Tidak ingin menghabiskan terlalu banyak biaya untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda geluti? Sembilan ide pemasaran berbiaya rendah berikut ini dapat Anda coba:
1. Pemasaran melalui email atau surat elektronik (surel)
Ide pemasaran pertama yang dapat Anda coba adalah pemasaran melalui surat elektronik (surel). Namun sebelum Anda mengirimkan surel, Anda harus terlebih dahulu memiliki data dari orang-orang yang nantinya akan Anda kirimkan surel.
Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa surel Anda terlihat profesional dan menarik sebelum Anda kirimkan ke banyak orang. Jangan sampai orang kesulitan membacanya karena terlalu banyak informasi yang dimuat dalam satu surel. Jangan sampai juga terdapat kesalahan dalam pengejaan atau pemilihan gambar.
Baca juga : Ukuran Standing Banner Ini Ternyata Mempengaruhi Pemasaran
2. Membagikan kartu nama keren
Cara memasarkan bisnis Anda yang juga sangat dianjurkan adalah dengan membagikan kartu nama, namun tentu saja kartu nama Anda harus terlihat keren dan menarik. Buatlah orang terpesona dengan kartu nama Anda. Kesan pertama itu sangatlah penting.
3. Mengadakan kontes daring (online)
Ide pemasaran lain yang dapat menarik perhatian banyak orang adalah kontes daring. Adakan sebuah kontes. Konsep dari kontes tersebut harus dipikirkan secara matang-matang. Hadiah yang Anda berikan tentunya juga harus berupa sesuatu yang menarik dan diinginkan. Akan sangat bagus jika hadiah yang Anda berikan kepada pemenang atau para peserta kontes adalah sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda.
4. Mengembangkan program rujukan pelanggan
Masyarakat banyak yang menyukai ide pemasaran yang satu ini: program rujukan pelanggan. Anda hanya perlu berpikir kreatif mengenai imbalan menarik apa yang akan Anda berikan kepada mereka yang memberitahukan bisnis Anda kepada orang-orang yang mereka kenal.
Ingatlah bahwa promosi dari mulut ke mulut itu sangat ampuh. Bisnis Anda akan diketahui secara cepat oleh banyak orang dalam waktu sekejap. Program rujukan pelanggan benar-benar memiliki dampak yang luar biasa jika dieksekusi dengan tepat.
5. Mempublikasikan konten-konten bagus dan bermanfaat
Bisnis apapun yang Anda jalani, sebaiknya Anda memiliki sebuah blog. Namun, blog tersebut tentunya harus memuat artikel-artikel berkualitas yang memiliki manfaat atau dapat menjadi inspirasi bagi pembaca.
Blog adalah ide pemasaran yang sangat hebat karena melalui blog Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat, dan yang menyenangkan, Anda dapat membuat blog secara gratis melalui situs-situs penyedia layanan blog, seperti wordpress dan blogspot.
6. Membuat brosur atau selebaran (flyer)
Brosur atau selebaran merupakan alat promosi yang sudah terbukti keampuhannya. Pemasaran melalui pembagian brosur atau selebaran sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyediakan anggaran terbatas untuk berpromosi. Biaya mencetak brosur atau selebaran lebih terjangkau dibandingkan alat promosi lainnya, apalagi jika dicetak dalam jumlah yang sangat besar.
7. Menggunakan media sosial
Ide pemasaran lainnya yang terbukti efektif yang dapat Anda gunakan adalah media sosial. Promosikan bisnis Anda melalui Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest dan masih banyak lagi media sosial yang dapat Anda manfaatkan secara gratis.
Baca juga : Bagaimana Pemasaran Melalui Media Sosial Bermanfaat Bagi Bisnismu?
Jika digunakan secara efektif, pemasaran melalui media sosial dapat membantu mengembangkan bisnis Anda dalam banyak area.
8. Memberikan hadiah-hadiah promosi
Siapa yang tidak menyukai sesuatu yang diberikan secara cuma-cuma? Buatlah pelanggan senang dengan memberikan mereka hadiah saat mereka membeli produk Anda dalam jumlah tertentu. Jika pelanggan Anda buat senang dan puas, mereka akan setia kepada Anda, dan mereka tak akan segan menceritakan tentang Anda kepada orang lain.
9. Meminta bantuan keluarga dan teman-teman
Hal terakhir yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin bisnis Anda dikenal oleh lebih banyak orang adalah dengan meminta bantuan anggota keluarga dan teman-teman. Anda tak perlu sungkan meminta bantuan mereka. Teman-teman Anda tak akan keberatan membantu mempromosikan usaha Anda jika mereka memang adalah teman-teman sejati Anda.