Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan mapan dengan kualitas terbaik, harus memiliki skill terbaik juga. Selain skill dalam bidang pekerjaan, Anda juga harus memiliki skill dalam menulis CV kerja. Sebab HRD sebuah perusahaan dapat menilai apakah Anda sesuai dengan pekerjaan yang dilamar atau tidak.

Untuk itu, Anda harus menuliskan 6 point di dalam cv kerja agar menjadi menarik perhatian HRD. Seperti berikut ini.

1. Memilih Template yang Menarik

cv-kerja-01-template-menarik

Tidak hanya website saja yang memerlukan template menarik, melainkan cv kerja juga. Jika Anda ingin mencuri daya tarik HRD, cobalah membuat cv kerja dengan menggunakan template yang menarik. Semakin besar perkembangan zaman, dapat mempermudah Anda membuat beberapa dokumen penting menjadi lebih menarik. Maka, jangan buang kesempatan. Gunakanlah fasilitas yang sudah tersedia secara online. Dalam membuat cv kerja, banyak aplikasi yang menyediakan ragam template menarik secara gratis. Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga : Etika Mengirim Email yang Disukai HRD. Siap-siap Panggilan Interview Nih!

2. Mencantumkan Data Diri Secara Ringkas

cv-kerja-02-meringkas-data-diri

Dalam membuat cv kerja, jangan lupa untuk mencantumkan data diri dengan lengkap secara ringkas. Gunakanlah kata-kata terbaik yang menggambarkan diri Anda yang sebenarnya, lalu kaitkan dengan posisi yang sedang dicari oleh perusahaan. Selain mengisi nama, tempat dan tanggal lahir, selipkan informasi mengenai prestasi yang pernah diraih saat kuliah dulu. Prestasi ini bisa pula dijadikan highlight di bagian bawah personal summary agar lebih mudah dilihat. Anda juga harus memperhatikan penyusunan kata-kata dalam menulis cv. Susun kata-kata secara ringkas, padat dan menarik untuk dibaca.

3. Menonjolkan Kemampuan Diri

cv-kerja-03-menonjolkan-kemampuan-diri

Dalam membuat cv kerja, Anda harus menonjolkan kemampuan diri dalam ragam hal yang sesuai dengan posisi pekerjaan. Misalnya, jika Anda ingin melamar pekerjaan sebagai admin, maka yang harus dilakukan menuliskan kelebihan dalam bidang tersebut. Sebagai admin perkantoran, Anda dituntut untuk mampu mengoperasikan komputer serta fitur pendukung lainnya. Untuk itu, jika Anda masih belum memiliki skill tambahan, tidak ada salahnya jika masih mengikuti pelatihan-pelatihan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat mencantumkan kemampuan diri lebih percaya diri.

4. Mendeskripsikan Pengalaman

cv-kerja-04-mendeskripsikan-pengalaman

Dalam menuliskan cv kerja, Anda harus mendeskripsikan pengalaman kerja. Biasanya pelamar menuliskan dalam bentuk daftar mulai dari nama perusahaan, tahun mulai dan berhenti bekerja, hingga alasan resign. Jika Anda mendeskripsikan pengalaman kerja dengan jelas dan ringkas, maka perusahaan akan lebih mudah menilai diri calon pelamar.

5. Berfokus pada Tujuan

cv-kerja-05-fokus-pada-tujuan

Tidak hanya dalam bekerja saja yang berfokus pada tujuan, melainkan dalam menuliskan cv kerja juga harus berfokus dengan tujuan. Jangan pernah berfokus dengan keuntungan yang ingin didapatkan dari perusahaan. Namun cobalah untuk berfokus pada tujuan yang akan Anda berikan kepada perusahaan. Sehingga dapat bermanfaat bagi perusahaan dan para karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Baca juga : Contoh Desain CV Kreatif yang Dapat Dijadikan Referensi Sebelum Membuatnya

6. Menyampaikan Secara Cepat

cv-kerja-06

Susun informasi dalam cv secara runtut. Mulai dari data diri, pendidikan, pengalaman, skills dan seterusnya. Buatkan resume yang dapat menggambarkan diri Anda, sehingga HRD dan CEO dapat membayangkan seberapa besar kontribusi Anda di perusahaan nanti lewat resume yang dituliskan. Sebab cv akan dibaca oleh HRD dan CEO perusahaan. Untuk itu jangan membuat tulisan yang bertele-tele agar tidak membingungkan pembaca.

Itulah 6 point cv kerja yang dapat menarik perhatian HRD. Anda dapat menggunakan keenam point ini dalam cv. Pastikan semuanya, dipersiapkan secara matang dan paten. Sehingga cv kerja Anda memiliki bobot tersendiri.