Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Komunikasi bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah usaha. Dengan kata lain, jika Anda ingin membuat bisnis yang sukses, harus diimbangi dengan komunikasi. Dalam sebuah bisnis, komunikasi bisnis dibagi menjadi dua jenis. Simak ulasan berikut ini.

  • Komunikasi Horizontal

Komunikasi bisnis ini merupakan jenis komunikasi yang bertujuan untuk, menjalin hubungan baik antara sesama pemilik bisnis. Biasanya melakukan komunikasi bisnis horizontal ini dilakukan pertemuan secara berkala.

  • Komunikasi Vertikal

Komunikasi bisnis berikut ini, merupakan jenis yang bertujuan untuk lebih memperbaiki hubungan antara atasan kepada bawahan, atau bahkan sebaliknya. Dengan kata lain atasan dapat mengkomunikasikan sesuatu kepada karyawan, begitu juga sebaliknya. Dalam hal ini, sebagai atasan Anda harus menerima kritik dan saran serta ide yang diberikan karyawan kepada Anda. Sebab, ini akan membantu keberhasilan sebuah bisnis.

Bca juga : Manfaat Brosur untuk Peluang Bisnis yang Perlu Diketahui

Selain itu ada juga faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan bisnis, seperti beberapa faktor berikut ini.

1. Persepsi

komunikasi-bisnis-02

Sebagai seseorang yang akan mengkomunikasikan sesuatu, Anda harus membuat perkiraan agar mudah dipahami pendengar. Sebab, penjelasan yang baik adalah mudah dipahami. Untuk itu, komunikasi bisnis harus dapat tersampaikan dengan baik dan jelas.

2. Dapat Meyakinkan

komunikasi-bisnis-05

Komunikasi bisnis yang kedua adalah, dapat memberikan keyakinan, antara Anda dengan yang diajak berkomunikasi. Dengan begitu, akan lebih mudah terjalin hubungan baik sebab akan saling percaya. Jika Anda belum mendapatkan kepercayaan dari lawan bicara, maka akan lebih sulit meyakinkan mereka.

3. Adanya Kecocokan

komunikasi-bisnis-03

Setelah berhasil meyakinkan, komunikasi bisnis akan berjalan lancar jika Anda dan lawan bicara mendapatkan kecocokan. Ini akan membuat komunikasi bisnis semakin lancar dan mudah dipahami. Sama halnya dengan seseorang yang memiliki kesamaan visi dan misi. Maka pembahasan yang dikomunikasikan akan saling terhubung.

Baca juga : Peluang Bisnis yang Menjanjikan Dengan Rasa Manis

4. Memiliki Kerangka Berpikir

komunikasi-bisnis-04

Sebelum Anda melakukan kegiatan diskusi, ada baiknya untuk mempersiapkan kerangka berpikir terlebih dahulu. Dengan begitu akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi bisnis. Selain itu, orang yang diajak berbicara akan mudah memahami topik pembicaraan tersebut.

5. Melakukan Pengendalian Diri

Terkadang mengendalikan dalam berkomunikasi merupakan hal yang sulit. Sehingga komunikasi bisnis menjadi terganggu dan sulit dipahami lawan bicara. Sebab, Anda tidak dapat mengendalikan situasi selama komunikasi berlangsung.

Selain faktor komunikasi bisnis yang mempengaruhi keberhasilan bisnis. Ternyata memiliki tujuan yang berguna juga.Seperti penjelasan berikut ini yang dapat Anda ketahui.

  • Memberikan Informasi. Dalam hal ini, komunikasi bisnis memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada lawan bicara. Informasi yang disampaikan adalah informasi yang ada kaitannya dengan bisnis dan disampaikan dengan cara yang benar dan tepat.
  • Melakukan Kerjasama. Tujuan dari komunikasi bisnis selanjutnya adalah dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain. Oleh sebab itu, komunikasi yang diberikan harus jelas dan benar. Agar informasi yang diberikan dapat dipahami.

Baca juga : Bisnis Rumahan yang Menjanjikan dengan Minimum Budget untuk Modal

Itulah pentingnya komunikasi bisnis untuk kesuksesan usaha. Pastikan Anda mempelajari terlebih dahulu teknik komunikasi yang baik dan benar sebelum melakukannya. Jangan lupa juga untuk memahami topik pembicaraan terlebih dahulu agar komunikasi berjalan dengan sempurna.