Bulan puasa, merupakan bulan yang banyak sekali jadwal untuk berbuka bersama. Entah dengan sahabat, hingga dengan teman sekolah. Semua dapat berkumpul di satu tempat hanya di bulan ramadan ini. Tapi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak dapat berhemat. Justru Anda dapat berhemat di bulan puasa dengan cara seperti berikut.

1. Mengatur Biaya Buka Puasa Agar Tidak Lebih Dari Biasanya

tips anti gagal menabung mencatat

Nah ini yang harus Anda lakukan agar dapat berhemat di bulan puasa. Cobalah untuk mengatur biaya buka puasa menjadi tidak terlalu besar dari biasanya. Sebab, jika biasanya Anda berbuka tidak lebih dari Rp 50.000 kemudian Anda berbuka dengan nominal Rp 100.000 maka akan terjadi pengurangan jatah berbuka sebanyak dua kali. Sehingga akan membuat pengeluaraan semakin bertambah banyak.

Baca juga : Ternyata Ini Rahasianya Agar Tidak Makan Berlebih Saat Berbuka Puasa

2. Mengatur Pengeluaran untuk Biaya Berbuka Bersama

tips mengatur keuangan 5

Mengatur pengeluaran atau membatasi biaya buka bersama dapat menjadi cara cerdas untuk berhemat di bulan puasa. Misalnya, Anda memiliki jadwal berbuka bersama lima kali dalam seminggu, nah Anda memiliki uang simpanan sekitar Rp 300.000. Berarti Anda harus menggunakan atau mengeluarkan uang peracara sekitar Rp 50.000 sampai Rp 55.000. Di luar harga itu, kalau bisa Anda batasi agar tidak terlalu boros.

3. Sisihkan Uang Gaji Sebesar 20% untuk Tambahan THR

tips mengatur keuangan 2

Tidak ada salahnya jika Anda menyisihkan sebagian uang gaji untuk persiapan uang THR saat lebaran. Dengan Anda menyisihkan uang gaji sebagai THR maka Anda sudah berhemat di bulan puasa. Walau Anda sudah mendapatkan THR 1 kali gaji dari perusahaan, tapi Anda akan mendapatkan lebih karena sudah memiliki tambahan THR dari gaji.

Baca juga : Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa, Jangan Lakukan Hal Ini

4. Membawa Bekal Takjil Dari Rumah

berhemat di bulan puasa 1

Cobalah untuk membawa takjil dari rumah ke kantor, atau untuk bekal selama perjalanan ketika sudah masuk waktu berbuka puasa. Dengan Anda membawa bekal takjil dari rumah, berarti sudah berusaha untuk berhemat di bulan puasa. Selain itu, takjil yang dibawa dari rumah cenderung lebih sehat dan lebih higienis. Ketimbang Anda membelinya di pinggir jalan yang sering terkena debu. Yaa, hitung-hitung menjaga kesehatan diri sendiri juga selama berpuasa.

5. Cobalah Membuat Acara di Rumah

berhemat di bulan puasa 3

Anda dapat melakukan acara buka puasa bersama tidak harus di restoran di luar rumah kok. Malah Anda dapat membuat acara di rumah sendiri, akan lebih berhemat di bulan puasa dan waktunya bisa berlama-lama kumpul dengan teman. Jika dilakukan di sebuah resto tentunya ada waktu yang dibatasi karena harus ada pergantian pengunjung.

Itulah beberapa cara cerdas untuk berhemat di bulan puasa. Cobalah untuk dilakukan selama bulan ramadan ini. Agar tetap dapat berhemat di bulan puasa. Tertarik? Selamat Mencoba!