ID card adalah kartu identitas, yang terdiri dari nama hingga foto pemilik kartu. Id card sering digunakan sebagai tanda pengenal karyawan di sebuah perusahaan, di setiap event, atau bahkan di instansi pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi. ID card sebuah perusahaan, umumnya difungsikan sebagai tanda pengenal hingga akses keluar masuk karyawan dan pengunjung.  Oleh sebab itu di setiap perusahaan disediakan dua jenis id card, yaitu id card visitor untuk pengunjung dan id card karyawan. Sedangkan di instansi pendidikan, id card biasanya disebut sebagai kartu pelajar dan kartu mahasiswa. Masing-masing jenis id card tersebut memiliki fungsi serta akses masuk ke beberapa fasilitas sekolah atau kampus. Jika Anda ingin melihat perbedaan id card untuk karyawan, panitia event, hingga mahasiswa atau siswa, silakan melihat contoh id card berikut ini.

Baca juga : Bikin ID Card Sekarang untuk Membentuk Kesan Perusahaan yang Profesional

Anda dapat mencoba membuat id card karyawan dengan menambahkan foto, nama pemilik, serta divisi karyawan tersebut. Untuk id card pelajar serta mahasiswa, yang harus diperhatikan adalah foto, nama pemilik, serta nomor induk siswa atau mahasiswa. Berbeda dengan contoh id card untuk panitia event. Pada id card untuk panitia, Anda harus menampilkan nama, foto, dan keterangan bahwa orang tersebut adalah bagian dari tim panitia event.

contoh id card 02 - id card karyawan contoh id card 03 - id card panitia

contoh id card 01 - id card sekolah

Selain itu, ada hal yang harus diperhatikan, sebelum Anda membuat id card karyawan yaitu mencantumkan logo perusahaan. Sebab, itulah yang membedakan identitas antara perusahaan Anda dengan yang lain, jika dalam satu gedung terdiri dari beragam perusahaan. Namun jika hanya ada satu perusahaan tapi memiliki banyak divisi, yang harus dibedakan adalah keterangan divisi dari masing-masing karyawan.

Baca juga : Mudahnya Membuat ID Card Sesuai dengan Design Sendiri

desain id card 08

Jika Anda ingin mencetak id card dengan proses yang cepat dan mudah dilakukan. Pilihan yang tepat adalah Uprint.id. Anda dapat mencetak secara online tanpa harus datang ke percetakan. caranya mudah, Anda dapat memesan langsung di website Uprint.id. Setelah itu, klik menu stationaries dan pilih id card. Selain kemudahan yang didapat, Anda juga bisa mencetak id card dengan bahan selain standard yaitu bahan silver metalic dan hologram. Sehingga id card yang Anda cetak akan berkesan lebih elegan dan keren. Id card dengan bahan seperti ini cocok digunakan untuk kartu identitas karyawan, karena akan lebih menonjolkan perusahaan yang profesional. Selain itu, akan memunculkan kesan bahwa perusahaan juga memperhatikan penampilan karyawannya.

Berikut ini, skema harga untuk mencetak id card di Uprint.id. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lainnya, silakan menghubungi tim CS Uprint.id di nomor yang tertera pada website.

Bikin ID card