Seringkali kita bertanya kepada para desainer grafis pertanyaan-pertanyaan yang kita anggap tepat untuk ditanyakan karena pertanyaan-pertanyaan tersebut kita anggap dapat membantu memperlancar proses desain, tetapi yang tidak kita sadari adalah bahwa kita sebagai klien awam sesungguhnya menanyakan pertanyaan-pertanyaan atau bahkan memberikan pernyataan yang salah. Terkadang sepertinya seorang desainer seperti sulit untuk diajak berkomunikasi, karena perspektif seorang desainer grafis dengan kita sebagai orang awam sudah pasti berbeda. Jadi, untuk membuat kedua belah pihak senang dan untuk membantu proses desain mengalami kemajuan, kita harus ingat untuk tidak pernah mengucapkan hal-hal berikut kepada desainer grafis:

AYOLAH, YANG SEPERTI ITU MUDAH…KAMU PASTI HANYA BUTUH WAKTU SEBENTAR UNTUK MELAKUKANNYA. BISA SAYA TERIMA REVISINYA 10 MENIT LAGI?
Ingatlah, Anda bukanlah seorang desainer grafis, Anda tidak bisa begitu yakin tentang seberapa lama prosesnya akan berlangsung karena Anda tidak tahu proses apa saja yang terlibat. Desainer grafis yang Anda sewa jasanya akan lebih dari senang untuk memberitahukan perkiraan waktunya kepada Anda jika Anda bertanya dengan ramah.

APAKAH MUNGKIN MEMBERIKAN SAYA BANYAK ALTERNATIF, MUNGKIN SEKITAR 10 ALTERNATIF? SUPAYA SAYA BISA BILANG SAYA SUKA YANG ITU SAAT SAYA MELIHATNYA.

Anda serius?! Tidak, Anda pastinya tidak bisa berkata seperti itu kepada desainer grafis. Bayangkan Anda ingin memesan sebuah gaun atau setelan yang sangat mahal yang bisa Anda pesan sesuai keinginan, lalu Anda meminta sang desainer untuk membuat 10 gaun atau setelan dan Anda akan memilih satu yang Anda paling sukai dan membayar hanya untuk satu gaun atau setelan tersebut. Bukankah sang desainer akan marah kepada Anda? Demikian pula halnya dengan desain grafis. Hanya karena Anda tidak dapat menyentuh atau merasakannya, bukan berarti hal tersebut mudah dan cepat untuk dilakukan. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memastikan desainer grafis Anda memberikan desain yang benar-benar Anda inginkan adalah dengan menyediakan sebanyak mungkin detail informasi sehubungan dengan kebutuhan Anda.

JANGAN HITAM, WARNANYA SURAM. JANGAN MERAH MUDA JUGA, TERLALU FEMININ. ATAU JANGAN KUNING, KARENA TERLALU TERANG. JANGAN GUNAKAN WARNA PUTIH JUGA KARENA TERLALU DATAR. TETAPI, BERMAIN WARNALAH!

Jangan membuat desainer grafis Anda bingung dan meninggalkan mereka dalam ketidakpastian karena kalimat diatas adalah pernyataan ambigu. Jika Anda tahu tema warna seperti apa yang Anda inginkan, maka beritahukan kepada desainer agar ia tahu batasan saturasi warna yang dapat ia gunakan. Tapi jika tidak, saran kami adalah Anda bertanya dan membiarkan desainer yang memberikan saran. Seorang desainer grafis yang hebat tahu banyak mengenai warna dan artinya, biasanya lebih banyak daripada orang awam.

BISAKAH KAMU MENYIMPAN DAN MEMBERIKAN HASIL KERJAMU DALAM FORMAT YANG BISA KAMI EDIT?

Mungkin desainer grafis Anda tidak akan mempermasalahkan permintaan Anda. Tapi pertanyaannya adalah mengapa? Mengapa Anda membutuhkan sumber file yang bisa diedit? Anda tidak begitu mengetahui desain, dan jika Anda mencoba untuk mengedit filenya, risiko menghancurkan desainnya ada kemungkinan akan terjadi, belum lagi Anda memerlukan software desain khusus.

SAYA INGIN SESUATU YANG SAMA PERSIS SEPERTI INI. BISAKAH KAMU MELAKUKANNYA?

Jangan pernah menanyakan sesuatu yang seperti ini kepada desainer grafis. Alasannya sederhana saja, pertanyaan tersebut tidaklah etis. Meniru hasil karya desainer grafis lain merupakan pelanggaran hak cipta dan Anda dapat berhadapan dengan konsekuensi-konsekuensi hukum nantinya.

SAYA INGIN DESAIN YANG TERKESAN MAHAL DAN ELEGAN, TETAPI BIAYA DESAINNYA JANGAN MAHAL-MAHAL?

Saat Anda menginginkan seorang desainer grafis untuk memberikan hasil desain dengan standar yang tinggi, apakah menurut Anda layak membayar jasa mereka semurah mungkin? Untuk menghasilkan sebuah desain dengan kualitas tinggi, seorang desainer grafis harus mengerahkan upaya serta waktu yang lebih banyak. Jadi, sudah sepatutnya mereka diapresiasi selayaknya.

SAYA INGIN DESAIN YANG OTENTIK – BERBEDA DARI YANG LAIN. TETAPI, SAYA BELUM PUNYA BAYANGAN DAN SAYA BUTUH DESAINNYA BESOK?

Apakah desain yang otentik itu? Menurut Anda, apakah sesuatu yang otentik bisa dihasilkan dalam waktu yang singkat? Suatu ide yang luar biasa dihasilkan dari proses pemikiran yang detail serta membutuhkan waktu. Seorang desainer grafis bukanlah tukang sulap, proses kreatif yang panjang dibutuhkan untuk membuat setiap elemen yang digabungkan dapat menjadi satu kesatuan desain yang hebat.

SAYA SUDAH ADA DESAINNYA DALAM BENTUK MICROSOFT WORD, BISAKAH KAMU BANTU MENERUSKANNYA SUPAYA TERLIHAT LEBIH BAGUS?

Kualifikasi seorang desainer grafis yang baik adalah mereka mengerti tentang program desain yang memang khusus diperuntukkan agar dapat menciptakan sebuah desain yang baik serta layak cetak. Microsoft word, powerpoint, atau program sejenisnya hanyalah program untuk mengolah dokumen tulisan. Anda tidak dapat mengukur resolusi, format warna, dan lain sebagainya melalui program-program tersebut, karena hanya program desainlah yang bisa melakukan semua hal yang dibutuhkan untuk menghasilkan desain yang baik. Program-program desain tersebut antara lain : Adobe In-design, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw dan Macromedia Freehand.

SETELAH SAYA PIKIRKAN KEMBALI, SEPERTINYA KITA KEMBALI KE DESAIN AWAL SAJA?

Seorang desainer grafis disebut desainer karena mereka memiliki kemampuan artistik serta teknis yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik. Jika Anda telah menerangkan kebutuhan Anda dengan detail dan menerima desain yang dianjurkan oleh desainer Anda, cobalah luangkan waktu sejenak dan berikan alasan yang masuk akal jika Anda membutuhkan revisi serta pastikan jika hal itu memang perlu dilakukan. Jangan habiskan waktu seorang desainer dengan eksperimen tiada akhir jika ternyata desain awal telah memenuhi kebutuhan Anda.

COBA CARI GAMBAR GRATIS SAJA DI INTERNET. KENAPA HARUS BELI KALAU ADA YANG GRATIS?

Memakai gambar dari internet dapat membawa Anda ke dalam berbagai masalah hukum, karena bisa saja gambar-gambar tersebut memiliki hak cipta. Selain itu, gambar-gambar yang beredar di internet biasanya memiliki resolusi rendah dan akan terlihat buruk bila dicetak. Sebaiknya gunakan gambar-gambar dari situs yang menyediakan gambar-gambar resolusi tinggi serta memiliki jaminan royalti untuk dapat dipergunakan secara bebas. Jika Anda tidak terlalu mengerti tentang situs-situs tersebut, tanyakanlah kepada desainer Anda. Mereka pasti dengan senang hati membantu Anda.