Kemampuan desain grafis adalah aset penting yang dimiliki setiap desainer grafis. Untuk menjadi seorang desainer grafis yang lebih baik, kamu harus melakukan hal-hal yang meningkatkan kemampuan desain grafis. Jadi apa saja yang bisa kamu lakukan agar kemampuan desain grafis yang sudah kamu miliki meningkat?

1. Terus mengikuti teori desain

belajar kemampuan desain grafis

Segalanya bergerak sangat cepat, termasuk desain. Jika kamu tidak mengikuti, kamu akan ketinggalan. Ada banyak sumber darimana kamu bisa belajar teknik-teknik dan tren desain baru, misalnya buku, majalah dan blog desain.

2. Selalu mencoba hal-hal baru

Selalu punya rasa penasaran, selalu coba hal-hal baru. Kamu harus selalu punya semangat itu di dalam dirimu. Jangan pernah berhenti belajar, jangan pernah berhenti bertanya, jangan pernah berhenti bereksperimen dengan desain.

3. Belajar dari orang lain

belajar dari orang lain kemampuan desain grafis

Selain buku, majalah dan blog, kamu juga bisa belajar dari orang lain. Amati kemampuan desain grafis dan desain mereka. Ikutilah yang baik dan belajar dari yang buruk.

4. Kumpulkan desain yang menginspirasimu

Kapanpun kamu melihat desain yang menurutmu membuatmu terinspirasi, bawa pulanglah dan simpan dalam folder. Kamu bisa mempelajarinya, apa yang membuat desain tersebut begitu bagus dan menginspirasi, dan bagaimana kamu bisa mengembangkan kemampuan sehingga kamu juga bisa membuat desain yang menginspirasi.

5. Bergabung dengan komunitas desain

Jika kamu adalah seorang desainer grafis dan kamu tidak bergabung dengan suatu komunitas desain, maka kamu wajib bergabung. Ini adalah cara lainnya untuk mengembangkan kemampuan desain grafismu. Kamu akan mendapat banyak manfaat dengan bergabung dalam sebuah komunitas desain. Kamu akan mendapat berita terbaru tentang apa yang terjadi dalam dunia desain, kamu akan mengenal para desainer grafis lain dan bertukar ide dengan mereka serta memperoleh umpan balik mengenai apa yang bisa membuatmu menjadi seorang desainer grafis yang bahkan lebih baik lagi.

6. Ambil sebuah buku sketsa

buku sketsa uprint.id kemampuan desain grafis

Produk Uprint.id

Kamu memiliki lebih banyak kebebasan untuk berkutat dengan ide-idemu secara lebih baik dan cepat. Dengan buku sketsa tidak ada batasan-batasan seperti yang kamu temukan saat menggunakan software desain. Coba saja, kamu akan segera merasakan perbedaan besar antara mendesain dengan buku sketsa dan software desain.

7. Bepergian

kemampun desain grafis ditingkatkan

Bepergianlah ke kota-kota atau negara-negara lain untuk memperoleh inspirasi. Saat bepergian, kamu membuka pikiranmu untuk belajar banyak hal, terutama karya seni dan budaya setiap tempat yang kamu kunjungi karena kamu adalah desainer grafis.

Artikel lain: Klien, Jangan Pernah Mengucapkan 10 Hal Ini kepada Desainer Grafis!