Kamu suka bepergian dan melihat dunia serta keindahan yang ditawarkannya. Sayangnya anggaran wisatamu tidak terlalu banyak. Jangan khawatir, anggaran tidak akan menjadi masalah jika kamu mengikuti sembilan tips wisata murah ini:

1. Jangan berwisata saat musim liburan

tips wisata murah jangan pergi saat liburan

Jika anggaran wisatamu sangat sedikit, maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tidak berwisata saat sedang musim liburan. Harganya akan menjadi lebih mahal berkali lipat jika kamu bepergian saat musim liburan. Selain itu, apa indahnya melihat kepala orang di mana-mana? Kamu tak bisa benar-benar menikmati perjalananmu, bukan?

2. Hindari restoran penuh turis

tips wisata murah hindari restoran penuh turis

Tak perlu dikatakan lagi bahwa kamu akan menghabiskan lebih banyak uang jika makan di restoran-restoran yang disesaki turis. Jadi apa yang bisa kamu lakukan jika demikian? Carilah restoran di mana penduduk lokal biasanya makan, harganya jauh lebih murah.

3. Tinggal di akomodasi dengan harga murah

budget travel tips stay at cheap hotel

Kamu akan menghabiskan kebanyakan waktu bepergian menikmati keindahan tempat-tempat yang kamu kunjungi, jadi untuk apa menginap di hotel berbintang? Akomodasi murah adalah pilihan tepat.

Baca juga:Penerbangan Panjang Itu Menyebalkan, Bagaimana Cara Bertahannya?

4. Maskapai yang pas dengan dompet adalah suatu keharusan

budget travel tips cheap airline

Maskapai-maskapai bagus juga menawarkan tiket dengan harga rendah. Yang perlu kamu lakukan adalah mencarinya online dan membandingkan harga-harga yang ditawarkan.

5. Membawa botol air itu penting

budget travel tips bring water bottle

Di beberapa negara, air keran aman untuk diminum. Sebelum bepergian, ada baiknya kamu mencari tahu apakah negara tujuanmu termasuk dalam salah satu negara tersebut. Jika iya, jangan lupa untuk membawa botol minum bersamamu kemanapun kamu pergi. Dengan begitu kamu akan menghemat uang. Harga air bisa sangat mahal di negara-negara tertentu.

6. Kunjungi tempat-tempat gratis

budget travel tips: free sites

Kamu sebaiknya tahu bahwa setiap negara menawarkan tempat-tempat yang dapat dinikmati oleh para wisatawan secara cuma-cuma. Ada banyak taman dan museum yang dapat kamu kunjungi tanpa harus membeli tiket masuk. Jika kamu benar-benar ingin mengunjungi tempat-tempat yang mengharuskanmu membeli tiket, maka pilihlah yang benar-benar menarik untukmu.

Artikel terhubung:Beda Negara, Beda Budaya: Ingatlah 16 Hal Ini Kecuali Kamu Mau Mendapat Masalah!

7. Tidak perlu beli tanda mata

budget travel tips dont buy souvenirs

Jika anggaran wisatamu tak cukup besar, kami menyarankan agar kamu jujur saja terhadap teman-temanmu. Beritahu mereka bahwa mereka tak akan mendapat suvenir darimu. Yang bisa kamu bagikan dengan mereka adalah gambar dan pengalaman.

8. Bawalah hanya yang diperlukan

budget travel tips pack whats important

Jangan bawa barang-barang yang tidak akan kamu butuhkan selama perjalanan demi kenyamananmu sendiri. Mereka akan menyusahkanmu saja nantinya.

9. Selalu rencanakan matang-matang

budget travel tips: plan ahead

Semua tips wisata murah di atas tak akan berguna jika kamu tak merencanakan segalanya dari jauh-jauh hari karena semakin lama kamu menunggu, segalanya menjadi semakin mahal. Selalu menjadi lebih dulu dibandingkan orang lain. Rencanakan segalanya matang-matang. Carilah tiket dan akomodasi jauh sebelum tanggal kamu ingin pergi.

Itulah semua tips wisata murah yang kami punya untukmu. Cukup ikuti mereka, dan kamu akan bisa berwisata beberapa kali dalam setahun.

Jangan lewatkan:15 Kota Terunik yang Kamu Tak Akan Percaya Sungguh Ada!

tempat percetakan murah jakarta