Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Hubungan asmara yang sehat dan kuat tidak terjadi begitu saja, dibutuhkan usaha dari kedua belah pihak. Apa saja delapan kebiasaan yang dilakukan oleh pasangan yang memiliki hubungan asmara yang sehat dan kuat?

1. Menjalin komunikasi dengan baik

couples-com

Semua hubungan asmara yang sehat dan kuat memiliki jalinan komunikasi yang baik. Semua hal, bukan hanya yang baik saja, wajib dibicarakan. Banyak pasangan yang tidak tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, beberapa di antaranya bahkan tidak berkomunikasi sama sekali.

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif memang tidak melekat pada diri setiap orang sejak lahir, namun setiap orang dapat mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan baik, tanpa menyinggung perasaan orang lain.

Jika ada yang kamu tidak suka, sebaiknya kamu sampaikan kepada pasanganmu. Jika ada yang kamu inginkan, sampaikan juga kepadanya. Keterbukaan dan komunikasi saling bertautan.

2. Menghabiskan waktu berkualitas

1114

Yang membuat hubungan asmara sehat dan kuat bukanlah seberapa banyak waktu yang dihabiskan bersama, tetapi seberapa berkualitasnya waktu yang dihabiskan bersama. Apa gunanya menghabiskan waktu berduaan terus menerus tetapi tidak ada sesuatu yang penting yang kalian lakukan untuk membawa hubungan ke arah yang lebih baik?

Saat kalian menghabiskan waktu berdua, pastikan bahwa kalian tetap terhubung satu sama lain dan memperdalam koneksi di antara kalian.

3. Saling menghormati dan menghargai

couple-in-warm-clothing-hugging-on-a-sunny-day-in-the-city

Untuk bisa memiliki hubungan asmara yang sehat dan kuat, setiap pasangan juga harus mampu saling menghormati dan menghargai. Menghormati pasangan berarti menghormati karakternya, waktunya, perasaannya, pendapatnya, dan masih banyak lagi. Hubungan asmara tak akan bertahan tanpa adanya rasa hormat.

Begitu pula dengan tindakan saling menghargai. Seringkali manusia menganggap remeh apresiasi, padahal apresiasi itu sangatlah penting dalam sebuah hubungan. Banyak hal yang diterima begitu saja. Atau, kita sebagai manusia lupa untuk membiarkan orang lain tahu kita menghargai mereka. Kita memang memikirkannya, namun kita enggan untuk menunjukkan apresiasi tersebut.

Dalam menjalin hubungan asmara, apresiasi terhadap pasangan memainkan peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan hubungan. Biarkan dia tahu kamu menghargainya, tunjukkan kepadanya betapa spesialnya dia untukmu. Banyak cara romantis yang dapat kamu lakukan sebagai bukti cinta dan apresiasimu untuk dirinya.

4. Tidak mengutamakan kepentingan diri sendiri

couple_on_banner_square

Bukan cinta namanya jika kamu hanya mengutamakan kepentingan diri sendiri. Bukan cinta namanya jika pasanganmu yang harus selalu mengalah untuk menyenangkan dirimu. Hubungan asmara yang berlandaskan keegoisan tidak akan bertahan. Oleh karena itu, jika kamu ingin mempertahankan hubungan asmaramu, kamu sebaiknya belajar untuk tidak selalu mengutamakan kepentingan diri sendiri, apabila itu yang selama ini kamu lakukan.

Baca juga: Cinta Saja Tidak Cukup, 6 Faktor Penting Lainnya Agar Hubungan Bahagia Tak Lekang Oleh Waktu

5. Fokus kepada hal-hal positif

Couple Of Man And Woman Breathing Deep Fresh Air

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan dirimu dan dirinya. Setiap orang pun tak luput dari melakukan kesalahan, ada saatnya pasanganmu membuatmu kecewa. Pada saat yang seperti itu, pada umumnya orang akan mengingat semua yang negatif tentang orang yang membuatnya kecewa. Kamu pun juga mungkin bertindak sama.

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan? Pada saat kamu mulai mengingat keburukan-keburukannya, ingatlah bahwa banyak juga kelebihan yang dimiliki olehnya, jika tidak bagaimana mungkin kamu jatuh cinta padanya? Jadi, daripada fokus pada yang negatif, fokuskan pikiranmu pada sesuatu yang sifatnya positif.

6. Saling mendukung

Dukungan tulus yang diberikan kepada pasangan tentunya akan membuat hubungan asmara menjadi semakin sehat dan kuat. Saling mendukung dibutuhkan dalam keadaan apapun, baik suka maupun duka.

7. Memahami, bukan menyetujui

couple-having-coffee-date

Kebiasaan yang satu ini terdengar mudah, namun pada kenyataannya sulit sekali untuk melakukannya. Yang biasanya orang lakukan adalah menyetujui, bukan memahami. Padahal, jika ingin memiliki hubungan asmara yang sehat dan kuat, yang harus kamu lakukan adalah yang sebaliknya.

Pada saat kalian mendiskusikan sesuatu, cobalah untuk memahami alasan dia berpikir atau berkata seperti itu. Pahami apa yang mungkin dia rasakan saat itu.

8. Meminta maaf dengan sungguh-sungguh

Kartu Ucapan Maaf - Produk Uprint.id
Kartu Ucapan Maaf – Produk Uprint.id

Saat kamu melakukan kesalahan, minta maaf segera. Namun tentu saja, permintaan maaf tersebut harus disertai dengan kesungguhan hati, karena jika hanya di mulut saja, maka permintaan maaf tersebut tidak ada gunanya. Selain meminta maaf, kamu juga harus mengubah perilakumu yang telah menyakitinya. Berusahalah dengan keras untuk menjadi pasangan yang lebih baik demi dirinya, jika memang benar kamu mencintainya dengan segenap hati.

Artikel terkait: Biarkan Dia Tahu Betapa Kamu Mencintainya Dengan Melakukan 6 Hal Ini

cetak-undangan-pernikahan