Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Menjalankan bisnis wedding organizer atau WO di Indonesia merupakan peluang besar yang sangat menjanjikan. Sebab, pernikahan akan terus berlangsung bagi pasangan yang sedang merencanakan pernikahan.  Pastinya setiap pasangan menginginkan pesta pernikahannya menjadi momen yang terindah dalam hidupnya. Nah, WO inilah yang membantu merealisasikan pernikahan klien, sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari dekorasi ruangan, tata rias, pakaian, dokumentasi, hingga katering yang diinginkan klien. Semua itu yang harus dipersiapkan oleh WO. Jika Anda tertarik untuk membangun bisnis wedding organizer, sebaiknya perhatikan beberapa tips seperti berikut ini.

1. Menentukan Target Pasar

bisnis-wedding-organizer-01-menentukan-target

Membangun bisnis apapun, yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar. Termasuk saat membangun bisnis wedding organizer ini. Dalam hal ini, Anda harus menentukan jenis klien seperti apa yang diinginkan. Misalnya kelas menengah, kelas menengah atas, atau kelas menengah bawah. Pada saat seperti ini, harus benar-benar dipikirkan secara matang. Sebab ini menentukan bisnis Anda selanjutnya.

Baca juga : Cetak Undangan Pernikahan Anda Secara Online. di Sini!

2. Membentuk Tim yang Kuat

bisnis-wedding-organizer-02-membentuk-tim-kerja

Dalam membangun bisnis apapun, yang diperlukan adalah sebuah kerjasama dari tim. Seperti itu juga saat Anda ingin membangun bisnis wedding organizer. Sebuah organizer, tidak dapat dilakukan seorang diri. Untuk itu yang harus dilakukan adalah, memilih rekan kerja. Pilihlah rekan kerja yang sama-sama memiliki passion di bidangnya. Sebab, dengan begitu Anda akan mudah membentuk tim yang solid dan kuat dalam bisnis.

3. Buatlah Konsep Paket Pernikahan yang Menarik

bisnis-wedding-organizer-03-konsep-paket-pernikahan

Tidak bisa dipungkiri, persaingan dalam bisnis tidak akan pernah ada habisnya. Setiap bisnis pastinya memiliki kompetitor yang bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Dalam hal ini, menyuguhkan penawaran konsep paketan pernikahan yang menarik bisa menjadi solusi yang tepat. Jangan lupa riset tren yang sedang berlangsung saat ini. Misalnya, adat tradisional tapi disuguhkan dengan konsep mewah mulai dari dekorasi, menghidangkan menu-menu yang bervariasi antara tradisional dan modern dan sebagainya. Pastikan, setiap paketan konsep yang ditawarkan juga memiliki harga yang sesuai dengan target pasar.

4. Ajak Kerjasama dengan Banyak Partner

bisnis-wedding-organizer-04-partner-kerja

Pada umumnya, WO yang baru berdiri akan melibatkan banyak pihak dari luar untuk melengkapi kebutuhan WO, seperti mitra katering, tata rias, busana pengantin, dokumentasi foto dan video, hiburan, toko bunga, aula resepsi dan sebagainya. Bila ini dikerjakan sendiri bersama tim tentunya sangat sulit dilakukan. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah bekerjasama dengan partner lain agar mendapatkan bantuan.

Baca juga : Inspirasi Desain Undangan Pernikahan Unik

5. Melakukan Promosi Secara Offline dan Online

bisnis-wedding-organizer-05-melakukan-promosi

Bisnis apapun itu harus melakukan promosi secara offline maupun online. Ini merupakan trik agar bisnis wedding organizer Anda sukses dan dikenal banyak orang. Promosi secara offline Anda dapat menggunakan brosur yang dibagikan untuk banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan event-event tertentu untuk membuka stand promosi WO. Sementara promosi secara online, Anda dapat memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, Instagram, dan youtube dengan maksimal.

Agar kedua cara promosi yang dilakukan lebih menarik, buatlah desain menarik pada brosur atau postingan. Jangan lupa juga menyertakan beberapa foto dari contoh pernikahan yang pernah tim Anda kerjakan sebelumnya sebagai portfolio. Coba juga untuk sekali-kali berikan harga khusus seperti diskon atau potongan harga di momen tertentu. Dengan begitu akan lebih menarik perhatian bagi calon pengantin. Sebab, biasanya para calon pengantin juga memiliki pertimbangan dalam hal biaya WO.

Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan jika ingin bisnis wedding organizer Anda sukses. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan evaluasi dari setiap melakukan acara. Dengan begitu, Anda dapat menilai bagaimana kinerja WO dan tim kerja. Bahkan, Anda dapat meminta testimoni dari para pelanggan yang bekerjasama dengan tim WO.