Kue lebaran memiliki banyak jenisnya yang beragam. Mulai dari kue lebaran yang manis hingga hanya terasa asin atau gurih saja. Bahkan masing-masing daerah di Indonesia saja memiliki perbedaan makanan atau kue lebaran. Berikut ini adalah beberapa jenis kue lebaran yang paling populer di masyarakat. Apakah ada juga di daftar list kamu?

1.      Putri Salju

Jenis kue lebaran yang satu ini selalu saja ada di atas meja tamu. Rasanya yang manis serta taburan gula bubuknya menjadi ciri khas tersendiri. Bahkan ada beberapa kue salju yang memiliki isian kacang almond di dalamnya. Tidak heran jika beberapa harga agak sedikit mahal untuk satu toples kue ini. Putri salju, memiliki beberapa bentuk yang tidak selalu sama, misalnya saja berbentuk bulan sabit, bintang, lonjong, persegi panjang, atau bahkan bentuk hati. Semua disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

2.      Kastengels

Salah satu kue lebaran favorit lagi adalah kastengel. Rasanya yang gurih dan asin memiliki perbedaan cita rasa sendiri. Tidak sedikit orang yang menjadikannya favorit, karena memiliki rasa asin dari keju yang menjadi bahan dasar pembuatannya. Sama seperti kue lebaran lainnya, kastengels ini memiliki beragam bentuk serta ukuran yang dibuat sesuai dengan keinginan konsumen. Ada konsumen yang lebih suka kue lebaran dengan isi satu toples sekitar 30-45 butir kue, ada juga yang isi lebih dari itu. Sudah pasti semakin sedikit isinya ukuran akan semakin berbeda.

Baca juga : Kotak Kue Cantik Untuk Kemasan Cemilan Hari Raya

3.      Nastar

Siapa yang tidak tahu dengan kue manis, asin, asam yang satu ini. Jika di beberapa daerah nastar disajikan dengan taburan cengkeh di atasnya. Karena bagi beberapa orang, cengkeh sangat baik untuk memberikan harum dan rasa pada kue. Namun tidak banyak juga yang menyukai campuran cengkeh di atas kue nastar. Sehingga banyak orang yang memodifikasi jenis kue tersebut, terutama pada taburan di atasnya. Ada yang menaburkan keju atau bahkan buah kismis untuk hiasan di atasnya. Tentu saja semakin sulit menemukan untuk taburan kue, maka kue lebaran ini sudah pasti akan mahal. Tidak seperti taburan pada umumnya. Jika kamu ingin menaburkan kurma dia atasnya, maka tidak heran jika harganya akan lebih mahal. Meski bulan puasa atau ramadhan identik dengan buah kurma tapi tetap saja harganya mahal.

4.      Kue Duri

Salah satu kue favorit adalah kue duri. Seperti namanya, kue berbentuk huruf U ini memiliki beberapa duri yang dapat dimakan. Cara pembuatannya pun di bakar bukan di goreng atau di oven. Lama pembuatannya juga menjadi salah satu kendala, karena kue duri membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk membuatnya. Meski lama pengerjaannya, kue ini memiliki rasa yang tidak kalah dari kue lebaran lainnya. Rasanya yang manis serta tambahan kayu manis di dalamnya, menambah cita rasa tersendiri bagi mereka yang mencoba. Sayangnya kue ini hanya ada setahun sekali, dan lumayan sulit ditemukan. Tapi kalau kamu ingin merasakannya, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan sabar.

5.      Dates Cookies

Dates cookies adalah salah satu jenis kue lebaran yang tidak jarang disajikan di rumah. Kue yang berbahan dasar kurma ini memiliki rasa yang manis namun tidak terlalu manis. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak. Biasanya kue kurma ini disajikan berbarengan dengan susu panas atau coklat cair. Kue kurma yang dibalut dengan adonan serta beberapa krim di atasnya membuat tampilan kue semakin menggiurkan. Tidak heran ini menjadi salah satu hidangan yang paling di cari atau paling favorit.

 Baca juga : Ini Dia Resep Kue Kering : Spekuk!

Nah dari kelima jenis kue lebaran di atas, mana nih yang udah masuk ke dalam list kamu? Jika kamu ingin memberikan kue lebaran kepada kerabat atau saudara, atau bahkan ingin berbisnis, jangan lupa untuk mempersiapkan wadah atau toplesnya ya. Pilih jenis toples yang memiliki daya tampung banyak serta dapat digunakan kembali. Pilih beberapa jenis toples dan kemasan di Uprint.id, tersedia juga untuk kamu yang baru saja memulai bisnis kue lebaran.