Pandemi merupakan musibah yang tidak bisa kita kendalikan. Ada banyak hal yang berubah saat pandemi menghampiri. Salah satu dampak yang berpengaruh adalah ekonomi. Karena tidak sedikit masyarakat atau penduduk yang kehilangan pekerjaan dan berkurangnya pendapatan.

Jika dipikirkan tanpa solusi, maka akan menjadi beban pikiran yang dapat berpengaruh ke kesehatan tubuh. Untuk itu, sangat penting jika kita dapat menyikapi pandemi dengan beberapa hal yang perlu dilakukan seperti berikut ini.

1.      Mencoba Sesuatu yang Baru

Jika selama ini kamu hanya mengandalkan uang bulanan dari penghasilan, sudah saatnya untuk mencoba melakukan hal baru lainnya. Misalnya, mulai menyisihkan uang walau sedikit. Buatlah tabungan yang hanya dapat diisi dan tidak ada kartu untuk mengambilnya. Kamu hanya perlu mentransfer sejumlah uang yang diinginkan jika butuh. Jika tidak butuh, ada baiknya untuk jangan menyentuh tabungan tersebut. Selain itu, kamu bisa juga menyiapkan dana yang sesuai pengeluaran bulanan. Dengan begitu, saat pandemi seperti saat ini, kamu masih memiliki simpanan untuk bisa digunakan.

2.      Membuat Bisnis Kecil-kecilan

Meski berstatus karyawan, kamu juga boleh kok membuka bisnis sendiri. Misalnya membangun bisnis katering kecil-kecilan. Pasarkan di area kantor terlebih dahulu. Setelah itu cobalah memasarkannya secara online. Jangan lupa untuk memikirkan konsep serta biaya yang diperlukan. Jika kamu memiliki dana terbatas, jangan ragu untuk mencoba mencari kemasan yang sesuai budget kamu. Misalnya, mencari kemasan makanan di Uprint.id, pastikan kamu sudah mengetahui akan seperti apa kemasan yang digunakan. Cari harga dan desain yang sesuai dengan pemikiran kamu. Saat ini Uprint.id juga punya toko online di Tokopedia loh. Semakin praktis dan memudahkan konsumen seperti kamu. Hemat waktu, hemat tenaga, dan tinggal klik beli.

Baca juga : Belajar Bisnis Dengan Modal Kecil Sebelum Memulainya

3.      Mencari Kerja Sampingan

Sudah tidak heran jika ada beberapa karyawan yang masih saja mengambil pekerjaan tambahan. Misalnya sebagai seorang freelancer di bidang yang sama dengan pekerjaannya. Bahkan jika kamu memiliki keahlian khusus, dapat membuka kursus yang hanya dilakukan setiap satu atau dua minggu sekali. Pekerjaan sampingan ini sangat menguntungkan loh. Walau pendapatan tidak seberapa, namun setidaknya kamu bisa survive di saat pandemi seperti sekarang ini. Mencari peluang dan celah dana tambahan memang sangat diperlukan. Walau harus bekerja overtime namun kamu masih tetap bisa menikmati hari libur. Pilih dan atur waktu semaksimal mungkin, sehingga kamu dapat fokus mengerjakan pekerjaan utama dan sampingan.

4.      Menjual Pakaian yang Tidak Digunakan

Jika kamu masih memiliki pakaian yang layak pakai dan bagus tanpa cacat, tidak ada salahnya untuk menjual kembali. Ada berbagai macam website yang khusus untuk menjual pakaian lama kamu. Jangan lupa juga untuk memastikan semua pakaian sudah di laundry dan dikemas secara rapi sehingga menarik konsumen untuk membeli kembali pakaian kamu. Untuk menambah kesan profesional, kamu bisa menggunakan stiker yang ditempelkan pada pembungkus belanjaan konsumen. Stiker itu berisi informasi nama toko kamu, serta nomor telepon, dan isi di dalam paket tersebut. Walau barang lama, jangan sampai terkesan lusuh dan tidak menarik ya.

Baca juga : Manfaat Berbisnis untuk Masa Tua yang Bahagia

5.      Mengikuti Kelas Kursus

Kamu juga bisa mengikuti kelas kursus sesuai dengan keinginan. Misalnya kamu tertarik untuk kursus masak atau bikin kue, tidak ada salahnya untuk mencoba kursus tersebut. Pilih biaya kursus yang sesuai dengan kemampuan kamu. Tidak sedikit lembaga kursus yang menawarkan harga murah. Terutama jika kamu memiliki teman yang membuka kedai atau toko roti, bisa bergabung dengan mereka untuk di bagian dapur. Setidaknya kamu bisa mengambil ilmu dari bisnis teman.

Itulah beberapa hal yang dapat meringankan beban pikiran dikala pandemi menghampiri. Jangan lupa untuk tetap menyehatkan fisik dan pikiran. Sebab keduanya yang akan membawa diri kamu menjadi lebih baik lagi.