E-money adalah uang elektronik yang dapat berfungsi untuk beberapa transaksi. Salah satunya untuk pembayaran tol serta transportasi. Seperti yang diketahui, e-money hanya digunakan untuk transportasi saja. Ada banyak fungsi lainnya yang bisa digunakan dari e-money itu. Seperti beberapa fungsi berikut ini.

1. Memberikan Kemudahan

desain-emoney-01
printaholic.co.id

Dengan menggunakan e-money, kemudahan transaksi semakin bertambah. Anda hanya perlu memberikan kartu di kasir, dan pembayaran segera berlangsung. Berbeda dengan penggunaan kartu debit. Kalau kartu debit Anda perlu memasukan pin untuk transaksi. Namun, dengan menggunakan e-money pihak kasir hanya menempelkan kartu pada mesin dan transaksi diproses.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Kartu E-Money

2. Tidak Menunggu Uang Kembalian

desain-emoney-03
94nesha.com

Dengan menggunakan e-money, Anda dapat membayar total belanja sesuai dengan hitungan. Dengan begitu, Anda tidak akan menunggu uang kembalian setelah berbelanja. Selain itu, dapat meminimalisir banyaknya uang receh di dompet atau saku Anda.

3. Mudah Diaplikasikan

desain-emoney-06
shopee.co.id

Seperti yang dibahas sebelumnya, e-money dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti pembayaran transportasi, pembayaran tol, belanja harian di minimarket atau supermarket, parkir, bahkan untuk membeli makanan cepat saji. Semua dapat dilakukan dengan menggunakan e money.

Tidak hanya memiliki banyak fungsi, melainkan ada beberapa keuntungan yang didapat saat menggunakan e money. Seperti keuntungan berikut ini.

1. Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

desain-emoney-05
tokome.id

Jika selama ini ANda selalu membawa uang tunai, dan membuat dompet gendut. Kini saatnya beralih menggunakan e money. Anda hanya perlu memberikan kartu ke kasir, dan belanjaan sudah terbayar.

2. Transaksi Menjadi Akurat

desain-emoney-02
lazada.co.id

Saat membayar, tidak perlu khawatir sebab pembayaran akan lebih akurat. Dengan adanya mesin penghitung, transaksi tidak perlu diragukan. Bahkan nominal yang dibayarkan sesuai tanpa ada yang dilebihkan.

3. Transaksi Lebih Cepat

desain-emoney-04
dirunapoint.com

Sudah dipastikan, transaksi menggunakan e money akan lebih cepat dibandingkan pembayaran tunai. Anda tidak perlu menunggu uang kembalian setelah bertransaksi. Selain itu, lebih memudahkan konsumen lain tanpa harus menunggu lama dari transaksi Anda.

Baca juga : 5 Tips Menggunakan Kartu E-Money secara Aman

4. Dapat Mencatat Transaksi Langsung

desain-emoney-08
kellysandco.com

Mesin untuk e money, dapat mencatat ragam transaksi ketika Anda menggunakannya. Sama halnya saat menggunakan kartu debit, secara langsung struk pembayaran akan menjadi rekam jejak transaksi.

Dengan adanya keuntungan tersebut, semakin banyak orang menggunakannya. Dengan teori “cashless” membuat semua orang beralih menggunakan uang elektronik. Sekarang uang elektronik dapat dicetak dengan desain sendiri atau personalisasi. Sangat cocok digunakan untuk pribadi, kebutuhan karyawan, atau dijadikan souvenir perusahaan kepada klien. Pemberian souvenir ini sangat bermanfaat dan berguna bagi pemiliknya. Anda dapat mencetaknya di  Uprint.id. Dengan desain sendiri atau personalisasi, uang elektronik semakin menarik.