Kemasan makanan memiliki peran terpenting dalam mendukung produk yang Anda produksi dan ingin dipasarkan. Nah, packaging ini juga mendukung nilai jual ke konsumen, pasalnya para konsumen biasanya melihat dan memilih suatu prosuk dari pembungkusnya. Walau memiliki rasa yang lebih unggul namun, dari packaging dinilai kurang oleh konsumen maka image rasa menjadi berpengaruh. Berikut ini inspirasi packaging yang harus Anda ketahui dan kiat-kiat sebelum membuatnya.

1. Melakukan Riset Packaging

kemasan makanan 08

Tidak hanya pangsa pasar saja yang perlu diriset, melainkan kemasan juga harus melalui tahap meriset. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan yang mengarah ke plagiat dalam hal packaging. Apalagi itu merupakan kemasan dari kompetitor yang sudah lama berada di dunia kuliner.

Baca juga : Usaha Kuliner Dimulai dari Kemasan Sehat dan Ramah Lingkungan

2. Buatlah Kemasan yang Nyaman bagi Konsumen

kemasan makanan 02 kemasan makanan 03

Nilai nyaman pada kemasan ini adalah, mengacu pada bentuk dari pembungkus tersebut. Seperti kebanyakan orang saat ini, yang lebih mementingkan kenyamanan seperti ukuran kemasan makanan yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa-bawa. Selain itu kepraktisan dari pembungkus juga dapat menjadi pilihan bagi konsumen.

3. Lakukan Pemilihan Warna yang Tepat

kemasan makanan 05 kemasan makanan 04

Untuk membuat kemasan makanan, sangat disarankan memilih warna yang tepat. Kebanyakan konsumen selain melihat bentuk mereka selalu melihat warna. Nah, untuk itu gunakanlah warna yang bagus seperti hijau yang menggambarkan kesegaran dan kesehatan. Anda dapat menambahkan warna lain agar dipadukan menjadi warna kemasan makanan yang eye cathcing.

Baca juga : 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendesain Kemasan

4. Menetapkan Fungsi Kemasan Terhadap Produk

kemasan makanan 06 kemasan makanan 07

Jangan hanya terpaku dengan ketertarikan konsumen, Anda harus menetapkan fungsi packaging terhadap produk. Hal ini dapat Anda lakukan dengan pemilihan bahan pembuatan kemasan makanan. Misalnya, produk Anda memerlukan perlindungan dari matahari, maka packaging yang dipilih harus dilapisi dengan aluminium foil agar lebih terjaga kualitas dari produk tersebut.

Baca juga : Ini Dia Daya Tarik Konsumen, Jika Anda Ingin Membuka Usaha Kuliner

5. Melakukan Promosi Melalui Desain Kemasan

kemasan makanan 09

Dalam hal ini, Anda harus mampu menciptakan desain yang dapat mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen. Seperti meletakan informasi dasar dari mulai komposisi, tanggal pembuatan dan kadaluarsa, berat produk, hingga label dan nama untuk produk Anda. Semua harus diletakan menyesuaikan tata letak pada packaging dan dibuat agar lebih menarik konsumen.

Lihat juga produk Uprint.id : Kemasan Makanan 

Itulah beberapa kiat yang harus Anda lakukan sebelum membuat packaging untuk produk Anda, dan pastikan juga pilihlah nama yang tepat namun unik sehingga dapat menjadi ciri khas produksi Anda.

 

corrugated box