Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Mendatangkan banyak pengunjung ke sebuah event adalah sebuah pekerjaan yang menantang. Terkadang sebuah event yang bermanfaat akan dilewatkan hanya karena promosinya kurang menarik hati publik. Ada banyak cara memasarkan sebuah event, salah satunya lewat flyer. Sayangnya banyak orang justru membuang flyer tersebut setelah melihatnya sekilas, bahkan bisa jadi flyer itu langsung masuk ke tong sampah sebelum dibaca. Jika Anda saat ini sedang menyiapkan sebuah event dan menginginkan gaungnya meluas ke mana-mana, 7 tips berikut ini layak Anda coba ketika akan cetak flyer untuk event tersebut.

1. Tonjolkan Daya Tarik Utama Event Anda

daya tarik cetak flyer

 

 

 

 

 

 

 

 

Temukan daya tarik utama event yang akan Anda gelar. Apa yang membuat ini menarik dan layak dihadiri? Mengapa orang-orang perlu hadir ke acara tersebut? Manfaat apa yang bisa didapat dari event tersebut? Fasilitas apa saja yang didapat pengunjung event? Siapa pengisi acaranya?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan memandu Anda untuk menemukan daya tarik event yang akan digelar. Lalu tuangkan semua daya tarik tersebut ke dalam flyer yang akan dibuat.

2. Ketahui Urutan Informasi
Jangan meremehkan tentang urutan informasi! Biasanya orang akan membaca sebuah flyer secara cepat, pastikan informasi yang ingin diketahui calon pengunjung disajikan secara runtut. Informasi yang runtut akan langsung ditangkap dengan mudah oleh pembaca hanya dengan sekali baca.

Berikut ini informasi yang harus tertera di flyer sebuah event;

  • nama acara
  • daya tarik utama
  • tempat, waktu dan lokasi acara

Jangan lewatkan: Ingin Usaha Anda Lebih Menarik Konsumen? Ikuti Langkah Berikut Ini!

3. Tentukan Ukuran yang Pas
Pilih gambar dan tipografi huruf dengan ukuran yang pas. Pilih pula warna yang menarik untuk desain flyer Anda. Berikan kombinasi warna yang pas; tidak berlebihan, namun juga tidak terlalu kosong.cetak flyer bagus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cetak flyer sesuai kebutuhan. Ukuran flyer yang akan ditempel di papan bulletin tentu saja harus dicetak dalam ukuran yang lebih besar dibandingkan flyer yang dibagikan perorangan. Sebaiknya cetak flyer dengan ukuran yang beda dan lebih besar dari flyer yang telah ada. Ukuran flyer yang lebih besar bisa membuat orang tertarik dan menengok ke arahnya. Itu artinya kesempatan untuk menarik pengunjung terbuka lebih lebar.

4. Mudah Dibaca dari Jarak Jauh
Berkaitan dengan tips nomor tiga tentang memilih ukuran yang tepat. Dengan memilih ukuran font, warna dan gambar yang tepat, Anda bisa membuat flyer yang nyaman di mata pembaca. Buat orang-orang yang berlalu lalang tetap bisa membaca flyer event Anda yang ditempelkan di papan bulletin meski berjarak cukup jauh.

5. Jangan Menjejali Banyak Informasi

membaca cetak flyer

 

 

 

 

 

 

 

 

Di tips nomor dua telah dijabarkan informasi apa saja yang paling penting ada dalam sebuah flyer. Sederhanakan informasi tersebut dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Jangan gunakan kalimat-kalimat panjang, karena pembaca tidak akan menangkap pesannya dengan cepat. Jika ada informasi tambahan yang harus ditampilkan di flyer, tulis dalam tipografi yang lebih kecil dibandingkan informasi utama.

Baca juga: 8 Tips Penting Mendesain Flyer Agar Dapat Menarik Perhatian Orang Banyak

6. Cari Inspirasi
Jika Anda masih kesulitan menerjemahkan ide flyer ke dalam bentuk desain yang menarik, cari inspirasi dari flyer-flyer yang telah ada sebelumnya. Pelajari desain flyer dari event-event yang mampu menghadirkan banyak pengunjung. Temukan apa keistimewaan dari flyer tersebut dan aplikasikan ke dalam desain flyer Anda.

7. Sebar ke Seluruh Penjuru Dunia

sebarkan cetak flyer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secantik apapun flyer yang Anda buat, jika tidak ada yang membacanya tentu saja tidak akan membawa manfaat apa-apa. Maka pastikan setelah flyer Anda siap, sebarkan semua flyer tersebut ke semua tempat yang kira-kira bisa menarik target. Jika event Anda berkaitan dengan musik kekinian, maka tempelkan flyer tersebut ke tempat-tempat nongkrongnya anak muda. Jika event Anda berupa seminar parenting, sebarkan flyer tersebut ke sekolah-sekolah.

Bahkan tidak hanya flyer fisik, Anda pun bisa menyebarkan flyer dalam bentuk digital melalui email, sosial media dan aplikasi pesan seperti whatsapp, telegram atau BBM.

Flyer seharusnya menjadi ujung tombak pemasaran sebuah event. Namun jika dalam proses cetak flyer tidak melalui konsep yang benar, bisa jadi flyer Anda hanya akan berakhir sebagai seonggok sampah dan tidak mendatangkan pengunjung sama sekali. Semoga dengan mempraktekkan 7 tips di atas, Anda bisa menyiapkan flyer yang akan membuat event Anda booming dan sukses. Jika butuh bantuan untuk mencetak flyer kece, Uprint.id menawarkan desain-desain terbaiknya.