Kemasan makanan yang praktis menjadi salah satu keunggulan tersendiri jika Anda ingin membuka usaha dalam bidang kuliner. Satu hal yang terpenting adalah pemilihan bahan serta ukuran dan desain yang tepat untuk kemasan makanan. Terutama jika Anda memutuskan membuka usaha kuliner dengan bahan dasar nasi dan beberapa lauk. Harus diperhatikan apakah bahan untuk kemasan ini aman atau tidak, dan apakah akan menampung makanan dengan baik. Sehingga tidak terjadi kebocoran.

Oleh sebab itu, memilih kemasan makanan harus menjadi prioritas utama sebelum memutuskan untuk membuka usaha kuliner. Seperti beberapa jenis desain kemasan makanan yang praktis berikut ini.

1.      Kemasan atau Dus Kue Kupu-kupu

Jenis kemasan makanan seperti ini sangat menarik untuk digunakan. Bentuknya yang simple serta penggunaannya mudah sehingga sangat tepat untuk digunakan. Desain kemasan dus kupu-kupu ini dapat dibilang unik, karena tutupnya yang menyerupai sayap kupu-kupu dan mudah dibuka dan ditutup. Kemasan makanan seperti ini sangat cocok digunakan untuk berbagai macam acara seperti untuk kemasan kue kering dan kemasan kue untuk usaha. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap, silahkan mengunjungi toko online kami di Tokopedia apabila Anda ingin membeli produk yang sudah jadi. Tersedia berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2.      Kemasan atau Dus Nasi Bermotif

Seperti yang kita ketahui kemasan nasi selalu memiliki motif yang biasa saja. Seperti adanya tulisan selamat menikmati, atau motif bunga di bagian tutup namun sekarang Uprint.id menghadirkan kemasan nasi atau dus nasi dengan motif yang cantik dan berbeda dari biasanya. Tutup dan wadahnya memiliki desain motif serupa, sehingga sangat cantik untuk dijadikan hantaran atau bingkisan setelah acara. 

Jika Anda ingin mendirikan usaha kuliner, dapat menggunakan kardus makanan atau kardus nasi bermotif seperti ini. untuk pembelian, dapat dilakukan secara online di Tokopedia. Sebab sudah tersedia produk yang sudah jadi dan hanya perlu membeli sesuai dengan yang diperlukan. Sangat memudahkan konsumen, hanya pesan dari rumah seperti belanja online pada umumnya. Tanpa perlu memikirkan desain, karena dus makanan atau nasi bermotif ini sudah disertakan dengan desain.

Baca juga : Kotak Kue Cantik Untuk Kemasan Cemilan Hari Raya

3.      Kemasan Rice Box

Makanan cepat saji dengan menu masakan rumahan saat ini sedang hits di kalangan masyarakat. Terutama mereka yang bekerja di kantoran. Jenis kemasan makanan ini sangat praktis digunakan dan ukurannya yang tidak terlalu besar, sehingga sangat memudahkan konsumen untuk memegangnya. Jika Anda ingin membangun usaha makanan rumahan, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis kemasan makanan seperti ini. bentuknya yang ramping, dan dapat menyesuaikan porsi atau takaran makanan yang akan disajikan. Selain itu Anda tidak perlu memisahkan lauk dengan nasinya, cukup dicampur jadi satu saja. Sebab, kemasan makanan seperti rice box ini mampu menampung menu makanan di dalam wadah.

4.      Kemasan Makanan Susun

Jenis kemasan seperti ini sudah pasti sangat jarang terlihat. Namun ini dapat menjadi inovasi Anda sebelum memutuskan untuk membangun bisnis kuliner. Kelebihan dari kemasan susun ini adalah, Anda dapat mengemas menu yang berbeda di setiap kemasan. Namun kerugian menggunakannya adalah kemasan makanan susun ini lebih berukuran kecil dan tidak bisa diisi terlalu banyak. Kemasan susun juga terlihat lebih kuat, karena menggunakan tali yang kuat untuk mengikat satu wadah dan wadah lainnya.

Baca juga : Ciri-ciri Kemasan Produk yang Menarik Konsumen

5.      Kemasan Makanan Rice Bowl

Kemasan seperti ini sangat cocok digunakan untuk jenis usaha makanan non kuah atau berkuah. Sebab bahan yang digunakan anti air dan anti bocor. Oleh sebab itu tidak sedikit yang menggunakan jenis kemasan makanan seperti ini. terutama mereka yang memiliki bisnis makanan berkuah atau makanan berminyak. Kemasan seperti ini memiliki berbagai ragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Itulah beberapa jenis kemasan makanan yang praktis dan dapat digunakan untuk berbagai acara atau untuk bisnis kuliner. Kemasan yang praktis dan memudahkan konsumen adalah jenis kemasan yang banyak diinginkan konsumen. Jangan lupa untuk memberikan logo atau pun slogan di kemasan.