Tidak sedikit orang yang merasakan ngantuk setelah makan. Mungkin Anda juga sering merasakannya, terutama setelah makan siang. Ngantuk merupakan hasil biokimia yang terjadi setelah makan. Rasa kantuk ini, bisa diakibatkan beberapa hal salah satunya adalah produksi hormon serotonin dan hormon melatonin. Meski hal seperti ini wajar, namun jika ini selalu terjadi maka akan mengurangi tingkat produktivitas Anda dalam bekerja. Berikut ini cara menyegarkan tubuh setelah makan agar tidak ngantuk.

1. Berhentilah Makan Sebelum Kenyang

cara menyegarkan tubuh 01 - berhentilah makan sebelum kenyang

Ada baiknya Anda mengatur porsi makan agar tidak terlalu kenyang yang mengakibatkan tubuh malas bergerak. Makan berlebih juga akan memicu rasa kantuk dan lemas yang berlebih. Sehingga tubuh kehilangan beberapa persen tingkat produktivitas. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk selalu minum air putih sebagai cara menahan rasa lapar yang tergantikan dengan cairan. Pasalnya, ketika perut berbunyi terkadang bukan mengharuskan Anda untuk makan. Melainkan mengharuskan minum air mineral yang cukup. Sebab, bunyi pada perut dikarenakan kurangnya pasokan oksigen dan cairan yang dibutuhkan oleh bagian perut. Jadi, janganlah setiap kali perut Anda bunyi, langsung memutuskan untuk makan.

2. Sarapan

cara menyegarkan tubuh 02

Kesalahan orang saat ini adalah mengabaikan sarapan, padahal sarapan sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, sarapan ternyata juga mampu menstabilkan tekanan makan berlebih saat siang hari. Untuk itu cobalah sempatkan pagi hari untuk sarapan, demi menjaga kesehatan dan konsentrasi saat bekerja.

Baca juga : 10 Makanan Khas Indonesia yang Bikin Orang Tergila-gila. Apakah Ini Menu Favorit Anda?

3. Berhati-hati Ketika Hendak Mengkonsumsi Buah

cara menyegarkan tubuh 03

Pada dasarnya, buah sangatlah baik untuk kesehatan. Namun, ternyata Anda juga harus berhati-hati ketika memilih buah untuk dikonsumsi. Cara menyegarkan tubuh setelah makan seperti ini ternyata dapat berpengaruh kepada perubahan hormon. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi buah, ada baiknya memperhatikan kandungan gula dan kombinasi nutrisi dengan makanan lain. Anda dapat menghindari buah yang memiliki kandungan gula berlebih, seperti mangga. Anda dapat mengganti buah-buahan yang memiliki kandungan gula banyak dengan beberapa sayuran hijau.

4. Memanfaatkan Teh Hijau

cara menyegarkan tubuh 04-mengkonsumsi-teh-hijau

Anda dapat juga mengkonsumsi teh hijau selain air mineral. Teh hijau tidak kalah bagusnya juga untuk pencernaan. Kandungan yang terdapat dalam teh hijau ternyata mampu meningkatkan enzim pencernaan yang dapat memecah kandungan protein. Teh hijau ini ternyata dapat meluruhkan lemak pada tubuh, sehingga dapat menekan rasa lapar yang berlebih. Kelebihan teh hijau juga dapat digunakan untuk program diet sehat dan bermanfaat.

5. Memperhatikan Menu Makanan

cara menyegarkan tubuh 05-memperhatikan-porsi-makan

Ketika hendak makan ada baiknya untuk memperhatikan menu makanan yang akan disantap. Sebaiknya Anda membatasi makan makanan dengan kandungan gula tinggi dan karbohidrat sedang. Ketika Anda membatasi makan makanan yang memiliki kandungan gula tinggi dan karbohidrat tinggi, maka akan menghindari dari kenaikan gula darah. Sebab, jika Anda hanya makan makanan dengan jumlah karbo sedang sudah cukup dapat diserap tubuh. Sebaliknya, Anda dapat mengkonsumsi menu dengan karbohidrat kompleks, seperti oat atau beras merah. Jangan lupa juga untuk mengimbangi dengan makanan berserat tinggi, protein, serta yang kaya vitamin dan mineral.

Baca juga : 12 Makanan untuk Diet Terbaik Bagi yang Ingin Mengecilkan Lingkar Pinggang

6. Banyak Bergerak

cara menyegarkan tubuh 06

Ketika sudah merasa ngantuk, Anda dapat mencoba beranjak dari meja kerja dan melakukan beberapa gerakan kecil. Misalnya berjalan ke meja teman Anda, dengan tujuan untuk mengambil sesuatu. Bahkan Anda dapat juga berjalan ke pantry hanya untuk mengambil minum atau menyeduh minuman lainnya.

7. Mengkonsumsi Air Mineral yang Cukup

cara menyegarkan tubuh 07-mengkonsumsi-air-mineral

Anda juga dapat mengatasi rasa ngantuk setelah makan dengan cara menyegarkan tubuh yang satu ini. Ternyata, minum air mineral yang cukup, akan meningkatkan oksigen dalam darah. Sehingga rasa kantuk sedikit-sedikit hilang.

Itulah beberapa cara menyegarkan tubuh setelah makan agar tidak ngantuk. Cara ini dapat Anda coba, terutama saat berada di tempat kerja. Dengan begitu, tingkat produktivitas Anda tidak akan terganggu akibat rasa kantuk tersebut.