Kertas stiker – Stiker merupakan media yang paling sering digunakan oleh para pebisnis kuliner ataupun perusahaan. Bagi para pebisnis, stiker digunakan sebagai sarana promosi secara offline yang cukup efektif, terutama karena harganya yang ekonomis dan bahan mudah didapat. Jika Anda ingin membuat stiker, sebaiknya ketahui jenis-jenis kertas stiker berikut ini.

1. Stiker Tahan Air (Waterproof)

Biasanya, pada saat membayangkan istilah kertas stiker, sebagian besar orang akan mengira bahwa stiker selalu berbahan dasar kertas. Namun, kategori stiker waterproof ini berbahan dasar plastik, sehingga tahan air & anti sobek. Bagi Anda yang memiliki usaha minuman dingin (es kopi, juice, dan semacamnya) atau juga makanan basah (frozen food ataupun makanan berkuah), jenis stiker inilah yang Anda butuhkan. Istilah jenis stiker ini biasanya disebut dengan nama stiker vinyl.

Baca juga : Membuat Stiker dengan Mudah Hanya Sekali Klik. Disini!

  • Stiker Vinyl Putih

Stiker vinyl putih memiliki warna dasar putih sehingga tidak bersifat transparan. Permukaan bahan glossy dan bertekstur seperti plastik yang lentur. Daya tahan terhadap panas, dingin, ataupun air sangat baik. 

  • Kertas Stiker Vinyl Transparant

stiker trans

Stiker ini tidak memiliki warna dasar alias bening (transparan). Masih dengan karakter yang sama, yaitu anti air & anti sobek, stiker vinyl transparan ini banyak digunakan untuk menaikkan fungsi estetika. Misal jika Anda ingin agar tepian stiker tidak terlalu nampak (seakan-akan menjadi satu dengan botol), maka stiker vinyl transparan ini yang biasanya digunakan. 

2. Jenis Kertas Stiker Berbahan Kertas (tidak tahan air)

Untuk jenis stiker yang satu ini, memiliki bahan dasar kertas dan tidak anti air. Dari segi harga, tentu saja lebih ekonomis. Untuk menaikkan ketahanannya, Anda bisa request tambahan laminating doff/glossy. Untuk stiker berbahan dasar kertas ini ada 2 tipe yang umumnya dipakai, yaitu : stiker chromo & stiker hvs.

  • Kertas Stiker Chromo

stiker chromo

Permukaan stiker chromo agak licin seperti art paper. Stiker yang berbahan kertas chromo baik digunakan untuk label kemasan makanan. kebutuhan seminar/gathering, hingga dijadikan stiker pilkada atau acara-acara perusahaan lainnya. Kertas stiker berbahan chromo memiliki kelemahan, jika terkena air, maka warna dan gambar akan cepat luntur. 

Baca juga : Logo Makanan Unik yang Menjadi Daya Tarik Pembeli

  • Kertas Stiker HVS

stiker hvs

Kertas stiker jenis ini paling tidak tahan air & juga tidak bisa ditambahkan laminating karena pori-pori kertasnya cukup besar. Oleh sebab itu, penggunaan pada stiker ini tidak dianjurkan untuk kemasan minuman yang basah atau makanan basah. Biasanya stiker hvs ini digunakan untuk kemasan bubuk kopi, makanan kering, atau kegiatan indoor seperti acara-acara berdurasi pendek seperti seminar, bingkisan ulang tahun anak, dan sejenisnya. Mengapa? Karena dari segi harga, stiker hvs ini bisa dikatakan tergolong yang paling murah.

3. Stiker Magnet

stiker magnet

Stiker unik ini mengandung magnet. Anda dapat menggunakan kertas stiker magnet untuk dijadikan souvenir. Terutama bagi bisnis kuliner ataupun jasa, stiker magnet ini sangat bermanfaat karena customer bisa menempelkannya di pintu kulkas mereka. Jadi, mudah bagi mereka untuk selalu diingatkan tentang keberadaan bisnis Anda.

Itulah jenis-jenis kertas stiker serta fungsinya yang harus diketahui sebelum Anda mencetaknya. Dengan mengetahui fungsinya, maka Anda bisa mengalokasikan budget yang tepat & sesuai dengan karakter produk Anda. Sudah siap untuk mencetak stiker? Hubungi segera CS kami melalui whatsapp di nomor 0812 12345 290. Kami siap membantu Anda 🙂