Sebelum Mencetak Kartu Natal dan Tahun Baru yang Kreatif untuk Konsumen Anda, Lakukan 7 Tips Jitu Ini!

Kartu ucapan di setiap perayaan Natal dan tahun baru telah menjadi tradisi yang berlangsung hampir 175 tahun. Sir Henry Cole adalah orang Inggris yang memproduksi kartu ucapan komersial pertama pada tahun 1843. Saat ini, jutaan kartu natal dan tahun baru dikirimkan ke seluruh dunia setiap tahun. Dan sementara sebagian besar dikirim untuk keluarga, teman dan orang-orang terkasih, banyak bisnis juga menggunakannya untuk menyampaikan terima kasih akhir tahun kepada pelanggan, vendor, dan investor yang terhormat. Kartu natal dan tahun baru juga bisa membantu menjaga bisnis Anda tetap segar dan relevan di benak semua orang, yang beberapa di antaranya mungkin tidak berinteraksi dengan Anda selama beberapa bulan.

Sama seperti kartu nama yang hebat, kartu natal dan tahun baru harus mencapai nada yang tepat ketika membicarakan soal desain, pesan dan branding. Di satu sisi, jangan lupa juga memasukkan unsur-unsur kreatif yang bisa membuatnya menonjol dan tak terlupakan.

Baca juga: Persiapan Natal yang Perlu Diketahui Sebelum Perayaan Tiba

7 Tips Mencetak Kartu Natal dan Tahun Baru

Jika Anda seorang pemilik usaha kecil yang berencana mengirim kartu natal dan tahun baru untuk pertama kalinya, atau bertanya-tanya bagaimana cara membuat kartu tahun ini lebih baik dari sebelumnya, berikut adalah beberapa saran yang pantas untuk diikuti.

kartu natal dan tahun baru santa

  1. Kartu fisik tak pernah tergantikan

Meski teknologi telah merevolusi cara kita berkomunikasi sehingga membuat dan mengirim salam lewat kartu ucapan digital bisa jauh lebih murah dan mudah. Namun, dampak kartu ucapan fisik akan sepadan dengan waktu dan usaha ekstra yang kita keluarkan. Pesan elektronik mungkin akan diabaikan dan dibuang, sedangkan kartu ucapan Anda yang dicetak lebih cenderung membuat koneksi yang bermakna dengan penerimanya.

kartu natal dan tahun baru meriah

  1. Perhatikan font dan pilihan warna

Kartu ucapan Natal dan Tahun baru Anda harus memproyeksikan citra positif bisnis Anda, jadi pilihlah dengan cermat ketika memilih font, warna, gambar, pesan, dan kertas.

Jika Anda ingin membuat kartu Anda sendiri tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, pertimbangkan untuk menggunakan templat yang disediakan Uprint.id. Beberapa desain dasar juga dilengkapi dengan amplop yang cocok, yang dapat membuat kartu Anda terlihat lebih profesional. Ingat juga dimensi-dimensinya. Kartu yang terlalu besar dengan foto mencolok mungkin menarik banyak perhatian, tetapi akan memakan banyak biaya untuk menempatkan semuanya dalam surat.

Pilih font yang bersih dan mudah dibaca. Jika Anda sudah memiliki logo perusahaan dan kop surat yang dirancang secara profesional, Anda mungkin ingin menggunakan font yang sama untuk konsistensi. Lebih dari satu font tidak masalah, tetapi jangan gunakan terlalu banyak. Dua atau tiga mungkin yang terbaik untuk menghindari kartu yang terlihat berantakan dan membingungkan.

kartu natal dan tahun baru uprint

Jangan merasa berkewajiban untuk memilih skema warna Natal klasik merah dan hijau, terutama jika itu bukan warna bisnis Anda. Kartu Natal dan Tahun Baru dengan warna perusahaan Anda akan membantu memperkuat merek, tetapi palet apa pun yang terlihat bagus sangat dapat diterima. Beberapa kartu terlihat lebih mencolok ketika pilihan warna dijaga agar tetap minimum.

Sebelum mencetak, perhatikan pilihan kertas. Beberapa stok lebih baik untuk kartu yang memiliki foto, yang lain memiliki lapisan mengkilap untuk menambahkan sedikit kilau ekstra. Anda tidak perlu membobol bank dan membeli kertas berkualitas tinggi, tetapi Anda juga tidak ingin kartu murah yang terasa tipis dan tidak dapat berdiri sendiri.

Baca juga: 5 Tips Mengirim Kartu Ucapan Natal atau Tahun Baru kepada Rekan Bisnis dan Fungsinya

kartu natal dan tahun baru segar

  1. Selalu sertakan catatan pribadi

Ya, Anda pasti sibuk menjalankan bisnis kecil Anda. Dan tak bisa dipungkiri musim liburan Natal dan Tahun Baru selalu lebih sibuk dibanding musim-musim lainnya. Tetapi inti dari pengiriman kartu-kartu ini adalah untuk memperkuat ikatan yang berarti antara bisnis Anda dan masing-masing penerima. Dan ikatan itu tidak akan diperkuat oleh kartu tanpa sentuhan pribadi. Luangkan waktu untuk menulis nama setiap penerima di dalam kartu mereka, bersama dengan pesan singkat. Jika kartu Natal dan Tahun Baru itu untuk seseorang yang Anda kenal baik, Anda mungkin ingin menulis pesan yang lebih menyentuh hati. Jika hubungan Anda dengan penerima tidak begitu akrab, pertahankan pesan dasar yang biasa dipakai tetapi tetap berkesan ramah, sesuatu di sepanjang baris seperti  ‘Dear XXX, Terima kasih telah mendukung kami. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda di Tahun Baru. ‘

kartu natal dan tahun baru salju

  1. Pertimbangkan untuk memberikan hadiah atas nama bisnis Anda

Natal dan tahun baru adalah musim memberi hadiah untuk semua, jadi mengapa tidak memberi kepada seseorang yang kurang beruntung? Pilih amal pilihan Anda, apakah itu mainan untuk anak-anak yatim piatu, organisasi bantuan internasional, atau tempat penampungan tunawisma setempat. Lakukan pemilihan yang bersifat pribadi, atau berkaitan dengan bisnis Anda. Misalnya, bank makanan atau dapur umum adalah pilihan yang baik untuk bisnis yang berhubungan dengan makanan seperti toko roti atau perusahaan katering. Beri sumbangan atas nama bisnis Anda dan pelanggannya, lalu kirim kartu untuk memberi tahu orang-orang tentang hadiah yang Anda buat atas nama mereka.

Baca juga: Persiapan Libur Natal dan Tahun Baru yang Bermanfaat

kartu natal dan tahun baru pinguin

  1. Tahan godaan untuk menyisipkan promo penjualan

Kartu Natal dan Tahun Baru Anda harus merupakan ungkapan terima kasih yang tulus kepada mereka yang telah menjalin hubungan dengan bisnis Anda. Apa yang seharusnya tidak mereka lakukan adalah upaya pemasaran yang curang. Sekarang bukan saatnya untuk memberi tahu orang-orang tentang penjualan dan diskon liburan, atau produk dan layanan baru yang ingin Anda luncurkan di tahun mendatang. Andalkan fakta bahwa memasukkan nama dan logo bisnis Anda akan cukup untuk membuat perusahaan Anda selalu diingat pelanggan.

kartu natal dan tahun baru ceria

  1. Hindari pesan agama dan humor cabul

Kemungkinan akan ada puluhan orang di milis Anda, jika tidak ratusan. Dan tidak semua dari mereka merayakan dengan cara yang sama. Untuk menghindari membuat kesalahan budaya atau menyebabkan pelanggaran, yang terbaik adalah tetap menggunakan gambar dan pesan umum yang menghindari menyebutkan hari libur atau keyakinan tertentu. Demikian juga, kartu lucu tidak selalu seperti menyentuh orang-orang tertentu – hanya karena Anda menemukan sesuatu yang sangat lucu bukan jaminan bahwa semua orang akan menyukainya. Lebih aman untuk memainkannya dengan sesuatu yang standar.

Baca juga: Sampaikan Pesan Natal Terindah untuk Orang-orang Tercinta

kartu natal dan tahun baru rumah

  1. Lakukan manuver

Jika Anda terlambat dan tidak punya waktu untuk mengirim kartu sebelum Natal, kirimkan salam Tahun Baru sebagai gantinya. Tidak semua orang merayakan Natal, namun kita semua pasti memulai Tahun Baru pada hari yang sama.

Maka siapkan kartu Natal dan Tahun Baru terbaik yang bisa mewakili bisnis Anda. Tenang, tim Uprint.id akan membantu dalam urusan cetak-mencetak sehingga kartu ucapan Anda terlihat elegan dan berkelas. Selamat tahun baru, sahabat!

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

Merchandise Berguna yang Layak Diberikan Kepada Partnership

Sebagai tanda terima kasih biasanya perusahaan ataupun panitia sebuah...

7 Makanan Khas Bali Terlezat yang Akan Membuatmu Ketagihan

Memiliki rencana bepergian ke Bali? Jangan lewatkan tujuh makanan...

Rayakan Hari Bumi Menggunakan Poster Lingkungan dengan Desain yang Menarik

Cetak  Poster - Setiap tanggal 22 April selalu dirayakan...

Ini 5 Cara Membuat Ucapan Hari Raya Idul Fitri yang Penuh Kesan dan Tak Terlupakan

Bulan ramadhan tinggal menghitung hari. Setelahnya Hari Raya Idul...