Diela Maharanie, siapa yang tidak kenal sosok ilustrator yang satu ini. Karyanya semakin hari semakin mantap dan mendunia. Bagi para pengguna media sosial seperti instagram, pasti sudah tidak asing dengan stiker berbentuk love yang ternyata merupakan hasil karya dari Diela Maharanie. Wanita usia 33 tahun ini, awalnya merupakan akuntan pada sebuah perusahaan yang ada di Jakarta. Bahkan, ia tidak memiliki dasar bidang ilustrasi. Semua ia kerjakan secara otodidak atau manual. Semangatnya untuk terus berlatih tidak sia-sia. Hingga akhirnya ia mendapatkan ciri khas dari gambarnya tersebut. Memang jika dilihat, gambar yang dihasilkannya memiliki unsur wanita dengan permainan warna yang cerah dan gambar yang menarik. Maka, tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan hasil karya beliau.

ilustrator-diela-maharanie-01

ilustrator-diela-maharanie-06

Bahkan pada kesempatan lain, ia diusung untuk menjadi ilustrator dalam pembuatan merchandise giant statue sale untuk Adidas Indonesia. Sungguh prestasi yang luar biasa bagi dirinya sebagai ilustrator Indonesia. Selain itu, gambarnya juga terpilih untuk ajang pameran South East South West (SESW) di Austin, Amerika Serikat, tahun 2010 lalu. Dalam mencari inspirasi, bagi Diela bukanlah hal yang terlalu sulit. Semua karena kecintaannya terhadap dunia seni menggambar. Tapi ia tetap melakukan observasi dengan membaca banyak referensi, melihat karya orang lain, menonton video dan juga lewat film. Selain itu, ada yang unik darinya. Ia mengaku memiliki jam produktif sendiri untuk menggarap karya-karyanya.

Baca juga : 4 Tips Adobe Illustrator untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja

ilustrator-diela-maharanie-02

ilustrator-diela-maharanie-04

Bagi Diela Maharanie, mengerjakan pekerjaan sebagai ilustrator tidak pernah ada kendala. Sebab, ia melakukannya dengan penuh suka dan bahagia. Selain itu, ia juga sangat mencintai pekerjaannya tersebut. Menurutnya yang menjadi tantangan terbesar adalah adanya ilustrator baru, yang bahkan jauh lebih bagus gambarnya dibandingkan dia. Namun, itu semua tidak menghambat keinginannya untuk terus maju dan berkembang. Bahkan itu semua di jalaninya dengan adil alias bersaing sehat. Cara yang digunakannya adalah melatih kemampuan menggambarnya hingga memperbarui portofolio di berbagai media online, seperti instagram dan wadah ia mengumpulkan karya-karyanya. Beliau juga berbagi tips untuk para ilustrator pemula. Jangan pernah membuang waktu untuk hal yang tidak berguna. Sebaiknya teruslah berlatih jika ingin memiliki ciri khas tersendiri. Sebab, ciri khas didapat ketika rutin bahkan selalu berlatih dengan giat.

ilustrator-diela-maharanie-03

Hal seperti ini tidak hanya berlaku untuk para ilustrator saja, melainkan semua pekerja seni yang ingin memiliki ciri khas harus terus berlatih. Tips ini juga digunakan oleh dirinya, dan ternyata semua orang sudah mengenal hasil karyanya hanya dengan sekali melihat coretannya. Selain itu, Diela Maharanie juga memiliki kemampuan lain, yaitu dalam bidang kristik. Ia juga sering menuangkan idenya ke dalam desain kristik. Pemilihan warna yang tepat dalam memadukannya, membuat semua hasil karyanya baik di kertas, di media digital, hingga di kain akan memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga : Cerita Sang Ilustrator Ayang Cempaka “Tidak Ingin Menjadi Seniman”

Hal tersulit dalam menggambar bagi sebagian orang termasuk pemula adalah dalam pemilihan warna. Namun berbeda dengan dirinya yang sangat mudah dalam memilih warna. Ini tentunya dengan terus berlatih, sehingga ia peka terhadap warna apa saja yang cocok jika dipadukan dengan warna lainnya. Ia juga membongkar rahasianya ketika mendapatkan inspirasi menggambar. Inspirasi yang ia dapat dari musik, film, dan buku. Buku yang bergenre fantasi lebih ia sukai. Sedangkan musik sama tontonan menurutnya sangat variatif.

ilustrator-diela-maharanie-05

Itulah sepenggal kisah inspiratif dari Diela Maharanie yang menginspirasi para ilustrator muda berbakat. Pastikan Anda selalu menerapkan dan mengambil tips yang sudah diberikan. Jangan lupa juga untuk selalu mencari inspirasi dan menuangkannya dalam bentuk visual. Bahkan, Anda dapat juga menyerahkan gambar-gambar tersebut untuk mengikuti beberapa perlombaan. Dengan begitu, perlahan peluang untuk berkarya semakin luas. Selamat berlatih dan mencoba!