Ide kemasan yang ramah lingkungan kini semakin digandrungi para pelaku usaha. Salah satunya mereka yang ingin membranding produknya sebagai produk ramah lingkungan. Biasanya ada kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi produk ramah lingkungan seperti bahan pembuatan hingga kemasannya. Jika kamu memiliki ide kemasan yang ramah lingkungan dapat melihat beberapa jenis kemasan berikut.

1.      Kemasan Bahan Kraft

Dus-Kupu2-Kraft-Polos

Ide kemasan yang pertama adalah jenis kemasan berbahan kraft. Seperti yang kamu ketahui bahan kraft ini adalah jenis bahan daur ulang yang dapat digunakan kembali. Biasanya jenis kemasan ini memiliki satu warna saja yaitu coklat atau abu-abu. Namun ternyata ada banyak pilihan warna yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat membeli kemasan bahan kraft ini di Uprint.id tokopedia. Terdapat dua kemasan menggunakan bahan kraft yaitu kemasan kue dan dus nasi. Kedua kemasan ini terbuat dari bahan kraft yang sudah pasti ramah lingkungan. Masing-masing kemasan memiliki ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

2.      Menggunakan Tas Spunbond

Jika selama ini kemasan menggunakan tas plastik, maka kamu dapat mencobanya dengan menggunakan tas spunbond. Bahn yang digunakan merupakan serat kain plastik, namun sudah teruji aman untuk digunakan. Selain itu memiliki kelebihan jauh lebih kuat daripada kertas, dan dapat dicuci kemudian digunakan kembali. Jenis tas spunbond ini banyak digunakan di supermarket atau bahkan minimarket. Harga dari tas spunbond ini relatif lebih ekonomis, sebagai pemula dalam hal usaha kamu dapat membelinya dan menggunakan tas spunbond ini sebagai kemasan. Agar lebih menarik kamu dapat mencetak logo atau slogan di bagian depan tas spunbond. Jangan lupa juga untuk memilih ukuran yang cocok sebagai kemasan.

Baca juga : Mudahnya Menggunakan Kemasan Siap Pakai untuk Usaha

3.      Menggunakan Tote Bag

Tidak jauh berbeda dengan tas spunbond, tote bag ini terbuat dari bahan katun, canvas, atau bahkan goni. Kelebihan dari tote bag ini adalah, kamu dapat menggunakan sebagai kemasan dan dapat digunakan berulang-ulang. Bahkan kamu dapat mencuci tas kembali jika sudah mulai terlihat kotor. Karena bahan pembuatannya berbeda dari tas spunbond maka harga yang ditawarkan juga sudah pasti berbeda. Namun jika dilihat dari penggunaannya, akan lebih tahan lama digunakan. Jika kamu ingin membuat kemasan yang berbeda dapat mencetak tote bag di Uprint.id dengan desain sendiri. Akan jadi berbeda jika disertakan dengan logo dan slogan di bagian depannya. Atau bahkan kamu dapat menggunakan macam-macam gambar unik dan lucu. Karena seperti yang kita ketahui tote bag juga digunakan tidak hanya pada saat belanja saja.

4.      Menggunakan Kemasan Kaca

Jenis kemasan dengan menggunakan kaca memang jarang ada, kecuali untuk mereka yang memproduksi produk dengan kualitas tinggi dan mahal. Ide kemasan kaca ini dapat digunakan untuk kau yang membuka usaha dalam bidang makanan ringan seperti kue-kue, atau snack sehat, dan minuman-minuman. Ada beberapa pemilik usaha minuman sehat mereka menggunakan jenis kemasan dengan bahan kaca. Karena mereka sangat menjaga kualitas dari produk serta botol dapat digunakan kembali untuk wadah lainnya. sebagai contoh botolnya dapat digunakan sebagai wadah tanaman atau pot. Kemasan kaca ini akan menjadi lebih menarik jika kamu memberikan logo di bagian depannya. Tuliskan nama dan icon dari produk.

Baca juga : Macam-macam Desain Kemasan Corrugated Box

5.      Kemasan Kayu

Ide kemasan ramah lingkungan yang lain adalah kayu. Sangat cocok jika kamu memiliki bisnis berupa bumbu-bumbu masak, teh, dan bubuk-bubuk kering lainnya. karena kemasan kayu ini dapat digunakan sebagai kemasan produk bubuk. Berbeda dengan kemasan kaca yang dapat digunakan untuk produk basah dan kering. Memang harga yang dikeluarkan akan lebih mahal namun jika dilihat lebih jauh, jangka panjang penggunaanya dapat menghemat uang. Karena pembeli dapat menggunakan kemasannya kembali sebagai wadah bumbu lainnya.

Beberapa ide kemasan ramah lingkungan di atas adalah sebagian contoh kecil dari berbagai kemasan. Kamu dapat mencarinya secara online dan temukan tas spunbond,tote bag, kemasan bahan kraft di Uprint.id tokopedia.