Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Saat ini orang sudah mulai berbondong-bondong untuk hidup sehat. Selain olahraga secara teratur, pola makan juga perlu diatur agar tubuh sehat maksimal. Konsumsi delapan makanan sehat yang super ini demi hidup yang lebih sehat:

1. Buah beri

blueberries

Buah beri adalah makanan sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari. Buah beri memainkan peranan penting dalam menjaga keseimbangan dietmu karena buah beri merupakan sumber makanan yang sangat kaya akan antioksidan. Beberapa buah beri yang terkenal dan sangat disukai oleh banyak orang adalah bluberi dan stroberi.

2. Brokoli

broccoli-2

Si hijau yang satu ini khasiatnya sudah sangat terkenal. Menurut penelitian, brokoli adalah pemerang kanker nomor satu karena kandungan sulfur di dalamnya. Konsumsi lebih banyak brokoli, dan kamu akan mencegah risiko terkena penyakit kanker yang sudah terkenal mematikan itu.

3. Yogurt

yogurt2

Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan. Selain itu, yogurt juga mengandung kalsium tinggi yang mencegah osteoporosis dini. Pada saat kamu mengonsumsi yogurt, agar lebih nikmat bisa kamu tambahkan dengan makanan sehat lainnya, seperti buah beri maupun kacang-kacangan.

4. Sereal berserat tinggi atau oat

oats-healthyliving

Tubuh yang sehat memerlukan serat yang cukup. Apalagi jika kamu sedang ingin mengurangi berat badan, tubuh sangat memerlukan serat agar sistem pencernaan berjalan mulus. Selain itu, sereal berserat tinggi atau oat juga memiliki kandungan-kandungan bermanfaat lainnya, seperti antioksidan dan vitamin B.

Baca juga: Katakan Ya Pada Sayuran? Kamu Pasti Bisa!

5. Kacang-kacangan

nuts-1

Kacang-kacangan selalu masuk di dalam daftar makanan sehat, karena memang menyehatkan untuk tubuh. Sangat disayangkan karena mereka tinggi kalori, jadi saat kamu mengonsumsinya, pastikan jumlahnya kamu atur terlebih dahulu. Jangan makan kacang berlebihan. Kacang-kacangan yang sudah terkenal akan khasiatnya adalah pistachio dan almon.

6. Telur

a-bowl-full-of-brown-eggs

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa telur sangat kaya akan protein dan akan membuatmu kenyang lebih lama. Walaupun kolesterol dari telur itu tinggi, memakan satu butir telur sehari seharusnya tidak menjadi masalah.

7. Bayam

baby-spinach

Bayam memiliki beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh agar tetap sehat, di antaranya yaitu kalsium, magnesium, serat dan vitamin A, C serta K. Selain itu, rasa bayam sangat lezat. Yang juga menyenangkan adalah bayam mudah untuk dimasak.

8. Pisang

bananasf

Pisang adalah makanan sehat yang praktis, serba guna dan rasanya enak. Itulah mengapa banyak orang yang menyukai pisang, termasuk mereka yang tidak gemar mengonsumsi makanan sehat. Pisang merupakan sumber potasium. Potasium diketahui dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Konsumsi pisang satu hingga dua buah sehari sangat dianjurkan.


Setelah mengetahui delapan makanan super yang wajib kamu konsumsi setiap hari untuk mendapatkan kesehatan super, apa langkah selanjutnya? Kamu bisa mulai merencanakan bagaimana mengombinasikan makanan-makanan sehat di atas ke dalam menu makanan setiap hari. Gunakanlah notes atau buku tulis untuk mencatat rencanamu, sangat baik jika kamu bisa merencanakan untuk seminggu penuh. Tulislah rencana setiap minggu.

Notes - Produk Uprint.id
Notes – Produk Uprint.id

Artikel lain: Mau Jadi Lebih Cerdas? Lakukan 6 Kebiasaan Ini Setiap Hari!