Memiliki rencana untuk berwisata tetapi seorang diri saja? Tidak perlu cemas. Namun tentu saja ada yang perlu kamu perhatikan jika ingin jalan-jalan sendirian. Berikut delapan tips yang perlu diperhatikan oleh para pelancong solo:

1. Rencanakan perjalanan dengan matang dari jauh-jauh hari

Notes - Produk Uprint.id (Klik gambar untuk membeli)
Notes – Produk Uprint.id (Klik gambar untuk membeli)

Segala sesuatunya harus direncanakan dengan matang jika kamu tidak ingin kelabakan nantinya pada saat di perjalanan atau setelah tiba di tempat tujuan. Pikirkan apa saja yang diperlukan hingga hal-hal terkecil sekalipun yang terkesan kurang penting.

Ingatlah bahwa kamu akan bepergian seorang diri. Jika kamu mengalami kesulitan, akan lebih sulit menemukan orang yang mau membantumu. Tulis rencana perjalananmu dalam sebuah buku atau catatan. Pastikan kamu sudah tahu semua yang dibutuhkan mengenai tempat tujuan, seperti kebudayaan, keamanan, nomor gawat darurat, dan lain-lain.

2. Usahakan tiba di kota tujuan pada siang hari

airport

Bagaimana pun juga, siang hari tetap lebih aman dibandingkan malam hari. Jika ada jadwal tiba pada siang hari, jika memang memungkinkan pilihlah jadwal tersebut.

3. Tetap menjaga kontak dengan keluarga dan teman-teman

gty_texting_kab_150729_12x5_1600

Menjaga kontak dengan keluarga dan beberapa teman penting agar mereka tahu bagaimana keadaanmu dan di mana kamu berada. Pada saat ada wifi, pastikan kamu memberikan kabar kepada mereka.

4. Selalu membawa hal-hal yang penting bersamamu

shutterstock_204205822-1075x605

Kemanapun kamu melangkah, selalu bawa hal-hal yang penting bersamamu, seperti dokumen perjalanan dan uang tunai. Juga, jangan lupa untuk mencatat di mana kamu menginap (dalam bahasa lokal) untuk berjaga-jaga jika diperlukan.

Baca juga: Ingin Berwisata Tapi Anggaran Sedikit? Tak Masalah, Cukup Ikuti 9 Tips Wisata Murah Ini!

5. Mengepak dengan cerdas

01-1

Bepergian solo berarti kamu harus siap mandiri. Mungkin ada orang yang akan bisa membantumu membawakan koper, namun itu berarti kamu harus menyediakan uang lagi untuk membayar mereka. Lebih baik kamu mengepak dengan cerdas. Cukup bawa barang-barang yang penting dan berguna saja. Jangan membawa koper yang terlalu besar. Kenyamanan adalah hal yang penting saat pergi melancong sendiri saja.

6. Belajar untuk mengambil foto-fotomu sendiri

1454371716_1

Karena tidak ada yang membantu untuk mengambilkan foto-fotomu jika kamu berwisata seorang diri, ada baiknya kamu belajar cara mengambil foto-foto diri sendiri agar hasilnya bagus, sebelum tiba di tempat tujuan. Karena tidak mungkin jika setiap kali kamu ingin berfoto, kamu harus selalu meminta bantuan orang lain.

7. Hindari daerah-daerah yang sepi dan agak gelap pada malam hari

12161938813_cfc3d958cf_o

Saat bepergian sendirian, berpeganglah pada prinsip bahwa lebih aman jika terlihat dibanding tidak terlihat. Bahkan pada siang hari, hindari menghindari tempat yang sepi. Pada malam hari, hindari tempat yang remang-remang, yang kurang pencahayaan.

8. Selalu waspada dan berjaga-jaga

takecaretear

Hal terakhir yang juga sangat penting adalah untuk selalu bersikap waspada dan berjaga-jaga. Jangan mudah percaya terhadap orang lain. Selalu perhatikan sekeliling dan sadar dengan apa yang sedang terjadi.

Artikel terkait: 5 Kota Dengan Suasana Natal Paling Ajaib di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi