Mendengar kalimat kartu nama, yang terbayang dalam pikiran adalah kertas kecil berisi informasi. Meski terlihat ketinggalan zaman, namun kartu nama ini merupakan bagian terpenting terutama dalam dunia bisnis. Semua orang yang ingin memperkenalkan bisnis mereka adalah dengan menggunakan kartu nama. Jika Anda ingin mencetak kartu nama, ada baiknya untuk mengetahui fungsi serta manfaat yang akan didapat. Seperti berikut ini fungsi dan manfaat kartu nama yang perlu diketahui.

1. Personal Branding yang Esklusif

fungsi-dan-manfaat-kartu-nama-04

Fungsi dan manfaat kartu nama adalah sebagai personal branding yang eksklusif. Dengan kata lain, diri Anda dan nilai profesionalitas menjadi yang utama. Ketika sudah memiliki kartu ini, maka calon konsumen dapat kepercayaan lebih terhadap diri Anda. setidaknya rasa ragu di awal, akan dapat berubah menjadi rasa percaya. Terutama saat Anda menunjukan kartu nama yang menjelaskan diri dengan singkat dan jelas.

Baca juga: Cetak Kartu Nama dengan Mudah dan Cepat Hanya Sekali Klik di Sini!

2. Profil Diri

Si kecil tipis ini juga berfungsi sebagai profil diri. Sebab dalam kartu nama terdapat informasi diri si pemilik yang lengkap dan detail namun disajikan dengan singkat. Penyampaian identitas diri merupakan hal yang sangat penting, karena terkait status seseorang dalam suatu pekerjaan yang disampaikan kepada orang lain. Untuk itu, kartu identitas dapat menjadi satu bukti ketika ingin meyakinkan calon klien dan lain sebagainya. Bahkan, hanya dari kartu nama, calon klien akan dengan mudah mencari tahu kebenaran mengenai perusahaan yang tercantum.

3. Informasi Perusahaan

fungsi-dan-manfaat-kartu-nama-05

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, kartu nama juga memiliki fungsi dan manfaat bagi pemilik dan penerima. Untuk pemilik, dengan menggunakan kartu nama akan memiliki manfaat yaitu dapat dipercaya walau tidak mudah. Sedangkan untuk penerima kartu nama, mereka dapat dengan mudah mengetahui kebenaran perusahaan dan posisi Anda sebagai pemilik kartu nama tersebut.

4. Profesionalitas

fungsi-dan-manfaat-kartu-nama-06

Siapa pun itu, yang menggunakan kartu nama akan cenderung lebih terlihat profesional. Ini juga merupakan fungsi dan manfaat kartu nama yang harus diketahui. Ini merupakan salah satu kegunaan yang memberikan gambaran jelas terhadap seseorang yang mempunyai kartu nama. Hal ini akan memiliki poin tambah bagi seorang yang bekerja dengan nilai dan value pekerjaan yang baik. Dengan begitu, akan lebih menunjukan bahwa Anda seseorang yang profesional.

Baca juga : Jenis-jenis Kertas Kartu Nama yang Wajib Diketahui Sebelum Menggunakannya

Itulah fungsi dan manfaat kartu nama yang perlu Anda ketahui. Kartu nama bagi seorang pebisnis, baik itu owner mau pun karyawan terutama marketing sangatlah penting. Untuk itu hampir seluruh pebisnis yang profesional pasti memiliki kartu nama. Bahkan ada juga yang memiliki beberapa jenis desain kartu nama atau beberapa jenis kartu nama berdasarkan fungsinya. Fungsi kartu nama juga bisa sebagai salah satu sarana promosi yang efektif untuk perusahaan atau pun usaha jasa perseorangan. Untuk mengingatkan kembali layanan maupun pesan-pesan yang kita sampaikan kepada calon pelanggan.

fungsi-dan-manfaat-kartu-nama-03

Jenis kartu identitas ini juga dapat dijadikan sebagai tanda pengenal atau profil diri maupun perusahaan. Hal-hal yang tercantum dalam kartu nama harus memberikan informasi awal berupa nama usaha dan logo, nama person, alamat, telepon, e-mail, website dan produk atau bahkan layanan. Desain kartu nama juga harus sesuai dengan karakter usaha atau personal yang diwakili, dalam hal ini perorangan mau pun perusahaan. Ssehingga bisa meningkatkan image profesionalnya. Untuk itu, kartu identitas diri ini harus menunjukkan siapa pemiliknya dan memberikan informasi mengenai segala hal yang dilakukan oleh pemilik dan juga layanan yang dapat diberikan di masa mendatang.