Sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang selalu dilakukan. Terutama dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Komunikasi efektif selalu sulit bagi mereka yang tidak biasa atau tidak bisa berbicara secara jelas kepada lawan bicara. Sedangkan cara seseorang berkomunikasi akan dipengaruhi oleh kepribadian orang tersebut. Kepribadian ini umumnya dikelompokkan menjadi dua jenis yang berbeda, yakni introvert dan ekstrovert. Pengertiannya, introvert adalah tipe orang yang lebih senang menyendiri dan menyelesaikan berbagai urusan maupun masalahnya sendiri. Sebaliknya ekstrovert justru lebih suka menikmati keramaian dan cenderung lebih banyak beraktivitas dengan orang lain.

Jika Anda memiliki kepribadian introvert atau ekstrovert dan ingin dapat dengan mudah berkomunikasi secara efektif, maka cobalah beberapa cara berikut ini.

1. Introvert

komunikasi-efektif-introvert

Introvert adalah tipe orang yang tidak begitu aktif di berbagai forum dan komunitas. Namun bukan berarti mereka tidak bisa berkontribusi dan berkomunikasi dengan baik. Pada umumnya, seseorang yang introvert lebih suka mempelajari dan menyimpan inform

asi terlebih dulu. Mereka hanya mengungkapkannya jika hal tersebut dibutuhkan saja. Berikut ini adalah beberapa tips yang tepat agar introvert bisa menjalin komunikasi yang efektif :

Baca juga : Cetak Buku Agenda untuk Menjadwalkan Kegiatan Sehari-hari di Uprint.id

  • Kenali Diri Sendiri

Jika komunikasi dan berbagai hal lain tidak sesuai keinginan, jangan terlalu dipikirkan sehingga memicu stres dan tekanan buat si introvert. Anda harus menyadari dengan baik hal ini, dan membatasi diri untuk bersikap keras pada diri sendiri. Berdamai dengan keadaan merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan saat tidak dapat mencapai tujuan, termasuk dalam hal komunikasi. Dengan Anda mengenali diri sendiri, maka akan mulai terbuka cara untuk membangun komunikasi efektif sebagai orang yang introvert.

  • Luangkan Waktu Sendiri

Bersama orang lain kerap terasa kurang nyaman dan membuat introvert merasa tidak 100% menjadi diri sendiri. Padahal itu dibutuhkan. Agar menjadi lebih baik lagi, introvert perlu memiliki waktu khusus untuk menyendiri. Gunakanlah waktu tersebut dengan nyaman dan memikirkan berbagai hal penting di dalam hidup mereka. Termasuk belajar membangun komunikasi dengan orang lain.

  • Komunikasi dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Introvert memiliki ketakutan tersendiri ketika berpendapat atau bahkan sekedar berkomunikasi di depan forum. Hal ini tentu akan sangat merugikan, terutama untuk momen-momen penting dalam karier. Menghilangkan rasa khawatir dan mencoba untuk menyampaikan ide merupakan langkah baik yang bisa dilakukan. Jika sulit, mulailah dengan komunikasi yang singkat, padat, namun tetap jelas dan mudah diterima orang lain. Dalam hal ini, Anda harus banyak belajar berkomunikasi dengan orang disekitar. Misalnya, dengan sahabat atau teman kantor bahkan dapat juga saat meeting berlangsung.

  • Menguasai Materi dan Mencoba Berkomunikasi di Forum Rapat

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda dapat mencoba dengan berbicara di saat meeting atau bahkan saat berkumpul bersama komunitas. Berbagai pertemuan atau rapat sering menjadi tantangan bagi introvert yang tidak suka keramaian. Namun hal ini bukan lagi masalah, jika sejak awal introvert sudah mempersiapkan diri dan menguasai materi rapat dengan baik. Jika materi dan ide sudah di kepala, maka introvert bisa menghadapi pertemuan dengan penuh percaya diri dan lebih siap untuk komunikasi yang efektif.

Namun tidak semua introvert memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi. Ada juga yang justru pandai dalam hal komunikasi padahal dirinya adalah seseorang yang introvert. Semua hal ini tergantung bagaimana Anda membawa diri, menjadi seseorang yang aktif dan keluar dari zona nyaman selama ini. Perubahan akan terjadi jika Anda yang melakukannya sendiri.

2. Ekstrovert

komunikasi-efektif-ekstrovert

Dikenal aktif dan suka keramaian. Senang bergaul, dan berkomunikasi dengan teman, bahkan bisa langsung akrab dengan orang yang baru dikenal. Extrovert akan lebih mudah untuk berkomunikasi, tapi bukan berarti komunikasinya selalu efektif. Berikut ini adalah beberapa tips agar extrovert bisa berkomunikasi secara efektif :

  • Jangan Memotong Pembicaraan

Bagi seseorang yang aktif dalam berkomunikasi terkadang lebih sering melakukan kegiatan yang kurang sopan. Seperti memotong pembicaraan saat sedang berbicara dengan orang lain mau pun dalam forum. Aktif dan mudah berkomunikasi, kebanyakan seorang yang extrovert terbiasa memotong pembicaraan dan menyampaikan ide-ide mereka dengan segera. Sikap ini tidak selalu baik, terutama jika dilakukan dalam forum yang formal. Extrovert harus membiasakan diri untuk membatasi interupsi dan lebih sabar mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang lain.

  • Melakukan Aktivitas Seru untuk Diri Sendiri

Tidak harus selalu berkumpul dengan banyak orang, atau bahkan berpesta-pesta. Anda yang ekstrovert juga perlu melakukan aktivitas seru untuk diri sendiri. Misalnya, mendengarkan musik, nonton film, atau bahkan hanya sekedar membaca buku favorit. Lakukan aktivitas yang masih dalam kadar positif untuk diri Anda.

  • Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Extrovert hampir tidak memiliki masalah untuk berkomunikasi. Mereka cenderung mendominasi percakapan. Untuk mengimbangi hal ini, extrovert perlu belajar menjadi pendengar yang baik, agar komunikasi yang efektif dan seimbang bisa terjadi. Hal ini juga melatih diri Anda untuk tidak selalu memotong pembicaraan yang sedang berlangsung.

  • Hindari untuk Membatasi Diri

Extrovert membutuhkan ruang yang luas untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri, sebab mereka akan nyaman dengan kondisi tersebut. Extrovert harus menghindari untuk membatasi diri dan hanya menyimpan ide di dalam kepala saja, di mana mereka tidak menikmati hidup secara maksimal.

Extrovert tidak selalu akan aktif dalam berbicara, bahkan ada beberapa ekstrovert justru tidak dapat melakukan komunikasi efektif dalam beberapa kegiatan. Seperti halnya di beberapa forum tertentu. Itulah beberapa cara untuk membangun komunikasi efektif untuk para introvert dan ekstrovert yang dapat Anda coba dalam kehidupan sehari-hari.