Stiker memiliki ragam jenis bahan serta fungsi untuk melengkapi bisnis. Bahkan jenis-jenis ini paling sering digunakan, karena bahannya yang bagus serta mudah penggunaanya. Jika Anda saat ini sedang memikirkan untuk mendirikan bisnis, tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang macam-macam jenis stiker seperti berikut ini.

1.      Stiker Label

Seperti yang kita ketahui, stiker label berfungsi untuk memberikan informasi sebuah produk. Biasanya stiker label ini diletakan pada bagian depan produk dan memiliki ragam jenis bahan serta ukuran yang disesuaikan. Jika ingin menggunakan jenis stiker label yang waterproof Anda dapat menggunakan stiker dengan bahan vinyl. Sebab, bahan vinyl yang tahan dengan air, cocok untuk bisnis minuman. Biasanya bisnis minuman kemasan selalu menggunakan stiker vinyl untuk membuat label pada kemasan. Bahan dasar serupa plastik, dengan permukaan yang halus dan mengkilap inilah stiker bahan vinyl tahan air dan tahan gores.

Selain stiker bahan vinyl, Anda dapat menggunakan jenis stiker berbahan chromo. Harganya yang terjangkau membuat jenis bahan stiker yang satu ini juga digemari. Walau memiliki kekurangan yaitu tidak tahan air, namun tetap tidak mengurangi nilai fungsi dari stiker tersebut. Jenis bahan stiker chromo ini memiliki bahan dasar kertas yang bersifat mengkilap dan licin. Jika Anda ingin mencetak stiker dengan harga ekonomis, pilihan yang tepat adalah memilih stiker chromo. Meski kualitasnya tidak sebaik vinyl namun jenis stiker ini memiliki daya rekat yang baik. Terutama jika digunakan pada kemasan makanan kering atau label toples.

Baca juga : Manfaat Cetak Stiker untuk Keperluan Promosi

Kemudian Anda harus mengetahui jenis stiker kraft, seperti namanya stiker kraft jenis stiker yang digunakan berbahan dasar kertas daur ulang. Biasanya jenis stiker ini memiliki warna khusus seperti coklat, sebagai warna dasarnya. Namun ada juga beberapa pilihan warna lainnya jika Anda ingin menggunakan yang berbeda. Penggunaan stiker kraft ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun bisnis clothing line. Anda dapat menggunakan stiker untuk direkatkan pada bagian dalam pembungkus pakaian atau bahkan di sisi kemasan yang menggunakan box. Jika Anda memiliki konsep khusus, sangat cocok menggunakan jenis bahan stiker kraft ini.

2.      Stiker Label Pengiriman

Sudah tidak asing lagi dengan jenis stiker yang satu ini bukan? Jenis stiker yang satu ini digunakan untuk memberikan informasi penerima dan pemberi paket. Oleh sebab itu, terdapat informasi singkat mengenai nama penerima, alamat, serta nomor ponsel yang dapat dihubungi. Jenis stiker label pengiriman ini memiliki berbagai macam ukuran. Jenis-jenis ukuran ini tergantung dengan kebutuhan Anda. Jika saat ini Anda sedang mencari jenis stiker label seperti ini, silahkan membeli secara langsung di Uprint.id atau dapat langsung memesan di Tokopedia. Jenis stiker ini sudah dapat langsung digunakan. Dengan kata lain, saat Anda memesan sudah tersedia desain dan siap untuk digunakan. Tanpa menunggu lama dan stiker label pengiriman dapat digunakan langsung.

Baca juga : Macam-macam Jenis Kertas Stiker yang Perlu Diketahui Sebelum Mencetak atau Membelinya

3.      Stiker Fragile dan QC Passed

Bagi pemilik usaha, jenis stiker fragile yang satu ini juga sangat dibutuhkan. Terutama jika Anda bergerak dalam bidang usaha barang pecah belah seperti peralatan makan, hiasan, atau beberapa tembikar yang produknya rentan pecah. Stiker ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pihak pengiriman untuk berhati-hati bahwa barang ini merupakan produk yang mudah pecah. Dengan begitu, pihak logistik akan lebih berhati-hati meletakan paket tersebut. Ada banyak fungsi yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan jenis stiker yang memberikan informasi penting untuk paket.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis stiker yang penting untuk diketahui. Terutama bagi Anda yang akan membuka usaha atau bisnis dalam kemasan. Anda dapat memesannya secara langsung di website, atau bahkan melalui ecommerce. Sebab Uprint.id sudah resmi terdaftar di Tokopedia, yang akan lebih memudahkan Anda untuk memesan produk yang diinginkan.