Cetak stiker merupakan salah satu list rencana yang dibutuhkan para pelaku usaha. Mereka membutuhkan cetak stiker untuk keperluan usaha. Seperti untuk memberikan informasi pada kemasan produk. Namun sebelum memutuskan untuk cetak stiker, kamu harus mengetahui beberapa hal penting berikut ini.

1.      Ketahui Ukuran

Cetak stiker tidak akan berhasil bagus jika kamu tidak tahu tentang ukuran yang diperlukan. Sangat penting untuk mengetahui sebuah ukuran dari stiker sebelum mencetaknya. Terutama stiker yang akan digunakan pada kemasan. Ada beberapa ukuran yang memang diperuntukan untuk kemasan berbeda. Misalnya untuk kemasan di botol dan di toples memiliki ukuran yang berbeda, begitu juga untuk stiker pada kemasan lainnya. Semua harus dicocokan dengan ukuran kemasan yang akan digunakan. Jangan sampai kemasan dan stiker jadi terlihat jauh dari harapan kamu.

2.      Ketahui Jenis Bahan

Paling penting lainnya adalah ketahui jenis bahan pada stiker sebelum memutuskan cetak stiker. Ada beberapa jenis bahan yang dapat kamu gunakan. Semua tergantung jenis usaha yang kamu dirikan. Misalnya jenis usaha minuman, kamu dapat menggunakan jenis stiker dengan jenis bahan vinyl. Bahan vinyl sangat cocok untuk digunakan pada kemasan yang cenderung lebih sering basah seperti botol minuman dan kemasan lainnya. jika kamu memilih kemasan yang kering, dapat menggunakan jenis bahan stiker lainnya seperti bahan stiker chromo, atau craft. Namun perlu diingat jenis kedua stiker ini tidak tahan terhadap air atau minyak, sehingga mudah sobek.

Baca juga : Manfaat Cetak Stiker untuk Keperluan Promosi

3.      Ketahui Desain

Sebelum memutuskan cetak stiker, sangat dianjurkan untuk kamu mempersiapkan desain sendiri. Jika kamu ingin memiliki stiker yang berbeda dari kompetitor dapat mempersiapkan desain serta warna sebelumnya. Namun jika kamu tidak ingin repot, dapat menyerahkan seluruhnya kepada desainer untuk memberikan desain terbaiknya. Sebenarnya jauh akan lebih menarik lagi jika kamu mempersiapkannya sendiri. Sehingga mengetahui apa saja yang kamu butuhkan untuk stiker pada kemasan atau label dan lain sebagainya.

4.      Ketahui Informasi yang Akan Diberikan

Banyak yang belum mengetahui hal ini sangatlah penting untuk memberikan sinyal kepada konsumen. Berikan informasi yang efektif pada stiker. Seperti nama usaha, kode bpom, serta informasi penting lainnya. salah satunya informasi tentang tanggal baik digunakan atau expired dari sebuah produk. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa pelaku usaha yang memisahkan stiker antara logo dengan si penentu expired tersebut. Padahal ini akan membuat konsumen sedikit lebih bingung. Untuk itu membuat informasi harus yang informatif dan praktis. Satu kali melihat, konsumen akan mendapatkan beberapa informasi yang diinginkan. Tidak hanya nama produk saja, melainkan informasi penting lainnya. hal ini harus menjadi perhatian penting bagi kamu yang memiliki usaha dan ingin mencetak stiker label, logo, atau lainnya.

Baca juga : Macam-macam Jenis Kertas Stiker yang Perlu Diketahui Sebelum Mencetak atau Membelinya

5.      Ketahui Harga Perlembarnya

Jangan sampai kamu merasa tertipu dengan harga dan hasilnya karena kamu tidak mengetahui berapa harga per lembar dari stiker. Agar tidak terjadi hal yang merugikan, kamu perlu mengetahui sebelumnya tentang harga saat sebelum cetak stiker. Dengan begitu kamu dapat mempersiapkan budget pas untuk cetak stiker seperti yang kamu inginkan. Kamu dapat mengetahui harga cetak stiker hanya dalam satu kali klik saja. Seperti di Uprint.id yang menyediakan kemudahan bagi konsumennya. Kamu akan lebih cepat dan mudah mengetahui secara rinci tentang segala harga kebutuhan usaha kamu.

Kelima hal di atas dapat kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan cetak stiker. Sebab itu merupakan hal yang sangat penting dan harus diketahui. Sebab ketika kamu tidak mengetahui beberapa hal itu, akan membuat kamu kesulitan untuk menentukan jenis stiker seperti apa yang ingin digunakan.