Berpuasa merupakan kegiatan yang mengharuskan orang menjalaninya tidak melakukan aktivitas makan dan minum selama waktu yang ditentukan. Nah, biasanya orang berpuasa cenderung akan mengkonsumsi makanan dua kali lipat dari biasanya, dengan alasan lapar. Padahal makan terlalu berlebih akan membuat Anda merasa lemas selama berpuasa. Untuk itu, jika Anda sedang berpuasa sebaiknya menghindari makan dengan porsi yang berlebih. Biarkan pencernaan memproses semua makanan dengan baik, agar tidak melukai sistem pencernaan.

Baca juga : Ternyata 5 Hal ini yang Dapat Membuat Puasa Lebih Bermanfaat

buah-buahan 5

makanan dan minuman primadona 3

Konsumsilah makanan ringan terlebih dahulu saat pertama berbuka puasa. Buah, dapat menjadi pilihan menu berbuka di awal waktu. Dengan begitu, akan membantu proses pencernaan untuk menggiling makanan setelah seharian tidak berproses. Jika Anda ingin makan makanan pembuka seperti gorengan, sebaiknya jangan terlalu berlebih. Sebab kandungan minyak yang banyak dalam gorengan memudahkan tubuh mengalami panas dalam. cobalah untuk mengkonsumsi buah kurma dengan campuran susu atau hanya buahnya saja. sebab kurma dapat menyimpan energi dalam tubuh selama berpuasa. Jika dilakukan secara rutin akan membuat tubuh lemas selama berpuasa.

Baca juga : Tips Menghemat Uang Jajan Selama Bulan Puasa

lemas selama berpuasa 1

Hindari makan dengan porsi yang dobel. Sebisa mungkin Anda mencoba makan dengan porsi secukupnya. Setelah itu, jika ingin makan lagi silakan sebab sudah adanya jeda antara waktu makan pertama dengan makan kedua. Sehingga, meringankan kerja pencernaan dan tidak akan membuat perut sakit. Anda juga dapat mengulur waktu makan, misalnya setelah melakukan ibadah barulah makan. Itu juga sangat dianjurkan, agar tubuh tidak lemas selama berpuasa.

lemas selama berpuasa 2

Jangan tidur terlalu larut malam. Sebab kegiatan ini akan membuang energi, karena Anda harus bangun kembali untuk sahur. Untuk itu, cobalah tidur lebih awal dari biasanya dengan tujuan mempersiapkan saat dan setelah sahur. Sehingga, energi yang terpakai tidak terlalu banyak dan Anda siap untuk melanjutkan aktivitas yang lain. Jika dilakukan secara rutin, akan berdampak baik bagi kesehatan Anda. Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa!