Mendapatkan rasa hormat dari orang lain bukanlah hal mudah. Jika kamu ingin orang lain menaruh rasa hormat terhadapmu, kamu dapat mulai melakukan 17 hal sederhana berikut ini:

1. Menghormati orang lain

3e23a81

Jika kamu menaruh rasa hormat kepada orang lain, maka kamu akan mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Yang penting adalah kamu harus mampu menghormati orang lain terlebih dahulu. Jangan berharap orang lain akan memberikan rasa hormat kepadamu jika kamu tidak menghormati mereka.


2. Pegang janji-janji yang kamu buat

blog-promise

Tindakan berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan rasa hormat dari orang lain adalah dengan menepati janji-janji yang telah kamu buat. Kamu harus sanggup berkomitmen. Jangan menganggap enteng komitmen. Hindari mengatakan A pada hari ini, lalu mengatakan B keesokan harinya.

Jika kamu sering ingkar janji, orang lain malah akan sebal terhadap dirimu. Jika kamu merasa kamu tak akan dapat melaksanakan janji yang kamu buat, sebaiknya jangan menjanjikan daripada pada akhirnya kamu membuat banyak alasan mengapa janjimu tak kunjung kamu tepati.


3. Harus memiliki integritas

pt_2421_124_o

Integritas sangat penting untuk dimiliki jika kamu ingin orang menghormatimu. Apa itu integritas? Memiliki integritas berarti memiliki kejujuran dan prinsip moral yang sangat kuat. Ada yang mengatakan bahwa orang dengan integritas tinggi adalah orang yang melakukan apa yang benar walaupun tak ada orang lain yang melihat.


4. Jangan menjadi terlalu baik

so-nice

Kebaikan itu tidak sama dengan selalu melakukan sesuatu untuk orang lain hanya agar mereka merasa senang. Menjadi terlalu baik dengan bersedia melakukan apa saja untuk orang lain adalah cara yang salah jika kamu ingin dihormati oleh orang lain. Mereka bukannya akan menaruh rasa hormat terhadapmu, tetapi malah akan memanfaatkan dirimu.

Baca juga: 6 Cara Sederhana Menunjukkan Apresiasi, Karena Apresiasi Penting


5. Jadilah rendah hati

tarrants_kneel

Kamu bukanlah manusia terhebat yang ada di muka bumi ini. Kamu bukanlah manusia yang tahu segalanya. Kamu bukanlah yang terbaik dalam segala hal. Jadi sebaiknya kamu tidak merasa paling benar sendiri setiap waktu. Setiap orang pasti memiliki kekurangan.

Kalaupun kamu hebat, kamu tidak perlu menyombongkan diri di hadapan orang lain. Orang akan tahu dengan sendirinya kehebatanmu, jika memang kamu hebat, tanpa perlu membanggakan diri sendiri. Sikap rendah hati lah yang akan membuatmu dihormati oleh orang lain, bukannya sikap pamer.


6. Memiliki pikiran yang terbuka

open-mindedness

Setiap orang memiliki pendapat dan keyakinan yang berbeda-beda. Kita tidak bisa mengharapkan sudut pandang orang lain sama dengan kita. Jika kamu ingin orang lain menaruh rasa hormat terhadapmu, maka kamu harus memiliki pikiran terbuka, yang mau menghargai pendapat orang lain. Bisa saja opini orang tersebut baik untuk perkembangan dirimu. Kamu dapat belajar banyak dari orang lain asalkan kamu bersedia membuka diri terhadap ide-ide dan masukan-masukan orang lain yang berbeda dari dirimu.


7. Sampaikan apa yang ada di pikiranmu

image

Saat memang diperlukan, sampaikan apa yang ada di dalam pikiranmu. Orang yang memiliki pendapat-pendapat kuat akan dihormati. Jika ada yang tidak kamu suka atau setujui, jangan ragu untuk menyampaikannya juga.


8. Berani mengatakan ‘tidak’

istock_000016608876_medium

Rasa hormat bisa kamu peroleh dengan berani mengatakan ‘tidak’ terhadap sesuatu yang menurutmu memang tidak sebaiknya dilakukan. Namun tentu saja saat kamu berkata ‘tidak’ kamu harus dapat memberikan pendapat dan alasan yang masuk akal.


9. Jaga perasaan orang lain

a8vurj7cyaedjqy

Perlu diingat bahwa perasaan orang lain itu penting. Hargai perasaan setiap orang dengan memperlakukan mereka dengan baik. Saat melakukan sesuatu, mungkin kamu merasa kamu tidak melakukan sesuatu yang salah, namun bagi orang yang bersangkutan, kamu menyakiti perasaannya, hanya saja kamu tak menyadarinya.


10. Mengingat dan memperhatikan berarti peduli

serenity-casket-flowers-2

Mulailah peduli dengan orang lain. Bagaimana caranya agar orang lain tahu kamu peduli dengan mereka? Kamu bisa mulai dengan mengingat hal-hal yang berhubungan dengan mereka, seperti misalnya tanggal ulang tahun, apa yang menjadi kesukaan mereka, dan lain-lain. Kelihatannya mungkin seperti sesuatu yang sepele, namun jika kamu ingat berarti kamu peduli dan orang pasti merasa senang karena ternyata kamu peduli dengan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa mulai memperhatikan orang-orang di sekelilingmu. Perhatikan apa yang sedang mereka alami dan rasakan, dan pada saat mereka membutuhkan bantuan, tunjukkan bahwa kamu peduli dengan mereka dan bantu mereka. Memperhatikan orang lain menunjukkan bahwa kamu tidak hanya fokus pada dirimu sendiri, bahwa kamu tidak egois.

Jangan lewatkan: 7 Cara Memaafkan Diri Sendiri dan Tak Lagi Hidup pada Masa Lalu


11. Tepat waktu

reasons-invoices-not-paid-on-time

Ketepatan waktu sepertinya merupakan hal yang sederhana namun sebenarnya memiliki makna yang dalam. Jika kamu tepat waktu, artinya kamu menghormati orang lain. Jika kamu tidak tepat waktu, kamu membuat orang lain menunggu, dan itu sama saja kamu tidak menghormati orang tersebut. Waktu setiap orang itu berharga, bukan hanya waktumu sendiri saja yang paling berharga.


12. Berpegang teguh pada pendirian

principles-drawing-123

Dalam menjalani hidup ini setiap orang harus memiliki prinsip-prinsip moral yang dipegang teguh. Tapi tentu saja jika kamu ingin dihormati, prinsip-prinsip tersebut harus kamu laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.


13. Perhatikan bahasa tubuhmu

difference-between-body-language-and-paralanguage-image-1

Bahasa tubuh penting karena orang dapat menilai bagaimana sebenarnya yang kamu rasakan dan apa yang ada di dalam pikiran dan hatimu dari bahasa tubuh. Pastikan bahasa tubuhmu sesuai dengan perkataan yang kamu ucapkan, karena jika tidak maka orang lain akan tahu bahwa ucapanmu hanyalah dusta belaka.


14. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan

treatothersas

Bagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain? Lakukan hal yang sama terhadap orang lain. Seperti yang sudah disampaikan dalam poin pertama, jika kamu ingin dihormati orang lain, maka kamu harus menghormati orang lain terlebih dahulu. Jika kamu ingin disapa, maka kamu harus memiliki inisiatif untuk menyapa orang tersebut. Jika kamu ingin mengatakan sesuatu, katakan saja langsung kepada orangnya, bukan melalui orang lain.

Perlakuanmu terhadap orang lain lah yang menentukan bagaimana orang tersebut akan memperlakukanmu. Setiap orang memiliki batas kesabaran. Jika orang lain selalu memperlakukanmu dengan baik namun kamu menerimanya begitu saja tanpa balik memperlakukan orang tersebut dengan baik, maka orang tersebut lama-lama akan merasa malas untuk berhubungan atau berbicara denganmu, dan kamu tidak akan mendapatkan rasa hormat darinya.


15. Kendalikan emosi

flipping-switch

Kamu harus pandai-pandai mengendalikan apa yang sedang kamu rasakan, baik itu baik maupun buruk. Saat dihadapkan dengan sesuatu, hindari reaksi langsung dengan mengungkapkan perasaan secara membabi buta. Semua figur publik yang dihormati di luar sana dapat mengendalikan emosi mereka.


16. Miliki selera humor yang baik

Laugh Out Loud

Selera humor yang baik akan membantu kamu mendapatkan rasa hormat orang lain. Temukan hal-hal lucu dalam kehidupan ini karena sebenarnya banyak sekali sisi lucu kehidupan.


17. Menyadari dan mengakui perbuatan baik orang lain

thank-you-gratitude

Apresiasi paling sederhana pun sudah merupakan suatu bentuk penghargaan. Ucapkan terima kasih kepada orang lain atas apa yang telah mereka lakukan yang telah membuat kamu terbantu. Apresiasi dapat membuat perbedaan besar.

Artikel lain: 6 Cara Ampuh Menjaga Hubungan Baik Dengan Karyawan