Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Desain kemasan selalu menjadi hal yang paling utama ketika Anda memutuskan untuk mendirikan sebuah usaha. Baik itu usaha kecil-kecilan atau usaha yang besar. Semua memerlukan kemasan yang dapat menarik perhatian konsumen atau bahkan calon konsumen. Melalui desain kemasan, Anda dapat memberikan informasi mengenai merek, logo, serta kualitas, dan lain sebagainya. Bahkan, dari desain kemasan saja, mampu membuat konsumen jatuh cinta terhadap sebuah produk.

Membuat desain kemasan yang menarik tidak perlu terlalu mahal. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan kreativitas. Anda hanya perlu menjadi seseorang yang kreatif dan membuat keseimbangan antara efektivitas dengan kreativitas. Hal ini akan membuat sebuah kemasan menjadi lebih berbeda dari kemasan pada umumnya serta dapat menarik perhatian konsumen. Desain kemasan yang unik dan menarik sudah pasti memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga : Deretan Desain Kemasan 2019 yang Dapat Dijadikan Inspirasi

desain-kemasan-02

Desain kemasan yang menarik memiliki ragam fungsi. Hal ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi Anda yang akan membangun sebuah bisnis. Seperti berikut ini, fungsi desain kemasan yang menarik.

  • Meningkatkan kualitas serta merek sebuah produk tersebut. Sebab akan semakin dikenal dan dipercaya oleh calon konsumen baru atau konsumen.
  • Menjaga kualitas barang yang ada di dalamnya, seperti menjaga makanan tetap aman, pakaian agar tidak rusak, atau bahkan alat elektronik dan pecah belah tidak rusak sehingga masih dapat digunakan.
  • Dapat membantu pemasaran, sebab dalam kemasan biasanya terdapat ragam informasi yang akan disampaikan. Seperti tanggal kadaluarsa, kandungan gizi, informasi produk, cara penggunaan, serta alamat dan keterangan produsen. Semua informasi tersebut tercantum dalam kemasan.

Jika Anda ingin membuat kemasan yang menarik dapat mencetaknya secara online di Uprint.id. Namun sebelum Anda memulai mencetak, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini agar desain packaging bagus dan dapat mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

1. Menentukan Desain Gambar

desain-kemasan-04

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan desain gambar untuk kemasan. Tidak hanya menarik saja, melainkan Anda juga harus dapat memberikan informasi sebuah produk. Hal itu bertujuan agar konsumen dapat mengetahui kualitas dari produk tersebut. Jika Anda mencetak kemasan di Uprint.id, sudah tersedia ragam desain dan template yang dapat Anda gunakan secara gratis. Sehingga jika Anda bingung dengan desain, maka Uprint.id sudah menyediakan sebagai alternatif.

2. Pilih Bentuk Kemasan yang Sesuai

Setelah Anda menentukan desain seperti apa yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah memilih bentuk kemasan yang akan digunakan. Bentuk kemasan ini beragam, mulai dari kotak, tabung, persegi, dan masih banyak lagi. Saatnya Anda menentukan ingin menggunakan bentuk kemasan seperti apa yang cocok dengan produk. Sebab bentuk kemasan juga mempengaruhi daya tarik konsumen.

  3. Pilihlah Warna yang Tepat

desain-kemasan-01

Warna juga mempengaruhi profit penjualan karena semakin mencolok dan menarik maka banyak orang tertarik membelinya. Akan tetapi gunakan perpaduan serasi sehingga terlihat enak dipandang sekaligus cantik.

Baca juga : Tips Mendesain Kemasan dan Label Produk yang Perlu Diketahui

4. Menggunakan Kalimat Sederhana

Pada kemasan produk sering menemukan tulisan yang justru akan merusak kemasan itu sendiri. Misalnya penambahan slogan-slogan yang sekiranya tidak terlalu penting atau bahkan menambahkan kalimat panjang dan tidak bermanfaat. Jika ingin membuat kemasan sebaiknya Anda memperhatikan penggunaan kalimat. Selain itu, gunakanlah gaya bahasa yang sederhana namun tetap dapat diingat oleh konsumen namun dapat menginterpretasikan sebuah produk tersebut.

Itulah beberapa cara membuat desain kemasan yang menarik konsumen. Pastikan semuanya sesuai dengan produk yang Anda jual. Mulai pemilihan desain hingga bentuk kemasan yang perlu dipikirkan sebelumnya. Jika Anda ingin membuat sebuah kemasan dapat mencetaknya secara online di Uprint.id. Ragam desain dan template dapat Anda gunakan secara gratis.