Sahur merupakan momen yang selalu ada setiap tahunnya, yaitu saat bulan ramadan. Kegiatan sahur adalah kewajiban bagi seluruh umat muslim yang mengikuti puasa saat bulam ramadan. Nah, agar makanan untuk sahur tetap dapat menjaga kondisi Anda tetap prima silakan mencoba beberapa menu berikut ini.

1. Sup Ayam

makanan untuk sahur 1

Menu makanan yang satu ini memang selalu menjadi favorit di setiap keluarga. Menu makanan untuk sahur ini sangat baik dikonsumsi, sebab dalam satu mangkuk sudah tersedia beragam gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa. Terutama jika dikonsumsi dalam keadaan hangat, akan membuat perut terasa lebih nyaman sehingga tidak menimbulkan kontraksi pada bagian perut.

Baca juga : Tips Sehat Selama Berpuasa dengan Melakukan Hal Mudah Ini

2. Olahan Ikan Salmon

makanan untuk sahur 2

Makanan untuk sahur dengan menu olahan ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi, sebab ikan yang satu ini memiliki banyak protein serta omega 3 yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, menu olahan yang satu ini akan membuat tubuh Anda kuat selama menjalankan aktivitas berpuasa. Untuk itu, coabalah makan sahur dengan olahan ikan salmon seperti ini.

3. Telur

makanan untuk sahur 3

Siapa yang tidak suka telur, makanan yang satu ini dapat dibilang sebagai menu utama. Sebab semua orang selalu menyediakan telur sebagai menu andalan mereka. Nah, ternyata menu makanan untuk sahur jika dikombinasikan dengan telur akan memiliki lebih banyak manfaatnya. Seperti untuk menambah tenaga selama berpuasa, selain itu dapat menjaga nafsu makan. Ternyata mengkonsumsi telur akan memudahkan seseorang menahan nafsu makan mereka, sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai menu makanan sahur.

Baca juga : Menu Buka Puasa yang Anti Mainstream dan Menyehatkan

4. Oatmeal

makanan untuk sahur 4

Makanan ini merupakan olahan dari gandum yang memiliki banyak manfaat dan ternyata sangat baik dikonsumsi saat sahur selama berpuasa. Menu makanan untuk sahur seperti ini akan mudah membuat Anda kenyang dalam waktu lama, sebab penyerapan gandum ini lebih lama dan perlu adanya proses pemecahan karbohidrat yang akan diserap oleh tubuh. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal akan membuat pencernaan selama berpuasa semakin baik. Kandungan serat yang terdapat di oatmeal dapat membantu proses pencernaan agar tidak terjadi sembelit selama berpuasa.

5. Mengkonsumsi Buah Apel

makanan untuk sahur 5

Jangan terpaku dengan menu makanan untuk sahur yang berat-berat saja, namun harus seimbang dengan adanya buah-buahan. Untuk itu cobalah mengkonsumsi buah apel saat sahur selama berpuasa. Apel merupakan buah yang mengandung banyak air dan serat yang tinggi. Mengkonsumsi buah-buahan untuk memperbaiki keseimbanagan gizi dan vitamin selama berpuasa.

6. Mengkonsumsi Susu yang Dicampur Kurma

makanan untuk sahur 6

Cobalah mengkonsumsi susu dengan campuran buah kurma selama berpuasa, menu yang satu ini dapat dijadikan penyeimbang makanan untuk sahur. Mengkonsumsi susu campur kurma ini dapat menambah tenaga dan mengembalikan tenaga yang sudah hilang seharian beraktivitas. Anda dapat mengkonsumsi disaat sahur dan berbuka puasa.

7. Sayuran Hijau

makanan untuk sahur 7

Tidak lupa juga untuk mengkonsumsi sayuran hijau selama berpuasa ataupun tidak berpuasa. Seperti yang diketahui bahwa sayuran hijau memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin yang baik untuk kulit dan tubuh. Untuk itu teruslah mengkonsumsi sayuran hijau selama berpuasa dan jadikanlah menu makanan untuk sahur.

Itulah 7 jenis makanan yang baik untuk sahur selama berpuasa. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi vitamin agar tubuh selalu prima dan sehat selama berpuasa. Walau sudah dibantu dengan vitamin alami namun  tidak ada salahnya jika Anda tetap mengkonsumsi vitamin lainnya. Selain itu, bagi Anda para wanita dapat juga mengkonsumsi vitamin penambah darah agar tidak lemas selama beraktivitas di bulan puasa.