Kamu suka berwisata? Bagus. Tapi saat sedang berwisata, apakah kamu mau terlihat seperti seorang turis atau penduduk lokal? Kebanyakan pelancong ingin terlihat seperti penduduk lokal dari kota yang mereka sedang kunjungi. Pertanyaannya adalah bagaimana cara agar terlihat seperti penduduk lokal saat sedang wisata?

1. Pelajari peta

how to look like a local when traveling study the map

Sebelum kamu tiba di kota tujuan, hal terbaik untuk kamu lakukan adalah mempelajari peta dari kota tujuanmu terlebih dahulu. Akrabkanlah dirimu dengan penunjuk lokal di kota tersebut serta nama-nama jalannya. Jangan sampai tersasar.

2. Unduh aplikasi lokal

download local apps

Aplikasi lokal, terutama aplikasi untuk transportasi publik dan restoran lokal, sangat berguna jika kamu tak ingin terlihat seperti pelancong. Tapi sebelum kamu mengunduh sebuah aplikasi, perhatikan apa yang orang sampaikan mengenai aplikasi tersebut. Hal ini untuk menghindari memperoleh informasi yang salah. Saat sedang berwisata, waktu adalah segalanya.

3. Tidak ada paket-paket tur

no tour package

Lupakanlah paket-paket tur, mereka tidak lokal sama sekali. Pergi saja sendiri, naik kendaraan umum. Lakukan apa yang penduduk lokal lakukan.

Baca juga: Ingin Berwisata Tapi Anggaran Sedikit? Tak Masalah, Cukup Ikuti 9 Tips Wisata Murah Ini!

4. Menjelajah bersama seorang lokal

explore with a local

Cara agar terlihat seperti penduduk lokal saat sedang wisata adalah dengan menjelajahi kota bersama seorang atau lebih penduduk lokal. Reservasi petualangan bersama penduduk lokal, mereka adalah yang paling paham mengenai kota tersebut. Penduduk lokal mungkin memiliki perspektif berbeda mengenai apa yang indah di kota mereka. Mereka akan menunjukkan kepadamu tempat-tempat kesukaan mereka, yang bisanya tak ramai dikunjungi turis.

5. Jangan menginap di hotel

don't stay in a hotel

Jika kamu menginap di hotel, kamu kehilangan kesempatan merasa seperti penduduk lokal. Lupakan hotel, tinggallah di rumah lokal atau menyewa sebuah ruangan di apartemen. Kesempatanmu bertemu dengan penduduk lokal dan hidup seperti mereka lebih tinggi.

6. Makan dan minum seperti penduduk lokal

eat like locals

Selanjutnya, cara agar terlihat seperti penduduk lokal saat sedang wisata adalah dengan makan seperti mereka. Sesederhana itu. Pergilah ke restoran lokal dan pesan makanan kesukaan mereka. Kamu bisa gunakan aplikasi yang telah kamu unduh untuk membantumu menemukan restoran lokal terbaik di area tersebut.

7. Berpakaian seperti penduduk lokal

dress like locals

Jika kamu ingin berbaur dengan baik dengan penduduk lokal, walaupun kenyataannya wajahmu berbeda dengan wajah mereka, maka kamu harus berpakaian seperti mereka. Berpakaian seperti penduduk lokal adalah cara hebat untuk menjadi seperti seorang lokal saat kamu sesungguhnya adalah seorang wisatawan.

8. Pelajari beberapa frasa kunci

learn few key phrases

Walaupun Inggris adalah bahasa pemersatu, tidak setiap orang yang hidup di negara di mana Inggris bukanlah bahasa pertamanya bisa berbicara bahasa Inggris. Itulah mengapa mempelajari dan menguasai beberapa frasa utama adalah hal baik untuk dilakukan. Dengan begitu, kamu akan membantu dirimu sendiri dan merasa lebih terhubung dengan penduduk lokal yang bermukim di area tersebut.

Beberapa frasa penting yang perlu kamu pelajari adalah salam dan sapaan, ucapan terima kasih dan perpisahan, permintaan maaf, nama-nama makanan dan minuman, angka-angka dan arah. Mereka tidak sulit untuk dipelajari.

Artikel terkait: Penerbangan Panjang Itu Menyebalkan, Bagaimana Cara Bertahannya?