Setiap manusia yang hidup pasti akan selalu dihadapkan oleh berbagai masalah. Ini adalah kenyataan yang tak dapat dihindari. Namun, bagaimana cara Anda merespon dapat menentukan apakah masalah tersebut berakhir dengan baik atau malah semakin parah. Untuk bisa merespon masalah dengan benar, dibutuhkan perspektif yang benar lebih dahulu. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda coba agar dapat memperoleh perspektif yang lebih baik saat menghadapi masalah:

1. Berpikir Positif

cara mengatasi masalah - berpikir positif

Ada kalanya, setiap masalah yang dialami memiliki waktu dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Nah, cara mengatasi masalah yang satu ini dengan cara cobalah untuk berpikir positif. Anda selalu dapat memilih perspektif yang lebih baik seperti : bagaimana masalah tersebut dapat meningkatkan karakter Anda, melatih Anda untuk “make meaning” sehingga hidup lebih punya arti, dan lainnya. Seperti emas yang butuh dimurnikan, saat Anda bisa melihat masalah dari perspektif yang lebih positif, pasti ada pelajaran berharga yang bisa Anda dapatkan. 

Baca juga : Sikap Menghadapi Musibah Agar Tetap Tegar, Ternyata Baik untuk Kondisi Psikologis…

2. Berserah Diri

Woman admiring sunset from mountain top

Berserah diri kepada Tuhan juga dapat membantu Anda memperoleh perspektif yang lebih baik. Bahwa tidak semua hal dapat Anda kontrol dan membuat Anda menyadari bahwa ada Sang Pencipta yang memegang kendali atas segalanya. Dampak lain yang akan Anda rasakan adalah hati menjadi tenang dan lebih dekat dengan Tuhan. Saat Anda memperoleh ketenangan, Anda dapat berpikir lebih jernih sehingga cara Anda marespon pun akan lebih baik.

3. Menangis

cara mengatasi masalah - memnagis

Siapa bilang menangis itu memalukan? Justru dengan Anda menangis ketika dihadapkan pada sebuah masalah, mungkin dapat dikatakan itu merupakan salah satu cara yang Tuhan berikan. Cara mengatasi masalah seperti ini tidak harus dilakukan oleh wanita saja, bahkan pria juga membutuhkan ruang untuk dia menangis. Beberapa penelitian juga sudah mendukung hal ini, bahwa dengan menangis, kita dapat lebih sehat secara emosional serta mengeluarkan tekanan stress. Itulah kekuatan dari menangis. Ingat ya menangis itu bukan hanya untuk wanita tapi pria juga membutuhkan lho.

4. Berdiskusi

cara mengatasi masalah - berdiskusi

Jika Anda memiliki teman atau memiliki orang yang dipercaya untuk mendengarkan cerita, tidak ada salahnya untuk berdiskusi. Cobalah diskusikan masalah Anda kepada orang kepercayaan tersebut. Dengan adanya sebuah diskusi dan Anda dapat lebih vulnerable, maka Anda akan mendapatkan beberapa perspektif baru. Jika Anda hanya menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan dan solusi orang lain, maka besar kemungkinan Anda akan terjebak dalam pola yang Anda ciptakan sendiri.

Baca juga : 8 Cara Sederhana untuk Merasa Bahagia Setiap Hari

5. Dekatkan Diri Kepada Tuhan

cara mengatasi masalah - mendekatkan diri dengan Tuhan

Apabila Anda tidak ingin menceritakan masalah tersebut kepada orang lain, maka Anda dapat menceritakan semua masalah kepada Tuhan. Jujurlah kepadaNya, namun jangan sampai Anda datang padaNya ketika masalah menerpa. Tapi, pupuklah hubungan dengan Tuhan dan mintalah kebijaksanaan daripadaNya. Kebijaksanaan dari Tuhan akan membantu Anda memiliki pemahaman yang lebih tinggi tentang hidup. Bahkan, dapat dikatakan itu adalah hadiah terbaik dari Tuhan untuk umatnya yang sayang kepadaNya.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah yang lebih simpel namun dapat meringankan pikiran Anda. bahkan salah satunya ini wajib dan harus dilakukan oleh wanita dan pria. Jangan pernah takut dikatakan cengeng. Sebab semua manusia ditakdirkan untuk dapat bisa menangis dengan menyelesaikan masalah.