cetak-agenda-uprint

Salah satu bentuk finishing untuk buku yang pasti digunakan adalah penjilidan. Dalam industri percetakan di Indonesia, terdapat tiga jenis penjilidan yang umum digunakan salah satunya jilid spiral :

  • Perfect Binding

perfect binding - uprint.id

Merupakan penjilidan dengan menggunakan lem panas. Salah satu sisi lembaran kertas yang akan dijadikan buku disayat dengan pisau untuk celah agar lem bisa masuk sempurna untuk merekatkan lembaran kertas.

Perfect binding ini ada dua jenis, yaitu: jilid lem dan jilid lem + jahit benang.

Contoh aplikasi perfect binding adalah untuk finishing buku jenis soft cover ataupun hard cover seperti laporan tahunan, majalah, novel, buku tahunan, skripsi.

  • Wire Binding (jilid spiral)

jahit spiral - uprint.id

Merupakan penjilidan dengan menggunakan spiral, baik spiral kawat maupun spiral plastik.

Jilid spiral ini tersedia dalam berbagai jenis ukuran, dari yang kecil sampai besar, tergantung ketebalan kertas yang akan dijilid.

Selain itu ada beberapa macam pilihan warna agar bisa disesuaikan dengan hasil cetakan. Sebagai contoh pekerjaannya adalah proposal, portofolio, agenda, kalender. Melakukan penjilidan spiral juga biasa digunakan untuk membuat sketch book. Jika Anda ingin mengetahui jilid spiral seperti apa, cobalah melihat sketch book atau notes yang dijilid spiral.

cetak-agenda-uprint

Lihat juga : Price List Cetak Booklet

  • Saddle Stiching (jahit kawat)

penjilidan uprint.id

Merupakan penjilidan dengan menggunakan jahit kawat atau sering disebut steples tengah. Lembaran kertas dilipat jadi dua kemudian tengahnya diberi semacam kawat pengikat. Contohnya adalah buku tulis yang biasa kita temui sehari-hari.

Baca juga : 4 Alasan Buku Tulis Lebih Unggul Daripada Laptop untuk Mencatat

cetak-agenda-uprint