Wanita memiliki kebutuhan nutrisi harian yang berbeda untuk pria. Oleh karena itu diet yang harus dilakukan pun berbeda dengan pria. Berikut ini tim Uprint.id akan membagikan ide mengenai tips diet sehat dan seimbang bagi wanita. Tapi sebelumnya, sudahkah sahabat Uprint.id tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan ‘diet seimbang’?

diet sehat dan seimbang enak

The Eatwell Guide mendefinisikan diet sehat dan seimbang sebagai diet yang memungkinkan kita untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan, namun dengan proporsi tertentu. Oleh karenanya kita harus tahu beberapa aturan sederhana yang harus diikuti, seperti makan minimal lima buah dan sayuran dalam sehari, termasuk gandum utuh dan mengkonsumsi lebih banyak ikan, unggas, dan kacang-kacangan, mengurangi daging merah dan memilih makanan rendah lema dan rendah gula. Tapi itu baru sebagian cara, simak terus panduan kami untuk makan sehat sepanjang waktu.

Baca juga: Pilihan Makan untuk Diet Golongan Darah A

1. Sarapan

diet sehat dan seimbang sarapan

Mulailah metabolisme Anda dengan memasukkan protein saat sarapan, Anda dapat memilih telur, salmon, daging tanpa lemak atau susu. Kita membakar lebih banyak kalori dari proses mencerna protein daripada karbohidrat, oleh sebab itu jika sarapan Anda lebih banyak mengandung protein akan meningkatkan metabolism. Selain itu protein membuat Anda kenyang lebih lama, Anda akan makan lebih sedikit kalori setelahnya. Membuat sarapan protein tidak perlu ribet kok. Buat saja roti panggang dengan telur dadar, irisan salmon asap atau daging tanpa lemak. Bahkan jika Anda memiliki lebih banyak waktu, Anda bisa membuat omelette sayur. Apapun itu, jangan lewatkan sarapan karena bisa menyebabkan gula darah Anda turun dan merasa lemas. Hingga akhirnya bisa membuat Anda memilih makanan yang salah di jam-jam berikutnya. Ingat sarapan memberi kontribusi penting terhadap asupan harian Anda, juga memainkan peran utama dalam menjaga berat badan yang sehat.

Baca juga: 12 Makanan untuk Diet Terbaik Bagi yang Ingin Mengecilkan Lingkar Pinggang

2. Camilan pagi

diet sehat dan seimbang cemilan pagi

Menunggu jam makan siang memang terasa lama bagi sebagian orang. Itulah kenapa banyak sekali wanita doyan ngemil di sela-sela mengerjakan pekerjaan kantor atau rumah tangga. Jika Anda termasuk yang suka ngemil, mulai perhatikan asupan cemilan tersebut. Tukarlah cemilan pagi Anda yang tidak sehat dengan roti gandum yang diolesi selai kacang atau kacang almond dan pisang, atau saus lezat dengan beberapa sayuran.

3. Makan siang

diet sehat dan seimbang makan siang

Buatlah makan siang yang berisi campuran protein tanpa lemak dan karbohidrat. Makanan kaya karbohidrat menyuplai energi, tanpa karbohidrat yang cukup Anda bisa saja merasa lemas di sore hari. Kuncinya adalah memilih karbohidrat yang menghasilkan kenaikan gula darah yang stabil. Maksudnya hindari nasi dan pilih serat gandum utuh yang lebih mengenyangkan dan sehat. Anda bisa membuat sandwich dari roti gandum yang diisi dengan salmon, ayam atau produk susu rendah lemak, serta banyak salad, atau pilih roti panggang wholegrain dengan kacang panggang.

4. Cemilan Sore

diet sehat dan seimbang cemilan sore

Saat sore hari, puaskan keinginan Anda dengan sesuatu yang manis dan kebutuhan akan energi dengan mengkonsumsi buah-buahan. Sejumlah buah kering yang dikombinasikan dengan kacang atau biji yang tidak diasinkan memberikan protein dan lemak yang sehat untuk membuat Anda tetap kenyang hingga waktunya makan malam. Jus juga alternatif yang bagus, tapi jangan berikan pemanis tambahan ya.

5. Makan Malam

diet sehat dan seimbang makan malam

Jangan membatasi karbohidrat di malam hari. Makanan rendah lemak dan kaya serat membantu Anda bersantai di malam hari. Kombinasikan mereka dengan beberapa lemak esensial sehat, yang Anda temukan dalam ikan berminyak seperti salmon, mackerel dan sarden serta kacang, biji dan minyaknya. Tubuh Anda menggunakan lemak sehat ini bersama dengan protein untuk regenerasi dan perbaikan sel-sel di malam hari, sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Isi setengah piring Anda dengan berbagai sayuran atau salad berwarna-warni, taburi dengan minyak wijen dan tambahkan daging, ikan atau kacang.

Ternyata diet sehat dan seimbang tidak menyiksa kan? Masih tetap bisa makan enak, namun dengan porsi yang sesuai aturan. Selamat diet ya.