Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Contoh surat resmi – Surat resmi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, seperti untuk individu, instansi, maupun organisasi. Surat resmi sering kali digunakan ketika hendak memberikan informasi penting yang bersifat tertutup. Sebelum Anda membuat surat resmi, ada baiknya mengetahui fungsi surat terlebih dahulu. Seperti berikut ini fungsi surat dan beberapa contoh surat resmi.

contoh-surat-resmi-05

1. Fungsi Surat

  • Dokumen tertulis. Bagi beberapa instansi yang mendapatkan surat resmi tertulis, maka itu termasuk ke dalam kategori dokumen tertulis. Meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan surel atau surat elektronik, namun surat resmi yang menggunakan tulisan tangan lebih dapat keabsahan sebuah dokumen.
  • Pedoman kerja. Bagi beberapa perusahaan ketika mempekerjakan seorang karyawan harus menyertakan kontrak kerja yang harus diberikan kepada karyawan dan perusahaan. Nah, kontrak kerja ini termasuk ke dalam contoh surat resmi yang sering dijumpai saat Anda bekerja di sebuah perusahaan resmi.
  • Sarana komunikasi. Meskipun saat ini semua serba dipermudah, namun kehadiran surat resmi masih selalu digunakan. Contohnya ketika ingin memberikan pengumuman, hingga surat dinas di sebuah instansi pemerintahan.
  • Bentuk Perwakilan. Surat resmi juga dapat dijadikan sebagai perwakilan antara pemberi surat dengan penerima surat. Misalnya, ketika penerima ditunjuk untuk melakukan perjalanan dinas ke sebuah kota, maka surat itu menjadi perwakilan dari atasan kepada karyawan.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang menjadi fungsi surat resmi, sekarang saatnya Anda mengetahui ciri-ciri dari surat resmi. Seperti berikut ini, ciri-ciri surat resmi yang harus diketahui.

Baca juga : Buatlah Kop Surat Agar Surat Lebih Resmi. Klik Disini!

1. Surat menggunakan bahasa baku.

2. Terdapat kop surat.

3. Tanggal surat dan alamat tujuan.

4. Memiliki nomor pengarsipan.

5. Hal pemberitahuan mengenai isi surat.

6. Harus di tanda tangani dan dibubuhkan stempel instansi atau perusahan.

7. Terdapat tembusan surat bila perlu.

Dalam membuat surat resmi, Anda juga harus mengetahui unsur-unsur bagian dari surat resmi. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari surat resmi sebelum membuatnya. Berikut ini bagian penting dalam sebuah surat resmi beserta penjelasannya.contoh-surat-resmi-02

  • Kepala surat atau kop surat

Ketika ingin menulis surat resmi, yang harus diperhatikan adalah bagian kepala surat atau kop surat. Ini merupakan unsur atau bagian surat terpenting dan harus dicantumkan. Sebab, kop surat merupakan tanda pengenal bagi instansi atau organisasi yang mengirimkan surat tersebut. Dengan begitu pembaca dapat mengetahui dengan mudah dari mana surat itu berasal. Bagian-bagian ini harus Anda cantumkan di kop surat, seperti nama lembaga atau instansi, alamat lengkap perusahaan atau instansi, nomor telepon atau email, kode pos, dan logo perusahaan atau lembaga. Buatlah kop surat dengan informasi secara terperinci.

  • Isi surat

Dalam menuliskan sebuah surat, yang harus diperhatikan juga adalah saat menuliskan isi surat. Perhatikan penggunaan kalimat hingga tanda baca yang jelas. Sebab ini merupakan surat resmi, pastikan sebelum memberikan harus sesuai dengan struktur kalimat yang baik dan benar atau sesuai dengan EYD.

Baca juga : 5 Alasan Pentingnya Amplop dan Kop Surat Pada Business Kit

  • Penutup Surat

Setelah isi surat jangan lupa untuk menuliskan penutup surat. Ini biasanya berisikan ucapan terima kasih atas waktunya setelah membaca surat Anda. hal ini harus dilakukan, sebab akan lebih menghargai dan menghormati si pembaca surat tersebut.

Setelah susunan dari surat resmi Anda ketahui, sekarang saatnya untuk mengetahui jenis-jenis surat resmi yang sampai saat ini masih digunakan. Seperti surat dinas, surat keputusan, surat pemerintah, surat pengumuman, surat tugas, surat instruksi, surat kuasa, dan surat pengantar. Agar lebih jelasnya, berikut ini contoh surat resmi yang dapat dijadikan panduan sebelum menuliskannya.

2. Jenis-jenis Surat

A. Contoh Surat Resmi Pengumuman

contoh-surat-resmi-03-surat-pengumuman

B. Contoh Surat Resmi Sekolah

contoh-surat-resmi-01

C. Contoh Surat Resmi Himbauan

contoh-surat-resmi-04

itulah beberapa contoh surat resmi yang dapat Anda jadikan panduan sebelum menuliskan surat. Pastikan menulisnya dengan struktur surat yang baik dan benar. Selain itu, diingatkan kembali dalam pemilihan dan penggunaan kalimat serta tanda baca. Selamat mencoba!