Paper sleeve adalah sejenis kertas untuk mengamankan kemasan. Biasanya jenis kertas yang digunakan terbuat dari bahan Art paper, kraft, atau stiker. Sudah banyak beberapa rumah produksi yang menggunakan paper sleeve ini. ternyata memiliki banyak keuntungan untuk sebuah usaha maupun produk. Seperti berikut ini fungsi paper sleeve yang harus diketahui sebelum mengabaikannya.

1.      Merekatkan Kemasan

Fungsi yang pertama adalah untuk merekatkan kemasan. Meski kemasan yang digunakan sudah aman, akan lebih aman lagi dengan menggunakan paper sleeve ini untuk menjaga kemasan selama perjalanan. Sudah banyak yang mulai menggunakan paper sleeve ini terutama mereka yang bergerak dalam bidang kuliner. Namun tidak hanya itu saja, produk lainnya juga sudah mulai menggunakan paper sleeve ini. Anda dapat menggunakan paper sleeve dengan bahan stiker agar lebih merekatkan kemasan dengan aman. Anda dapat mencetak jenis paper sleeve stiker di Uprint.id.

2.      Memberikan Informasi

Bentuknya yang sedikit panjang sangat cocok digunakan untuk meletakan beberapa informasi produk. Misalnya nama produk, kode resmi produk, hingga informasi lainnya. Bahkan ada beberapa rumah usaha yang memberikan gambar atau logo produk mereka di paper sleeve itu. Begitu berpengaruhnya ternyata paper sleeve ini untuk usaha ya.

Baca juga : Kemasan Ekonomis Untuk UMKM

3.      Sebagai Penahan Panas Pada Paper Cup

Jika paper sleeve digunakan pada paper cup minuman, maka berfungsi untuk memudahkan konsumen memegang gelasnya. Bahkan dapat dikatakan paper sleeve ini sebagai penahan panas. Dengan kata lain, paper sleeve berfungsi di berbagai kemasan. Tidak hanya di kemasan makanan saja, melainkan berfungsi juga di kemasan minuman. Selama ini kesan yang dihadirkan hanya berupa hiasan atau kertas merek dari café atau restaurant itu, namun ternyata memiliki fungsi lain yang bermanfaat.

4.      Sebagai Penanda

Ada beberapa tempat makan yang menjual produk dengan cara take away atau dibawa pulang. Paper sleeve juga berfungsi sebagai penanda, sebab dapat ditulis manual sesuai dengan pesanan. Bahkan pihak toko dapat menuliskan nama si pemesan di paper sleeve ini. Biasanya tersedia kotak penulisan nama untuk mencantumkan nama pemesan.

Baca juga : Ciri-ciri Kemasan Produk yang Menarik Konsumen

5.      Sebagai Segel pada Kemasan

Jika dilihat secara langsung paper sleeve ini diibaratkan sebagai segel kemasan. Walau kemasan sudah aman namun penambahan paper sleeve ini akan menjadi lebih meyakinkan bagi konsumen. Bahkan ada beberapa toko elektronik yang menggunakan paper sleeve ini sebagai segel paling penting. Ketika sudah dibuka maka Anda sudah harus yakin jika produk tersebut memang yang dipilih dan akan dibeli. Namun jika belum yakin, segel itu tidak boleh dirusak walau sudah mendapatkan izin dari pemilik toko. Sama halnya dengan yang digunakan oleh kemasan makanan. Untuk menjadi penanda bahwa produk masih dalam keadaan baik belum tersentuh atau belum ada yang membukanya.

Itu beberapa fungsi dari paper sleeve yang perlu diketahui. Jika selama ini Anda hanya mengira sebagai hiasan saja, ternyata ada maksud dibalik itu semua. Sebagai keamanan sebuah produk memang sangat diperlukan. Menggunakan segel yang memiliki banyak fungsi untuk mendeskripsikan informasi identitas produk atau toko. Sebab, Anda dapat menemukan beberapa informasi penting pada sleeve paper ini. misalnya tanggal, kode produksi, media sosial, nomor telepon jika diperlukan, dan beberapa kalimat kecil di dalamnya. Sangat membantu untuk memberikan penjelasan mengenai sebuah produk  yang sudah didapatkan oleh konsumen. Tunggu apalagi? Yuk cetak paper Sleeve sekarang di Uprint.id!