Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Mendengar kata Lombok yang terbayang dalam pikiran adalah, keindahan pantai serta destinasi wisata lainnya. Salah satunya adalah Gili Trawangan, destinasi wisata yang selalu menjadi spot ditunggu para wisatawan. Selain destinasi wisata, Lombok juga memiliki keindahan lain dalam bidang kuliner. Makanan khas Lombok sudah tentu paling menjadi incaran para turis, baik lokal maupun internasional. Tidak jauh berbeda dengan daerah lain pada saat melakukan travelling. Hal utama dalam menjalankan travelling adalah wisata kuliner. Jika Anda berencana untuk melakukan liburan di Lombok, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Lombok seperti berikut ini.

1. Ayam Taliwang

makanan-khas-lombok-ayam-taliwang

Makanan khas Lombok yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga. Paduan rempah-rempah yang menjadikan ayam tersebut terasa lebih berbeda ini selalu mendapatkan tempat dihati penikmatnya. Ayam yang dibakar dengan campuran rempah-rempah lainnya, menjadi hidangan spesial.

Baca juga : Tempat Rahasia di Lombok Ini Wajib Dikunjungi Selain Pink Beach

2. Sate Bulayak

makanan-khas-lombok-sate-bulayak

Sate bulayak menjadi makanan khas Lombok dengan citarasa yang tidak kalah enak dari ayam taliwang. Perpaduan rasa asin, manis, asam, dan pedas menjadi keunikan tersendiri. Sate yang terbuat dari bahan dasar daging sapi ini, tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi. Racikan bumbu sate bulayak dibuat dari bumbu rahasia suku Sasak.

Sedangkan bumbu sate terbuat dari kacang tanah yang disangrai kemudian ditumbuk, dan proses terakhir direbus dengan campuran rempah-rempah lainnya secara bersamaan. Rempah yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, laos, terasi, cabai, dan jintan. Semua bumbu tersebut dihaluskan dan digoreng dan dimasak dengan menggunakan campuran santan. Kematangan ini ditandai dengan adonan bumbu yang mulai mengental hingga menyerupai bumbu kari berwarna oranye.

3. Poteng Jaje Tujak

Jenis makanan khas Lombok yang ini sama seperti tape ketan yang biasa dijumpai. Jika di Jakarta dengan sebutan tape uli, sedangkan di Lombok memiliki nama lain yaitu poteng jaje tujak. Berbahan dasar ketan yang difermentasi dan disandingkan dengan gemblong atau uli yang berasal dari ketan yang ditumbuk halus dan kemudian dikukus dan digoreng.

4. Bebalung

makanan-khas-lombok-bebalung

Makanan ini terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan ragam rempah-rempah seperti, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, dan kunyit. Bebalung merupakan makanan khas Lombok yang wajib dihidangkan di setiap acara masyarakat Lombok.

Baca juga : Kuliner Khas Sumba, Tidak Hanya Enak tapi Juga Unik

5. Sate Ikan Tanjung

makanan-khas-lombok-sate-ikan-tanjung

Sate berbahan dasar ikan ini memiliki rasa pedas dan gurih. Cara penyajiannya juga berbeda dengan sate pada umumnya. Makanan khas Lombok ini tidak menggunakan bumbu tambahan sebagai perasanya. Sebab cukup dengan bumbu yang dicampur adonan sate ikan tersebut. Sate ikan tanjung ini memiliki tekstur daging yang lembut. Sedangkan saat dikunyah, sate ini akan mengeluarkan paduan rasa pedas, gurih, serat aneka rempah lainnya keluar dalam satu gigitan.

Itulah makanan khas Lombok yang perlu Anda cicipi jika berkunjung ke sana. Pastikan Anda mencicipi ragam jenis kuliner lainnya selama di sana. Jangan sampai Anda kehilangan momen berharga untuk mengetahui citarasa masakan dari berbagai daerah.