Nota NCR atau bahkan nota lainnya ini ditujukan sebagai dokumen verifikasi tertulis untuk setiap pengeluaran atau transaksi. Bahkan dapat dikatakan nota bukti resmi dari sebuah perusahaan. Biasanya penggunaan nota ini digunakan oleh perusahaan yang menjual dan membeli barang-barang.

Meski pencatatan masing-masing perusahaan sudah memiliki caranya, namun nota tetap masih digunakan. Sebagai bukti tertulis dan jelas, untuk mengatasi kesalahan pada pencatatan lainnya. Ada banyak fungsi dari nota yang dapat dirasakan, seperti beberapa fungsi berikut ini.

1. Sebagai Pencatatan Internal

cetak-nota-ncr-01

Jika Anda memiliki perusahaan yang selalu menjual dan membeli barang, pasti memerlukan catatan yang terpercaya. Salah satunya dengan menggunakan nota catatan tertulis. Biasanya nota ini dipegang oleh pembeli satu dan penjual satu. Sehingga data keduanya menjadi sinkron. Terutama jika beberapa barang digudang menjadi kurang, dapat melihat dari perhitungan nota tertulis maupun yang disimpan pada sistem.

Baca juga : Pentingnya Sebuah Nota untuk Tanda Bukti Transaksi Pembayaran

2. Sebagai Pencatat Transaksi Eksternal

cetak-nota-ncr-02

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sebagai pemilik perusahaan atau toko Anda harus memiliki catatan tersendiri. Hal ini untuk mengurangi resiko kesalahan dalam pendataan. Baik itu pendataan keluar dan masuknya sebuah dana. Bahkan sebuah nota akan bermanfaat untuk mengetahui jumlah stok sebuah barang. Sebagai pemilik usaha, tentu Anda tidak ingin adanya kecurangan atau bahkan kehilangan pada setiap barang yang akan dijual.

3. Melengkapi Laporan Keuangan

cetak-nota-ncr-04

Nota, nota NCR, kwitansi, dan lain sebagainya dapat menjadi alat untuk melengkapi laporan keuangan. Sebab laporan keuangan juga mempengaruhi segala pendataan di perusahaan. Hal ini juga akan mempermudah perhitungan segala sesuatunya. Sehingga Anda sebagai pemilik usaha tidak repot dalam membuat pembukuan yang terkait dengan usaha atau bahkan bisnis.

Selain fungsi nota, Anda harus mengetahui apa saja yang akan dimasukan dalam nota. Seperti beberapa hal ini sangat penting dimasukan atau disertakan dalam sebuah nota. Misalnya, logo, tanggal, nama dan alamat dari pembeli dan toko, deskripsi barang, dan syarat serta ketentuan. Biasanya persyaratan yang diberikan berupa garansi toko selama beberapa hari.

cetak-nota-ncr-03

Untuk pembuatan nota NCR yang perlu diperhatikan adalah, pemilihan kertas. Anda harus mencetak nota NCR dengan jenis kertas NCR. Jenis kertas ini bisa digunakan untuk tembusan tanpa perlu melapisinya lagi dengan karbon. Oleh sebab itu tidak heran jika kertas ini sekarang lebih populer. Karena tujuannya memang untuk menggantikan karbon. Namun biasanya Kertas NCR memiliki biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis kertas Doorslag. Kertas NCR ini juga memiliki beberapa varian warna seperti Doorslag.

Baca juga : Jangan Disepelekan! Nota Punya Peran Penting Selain Menjadi Bukti Transaksi

Jika Anda ingin membuat perlengkapan kantor seperti salah satunya nota NCR dapat mencetaknya secara online di Uprint.id. Tersedia beberapa ragam ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Mencetak secara online akan mempersingkat dan menghemat waktu.