Menggunakan atau menikmati salah satu karya orang lain tanpa izin belakangan ini sering terjadi karena kemudahan akses yang terbuka lebar melalui beragam situs yang tersedia di Internet. Hal ini menjadi salah satu masalah besar yang dapat dihadapi seorang designer karena mendapatkan sebuah ide dan menghasilkan sebuah karya bukanlah hal yang mudah. Khusus untuk Anda yang merasa pernah, melihat, atau khawatir jika sebuah karya telah dicuri oleh orang lain tanpa izin, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi hal tersebut, mari bersama-sama kita berantas pembajakan.

1. Laporkan ke Pemilik/ Situs Pemilik Karya 

anti-bajak-uprint

Mengutip halaman designshack.net dan pendapat dari seorang designer berbakat Von Glitschka.  jika Anda melihat sebuah pelanggaran di sebuah situs seni atau situs lainnya, biasanya situs tersebut memiliki sistem pelaporan yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta. Ketika Anda melihat sebuah pelanggaran, Anda bisa membantu sang seniman dengan memasukkan laporan Anda mengenai pelanggaran hak cipta tersebut. Cara ini sangat ampuh karena si pelanggar akan menerima tindakan lebih lanjut dari si pemilik karya tersebut.

Sedangkan, untuk mereka yang mencuri karya Anda, mungkin sudah saatnya Anda untuk menyediakan sebuah fitur di dalam situs Anda yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta dan pembajakan. Ketika hal buruk ini terjadi, Anda bisa mengetahuinya melalui fitur tersebut. Dengan begitu, Anda bisa segera meminta sang pencuri untuk menghapus karya Anda di tempat miliknya.

2. Sebelum Menempuh Jalur Hukum, Kenali Hak Anda Terlebih Dahulu 

anti-bajak-uprint

Jika Anda mengalami permasalahan seperti ini, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah untuk mengingat kembali batasan hak Anda sendiri. Digital Milennium Copyrights Act (DMCA) bisa menjadi acuan standar hak-hak terhadap karya milik Anda. Secara teknis, seseorang memang memiliki hak atas karya seni milik mereka sendiri meskipun Anda tidak secara resmi mengajukan hak terhadap karya tersebut. Namun, melengkapi karya Anda dengan hak cipta dapat membantu Anda mengurangi tindak pencurian ataupun menuntut sebuah pencurian terhadap karya Anda.

3. Menuliskan Surat Pelanggaran Hak Cipta 

anti-bajak-uprint

Setelah Anda meneliti dan memahami hak terhadap karya milik Anda sendiri, langkah selanjutnya adalah menghubungi perusahaan atau individu yang menggunakan karya Anda tanpa izin. Anda juga bisa melihat panduan yang telah disusun oleh DMCA, apa saja yang perlu dituliskan di dalam surat tersebut. Surat pelanggaran ini n akan menjadi salah satu langkah yang tepat untuk melawan para pencuri hak cipta.

4. Go Publik 

anti-bajak-uprint

Salah satu taktik cerdas yang dapat Anda lakukan untuk melawan seorang pencuri karya adalah dengan memberitahukan pencurian karya tersebut melalui akun media sosial Anda. Cara ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan berbagai jenis saran yang bermanfaat dan tentunya pemberontakkan dari sesama desainer yang bersedia membanjiri akun pelaku dengan berbagai protes. Massa yang marah akan lebih sulit diabaikan dibandingkan dengan sebuah keluhan yang belum tentu didengar oleh pelaku.

5. Melibatkan Pengacara dan Menempuh jalur Hukum 

anti-bajak-uprint

Mengalami pelanggaran hak cipta seperti ini sebenarnya merupakan salah satu permasalahan serius sehingga Anda bisa melibatkan jalur hukum. Jika Anda merasa beberapa cara di atas masih belum bisa menyadarkan si pelanggar, sudah saatnya Anda mencari dan menemukan seorang pengacara. Segeralah mencari seorang pengacara yang pantas dan mengerti mengenai pelanggaran hak cipta dan mendukung pembrontakkan Anda. Namun, sebelum itu pastikan pula Anda sudah memperhatikan dan mempertimbangkan berapa banyak waktu dan sumber dana yang akan Anda keluarkan untuk menyelesaikan masalah ini.

Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa menempatkan tanda hak cipta atau nama Anda di setiap karya sebelum merilisnya ke publik. Hal tersebut penting dilakukan karena Anda sendiri tidak dapat mencegah aksi dari pencuri karya yang tersebar di dunia maya. Meskipun terkesan sederhana, namun penggunaan nama ini juga dapat melindungi dan mengurangi risiko pencurian karya milik Anda dan menghindarkan karya anda dari pembajakan.