasilnya cukup menjanjikan.

Baca juga: 3 Tips untuk Anda yang Baru Terjun ke Dunia Freelancer

7. Freelancer

pekerjaan dengan waktu fleksibel freelancer

Pekerjaan dengan waktu fleksibel sering juga mengacu pada jenis pekerjaan freelancer alias tenaga lepas. Freelancer tidak terikat kontrak kerja. Anda bisa mengambil pekerjaan jika butuh, benar-benar bisa disesuaikan dengan kemampuan diri dan waktu Anda. Beberapa jenis freelancer antara lain freelancer di bidang desain grafis atau penulisan konten. Tinggal cocokkan saja dengan potensi diri Anda.

Biasanya pekerjaan dengan waktu fleksibel mengacu pada jenis pekerjaan yang dilandasi dari hobi yang disukai. Jadi meskipun tidak dijadikan pekerjaan utama, 7 jenis pekerjaan ini dilakukan dengan senang hati karena sebagian pesar pelakunya awalnya memang telah menyukainya sebagai hobi. Bahkan tak jarang berawal dari pekerjaan sampingan perlahan-lahan bisa meningkat menjadi pekerjaan utama. Wah, pastinya seru ya jika memiliki pekerjaan dengan jam kerja yang waktunya bisa diatur sendiri sesuka hati.