Usaha sampingan sangat menarik untuk dijalani. Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini karena memang sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan. Berikut ini merupakan pokok-pokok alasan kenapa Anda seharusnya mencoba bisnis sampingan. Beberapa pengetahuan yang juga perlu diketahui agar makin banyak orang menjalani usaha sampingan ini.

  • Berawal dari Ide Bagus dan Unik

Kebanyakan perusahaan besar yang sudah sangat terkenal di dunia sekarang ini berawal dari sebuah usaha sampingan. Berawal dari sebuah ide bagus, serta kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan ide tersebut hingga menghasilkan usaha sampingan yang luar biasa. Tingkat kompetisi makin rendah dan peluang sukses semakin besar jika ide Anda unik dan jarang ada orang lain yang memiliki. Anda hanya perlu merancang strategi untuk mengeksekusi ide tersebut menjadi kenyataan.

Baca juga : Ingin Menjalani Bisnis Lebih Bahagia? Bahagiakan Karyawanmu dengan Lakukan 4 Tips Ini!

  • Peluang Pasar yang Masih Terbuka

Jangan pernah bingung untuk membuka usaha sampingan. Jika Anda adalah seorang yang kreatif, maka semua bisa dijadikan bahan bisnis untuk usaha sampingan. Memastikan usaha yang akan dibuka misalnya barang atau jasa. Supaya usaha bisa tepat sesuai dengan perencanaan, pertimbangkan juga besarnya kompetisi yang akan dihadapi nantinya. Lakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat, atau bisa dimulai dari orang-orang terdekat, terhadap ide produk Anda.

  • Perlu Uang Tambahan

Memiliki bisnis sampingan bisa menambah pundi-pundi rezeki untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang tambahan ini bisa juga digunakan untuk tabungan masa depan Anda dan keluarga.

  • Persiapan Pensiunan

Bagi para pekerja swasta, usaha sampingan dapat menjadi penghasilan untuk mempersiapkan pensiun. Dengan mempunyai usaha sampingan, rencana tersebut akan membantu Anda di masa tua. Usaha sampingan tersebut bisa Anda jadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua. Pasalnya, aktivitas harian pasca pensiun diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

  • Aktualisasi Diri

Pada saat Anda sebagai karyawan perusahaan swasta sudah mulai merasa jenuh dan tidak bersemangat. Anda dapat mencoba membuka usaha sampingan sebagai hiburan. Bahkan dari usaha sampingan, Anda akan mendapatkan pelajaran banyak hal yang dapat dipetik.

Setelah mengetahui awal mula orang-orang membangun sebuah bisnis, sekarang saatnya Anda melihat 10 jenis usaha sampingan dengan modal kecil yang dapat ditiru.

1. Jasa Cuci Motor atau Mobil

jenis-usaha-sampingan-01

Bisnis ini tidak pernah sepi, sebab usaha sampingan seperti jasa cuci kendaraan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp 2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp 10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp 2 juta, untuk membeli peralatan Rp 5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp 3 juta.

2. Laundry

jenis-usaha-sampingan-02-jasa-laundry

Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan kampus maupun tempat kerja. Banyaknya pebisnis yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga tarifnya pun juga ikut bersaing. Membuka bisnis laundry sangat mudah, namun untuk sukses di bisnis ini, anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Hal paling utama yang perlu dipertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.

3. Menjahit Pakaian

industri-kreatif-05-sektor-fashion

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, cobalah untuk memanfaatkannya menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Hal yang perlu diingat kembali adalah konsep usaha sampingan hanya untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Pada tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan keinginan.

Baca juga : Sukses Berbisnis Kuliner dengan Menampilkan Keunikan Dari Bentuk Hingga Kemasan

4. Menjual Pakaian

jenis-usaha-sampingan-03

Dalam hal ini, Anda dapat mencoba untuk menawarkan barang seperti pakaian dan perlengkapan sandang lainnya. Modal yang digunakan sebenarnya tergolong kecil, tergantung stok yang ingin diambil. Misalnya, dengan modal Rp 1 juta, Anda bisa membeli sejumlah pakaian baru dari toko grosir.

5. Jual Beli Kendaraan Bekas

jenis-usaha-sampingan-04-jual-beli-kendaraan

Usaha sampingan yang menarik lainnya adalah jual beli kendaraan bekas. Dealer di kota sekelas kabupaten saja saat ini setidaknya bisa melepas 50-100 unit kendaraan baru per minggu. Bisa anda bayangkan betapa pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang ini. Anda bisa ikut andil mencari peruntungan di bisnis ini dengan cara jual beli motor bekas. Jika sudah mulai mengerti siklus dan persaingan pasar, tidak ada salahnya mulai buka display motor di rumah. Langkah pertama, Anda bisa membantu menjualkan motor orang lain dan mendapatkan komisi. Jika sudah yakin punya pasar yang jelas, maka Anda bisa memulai dengan membeli motor bekas di bawah Rp 10 juta, kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga.

6. Menjual Aneka Kue

jenis-usaha-sampingan-05-menjual-kue

Membahas mengenai bisnis kuliner, saat ini sudah banyak orang yang beralih ke bisnis makanan. Tidak perlu modal besar untuk menjual aneka kue ini. Modal yang diperlukan paling hanya berkisar Rp 10 juta selama satu bulan pertama, dengan rincian Rp 9 juta untuk bahan baku (Rp 300 ribu x 30 hari), Rp 300 ribu untuk biaya gas, dan Rp 250 ribu untuk biaya listrik dan air. Tempat usaha adalah dapur Anda sendiri tentunya.

7. Membuka Katering

jenis-usaha-sampingan-06-bisnis-ketering

Banyaknya orang yang tidak sempat menyajikan makanan di hari-hari biasa, membuat mereka kesulitan untuk membuat makanan sebelum ke kantor. Untuk itu membuka katering dapat menjadi usaha sampingan untuk Anda. Jika Anda tidak percaya akan racikan orang lain, dapat meracik bumbu-bumbu terlebih dahulu kemudian biarkan orang lain yang memasaknya. Jenis usaha sampingan seperti ini memang memerlukan modal yang tidak sedikit namun akan mendapatkan hasil yang lumayan besar keuntungannya. Terutama jika Anda memasok makanan ke kantor-kantor.

8. Membuka Warung Kopi

jenis-usaha-sampingan-07

Warung kopi adalah sebuah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah cafe. Bukalah warung kopi di malam hari, sebab malam hari adalah waktu yang tepat karena Anda dapat memantau usaha sampingan tersebut. Selain itu, waktu yang tepat untuk ‘ngopi’ biasanya pada malam hari. Usaha ini sangat cocok bila lokasi usaha terletak di sekitar kampus atau kawasan industri. Anda dapat memulai usaha dengan modal Rp 10 juta sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain. Angka tersebut juga sudah termasuk untuk menyewa tempat apabila rumah tidak bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. Penghasilan dari usaha ini juga bisa ditambah dengan menjual gorengan, rokok, mi instan atau minuman lainnya.

9. Membuka Toko Online

jenis-usaha-sampingan-09-toko-online

Di zaman serba menggunakan internet sekarang ini, masyarakat sudah mulai lumrah dengan transaksi online. Peluang membuka toko online menjadi semakin menarik untuk dicoba. Beberapa produk yang paling banyak ditawarkan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos, atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik, dan lain sebagainya. Usaha sampingan dengan membuka toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita.

Anda tidak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil. Anda harus diperhatikan antara lain membeli template toko online yang harganya sekitar Rp 300 ribuan. Jika bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.

10. Menjadi Seorang Blogger

jenis-usaha-sampingan-10-profesi-blogger

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci sukses dari sebuah website adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak orang yang berpikir instan dengan membeli traffic ke penyedia layanan jasa traffic. Hal tersebut sangatlah keliru. Pengunjung yang datang dari jasa ini bukanlah manusia tapi fake traffic yang tidak memberikan keuntungan apapun bagi pemilik website.

Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat anda sukai seperti misalnya barang-barang elektronik, makanan, musik, dan lain sebagainya. Kemudian isi blog anda dengan konten tersebut yang bisa berupa artikel, ulasan, komentar, atau apapun.

Itulah 10 jenis usaha sampingan yang dapat menambahkan uang bahkan tabungan Anda. Jjika saat ini Anda membutuhkan uang tambahan, dapat mencoba salah satu dari jenis usaha samping seperti penjelas di atas. Satu yang harus diperhatikan adalah, tetap fokus ketika menjalankan sebuah bisnis dan tetap tekun serta sabar. Selamat mencoba!