Sumba, sebuah pulau yang terletak di Timur Indonesia ini tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya saja, melainkan juga kulinernya. Semua orang yang melakukan kegiatan travelling pasti akan berburu kuliner setelah selesai berburu keindahan alamnya. Jika Anda telah merencanakan ingin berkunjung ke Sumba, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Sumba yang tidak hanya enak ini. Jangan kaget jika Anda disuguhi dengan menu makanan unik, seperti berikut ini kuliner khas Sumba yang enak.

1. Sayur Rumpu Rampe

kuliner-khas-sumba-rumpu-rampe

Jika dilihat dari penampilannya, makanan ini terbuat dari ragam dedaunan. Ya, rumpu rampe adalah sayur daun pepaya yang dimasak dengan cara ditumis. Meski terbuat dari daun pepaya, tapi sayur rumpu rampe ini sama sekali tidak ada rasa pahit. Karena memang sudah dinetralisir terlebih dulu dengan garam selama beberapa menit. Selain itu, sayur rumpu rampe ini tidak hanya terdiri dari daun pepaya saja, melainkan juga daun singkong. Penasaran sama cita rasa kuliner khas Sumba yang satu ini? Silakan dicoba saat Anda berlibur ke Sumba!

Baca juga : Cetak Kemasan dengan Desain Serta Ukuran yang Tepat di Sini!

2. Jawada Kue Rambut

kuliner-khas-sumba-jawada-kue-rambut

Jawada atau kue rambut merupakan kuliner khas Sumba selanjutnya yang sering dijadikan sebagai snack atau makanan ringan. Jawada sangat cocok disantap saat sedang bersantai dengan keluarga atau saat kalian lapar, tapi nggak mau makan makanan berat. Bentuknya sengaja dibuat menyerupai segitiga supaya lebih menarik. Makanan ini dibuat dengan cara digoreng, lalu dibalut dengan irisan gula merah. Rasa kue rambut ini manis, dan sangat renyah ketika disantap. Ini merupakan jajanan yang mudah ditemui saat Anda berkunjung ke Sumba.

3. Sup Ayam Waingapu

kuliner-khas-sumba-sup-ayam-waingapu

Sumba juga memiliki hidangan makanan dengan bahan utama ayam yang rasanya sangat enak. Hidangan yang satu ini adalah salah satu makanan wajib yang harus dicoba saat berada di Sumba. Ayam yang masuk ke dalam sup memiliki ukuran yang tidak tanggung. Satu ekor ayam akan masuk ke dalam Sup. Untuk rasa tidak perlu ditanyakan lagi, satu ekor ayam yang masuk dalam sup ini disiram dengan tambahan kaldu yang sangat gurih. Belum lagi tambahan belimbing wulung dan irisan tomat yang melengkapi rasanya. Jika Anda sekali mencoba sup ayam waingapu makanan khas sumba ini dijamin akan ketagihan.

4. Manggulu

kuliner-khas-sumba-manggulu

Kue tradisional NTT ini banyak didapatkan di kawasan Sumba Timur. Menurut cerita, Manggulu adalah salah satu kue kegemaran prajurit Belanda di masa lampau. Manggulu dibuat dari pisang yang dikeringkan bersama kacang, diolah sedemikian rupa dan memiliki teksturnya mirip dengan dodol. Uniknya, kue ini dibungkus kecil-kecil menggunakan daun pisang kering. Kue ini cukup awet tanpa bahan pengawet. Dengan begitu, makanan khas Sumba yang satu ini dapat dijadikan oleh-oleh untuk para sahabat usai berlibur ke Sumba.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi. Legendaris Nih!

5. Jagung Titi

kuliner-khas-sumba-jagung-titi

Ini merupakan kuliner khas Sumba yang dapat dijadikan cemilan. Jagung ini dimasak dengan cara digoreng, tapi tanpa menggunakan minyak. Jadi, tetap aman bagi kesehatan. Cita rasa dari jagung titi sangat mirip dengan popcorn, sangat original. Kalau Anda kurang suka dengan rasa jagung original, bisa request jagung titi dengan rasa pedas ataupun manis. Nanti penjualnya akan membuatkan bumbu khusus sesuai permintaan konsumen. Anda dapat menemukan jajanan ini di beberapa sudut kota Sumba, sebab sangat mudah dicari.

Itulah beberapa kuliner khas Sumba yang perlu Anda coba saat berkunjung ke sana. Jangan sampai melewatkan beberapa jenis kuliner khas Sumba untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai cita rasa dari setiap jenis makanan di sana.