Memiliki kebebasan finansial menjadi tujuan dari sebagian orang. Siapa sih yang tidak ingin bisa menikmati hidup di hari tuanya? Sudah tidak perlu lagi berpikir besok dengan uang sekian bisa makan apa ya? Tentunya untuk bisa mencapai posisi itu Anda harus mempersiapkan diri Anda sejak sekarang. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai financial freedom, dari menyisihkan uang hasil kerja sebagai karyawan dan menginvestasikan dalam bentuk saham atau tabungan berjangka, hingga berinvestasi dalam bentuk bisnis. Jika Anda memilih untuk menjalankan bisnis, kenapa tak coba mengembangkan 3 ide bisnis online berikut ini?

Baca juga: Emak-emak Jaman Now Butuh Lakukan 3 Bisnis Online Ini Agar Tetap Waras

1. Bisnis SEO

bisnis online pelatihan SEO

Sampai detik ini semua hal tentang SEO (Search Engine Optimization) masih menjadi misteri bagi sebagian besar orang. Mereka berbondong-bondong untuk mencari tahu dan menaklukkan masalah terkait SEO. Sedangkan orang yang jago SEO pun tidak cukup banyak. Maka jika Anda termasuk yang paham dan tertarik dengan SEO, manfaatkan peluang ini. Buat pelatihan-pelatihan tentang SEO baik online atau pun offline, dan Anda tak perlu menunggu waktu lama untuk meraup keuntungan dari sini. Jika Anda belum banyak tahu tentang SEO, belajarlah. Jadikan uang yang Anda keluarkan saat proses belajar sebagai modal dan bentuk investasi Anda ke depannya. Percayalah tidak ada ilmu yang sia-sia.

2. Pelatihan Bisnis

bisnis online coaching

Salah satu bisnis online yang cepat menghasilkan rupiah yaitu pelatihan bisnis itu sendiri. Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi, banyak orang yang ingin tahu caranya berbisnis secara online. Manfaatkan peluang tersebut dan bukalah pelatihan-pelatihan bisnis secara online dan jadilah the next master of online business.

baca juga: Fenomena Bisnis Online di Zaman Sekarang

3. Bisnis Webinar

bisnis online webinar

Ada yang pernah ikut webinar? Seminar yang diadakan secara streaming baik di YouTube atau website streaming lainnya ini masih jadi banyak incaran. Webinar dirasa masih lebih efektif daripada sekedar kulwap (kuliah whatsapp) atau pun kuliah di telegram. Mungkin karena lewat webinar, peserta seminar bisa langsung mendengarkan penjelasan materi dan bisa langsung melakukan tanya jawab. Webinar juga menjadi sarana yang cocok sebagai langkah awal mempromosikan produk Anda. Misal Anda memiliki produk suplemen untuk otak anak. Anda bisa membuat webinar tentang menstimulasi kecerdasan anak. Di akhir webinar Anda bisa menyisipkan produk yang Anda jual.

Masih ada banyak lagi ide bisnis online yang bisa Anda temukan. Namun tiga ide bisnis tersebut merupakan langkah tercepat menuju financial freedom yang Anda impikan. Jangan lupa saat Anda mempersiapkan e book atau flyer untuk bisnis Anda, Uprint.id siap membantu. Selamat memulai bisnis Anda!